Sukses

4 Penyebab Mata Ikan yang Tampak Sepele dan Cara Mengobati Secara Alami

Ada beberapa penyebab mata ikan yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mata ikan muncul karena adanya tekanan dan gesekan yang terjadi secara berulang-ulang. Tekanan dan gesekan ini pada akhirnya akan membentuk penebalan pada kulit dan kadang sakit saat disentuh.

Bagian tubuh yang paling sering terkena mata ikan biasanya adalah pada bagian kaki. Kadang mata ikan juga terjadi pada jari. Tentunya saat terdapat mata ikan di kakimu, aktivitas akan terganggu dan bisa membuat kaki tidak enak dipandang.

Biasanya wanita lebih sering menderita mata ikan dibanding pria. Penyebab mata ikan pada wanita karena sering menggunakan sepatu yang tertutup dan ukuran yang tidak begitu nyaman.

Tetapi hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan menimpa pria juga. Oleh karena itu, kamu perlu tau apa saja penyebab dan bagaimana cara menangani mata ikan ini. Berikut penyebab mata ikan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Mata Ikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab mata ikan muncul adalah adanya tekanan dan gesekan pada area kulit yang sama secara berulang ulang kali. Secara lebih spesifik lagi, penyebab mata ikan muncul di kaki adalah:  

1. Memakai sepatu yang tidak nyaman

Sepatu yang terlalu sempit tentunya akan membuat terjadinya tekanan dan gesekan pada kaki kamu, dan pada akhirnya menjadi penyebab mata ikan. Tidak hanya itu, ternyata sepatu yang longgar pun bisa menjadi salah satu penyebab mata ikan karena beberapa bagian pada kaki juga bergesekan secara berulang dengan sepatu.

Selain itu, hal ini juga bisa ditemukan ketika memakai sepatu berhak tinggi, karena bisa menekan beberapa bagian pada kaki.

2. Tidak memakai kaus kaki

Hal ini sering menjadi penyebab mata ikan yang utama, karena banyak yang menyepelekan pemakaian kaus kaki dan memilih untuk tidak memakainya. Padahal dengan tidak memakai kaus kaki bisa mengakibatkan terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu secara langsung.

Bahkan walau kamu sudah memakai kaus kaki sekalipun, gesekan tersebut tetap bisa terjadi bila kaus kaki yang kamu pakai ukurannya tidak tepat dengan ukuran kakimu. Hal inilah yang nantinya menjadi penyebab mata ikan terjadi.  

3. Penggunaan peralatan yang mengharuskan banyaknya terjadi gesekan

Biasanya hal ini terjadi pada tangan kamu. Penyebab mata ikan satu ini adalah gesekan kulit tangan dengan sebuah peralatan, yang biasanya adalah instrumen musik ataupun peralatan memasak yang sering kamu gunakan.

Gesekan gesekan yang terjadi menyebabkan adanya penebalan pada kulit tangan, sekaligus memunculkan penyebab mata ikan.

4. Merokok

Bagi perokok, penyebab mata ikan adalah ketika kamu memakai pemantik api. Biasanya akan muncul mata ikan pada kulit jempul tangan karena kondisi ini terjadi berulang ulang ketika menyalakan pemantik sebelum merokok.

3 dari 3 halaman

Bahan Alami yang Bisa Mengobati Mata Ikan

Mata ikan tidak bisa dianggap sepele. Ketika pada kaki seseorang muncul mata ikan, maka kamu harus segera mengobatinya dan mencari tahu apa penyebab mata ikan ini muncul di kakimu. Hal ini harus dilakukan karena pengobatan mata ikan bisa saja dilakukan dengan jalan operasi.

Walaupun hal itu jarang terjadi, sebaiknya kamu menghindari faktor faktor penyebab mata ikan ini. Tetapi ada beberapa bahan alami yang dapat mengobati mata ikan dan membuat kulitmu kembali normal:

1. Cuka sari apel

Kamu bisa memakai cuka sari apel untuk untuk membantu melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki. Yang harus kamu lakukan adalah merendam daerah yang terkena mata ikan di dalam larutan berisi cuka sari apel selama 25 menit.

Gosok dengan batu apung dan kemudian bungkus dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Dalam seminggu kamu bisa melihat hasilnya.

2. Pepaya

Pepaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Bahkan pepaya juga merupakan salah satu solusi untuk mengobati mata ikan di kaki.

Setengah sendok teh jus pepaya mentah yang dioleskan dengan bantuan bola kapas pada mata ikan akan membantu menyingkirkan masalah ini pada kaki kamu.

3. Bawang Putih

Tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau bawang putih merupakan salah satu pengobatan mata ikan. Salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan mata ikan di kaki adalah dengan menggunakan bawang putih ini.

Potong bawang putih segar dan gosokkan pada mata ikan selama satu menit. Kamu juga dapat menutupi mata ikan dengan perban yang diisi dengan bawang putih yang ditumbuk.

4. Lemon

Untuk mengobati mata ikan di kaki, kamu dapat menggunakan air lemon setidaknya tiga kali dalam sehari (minyak lemon juga dapat digunakan). Ini akan membantu melembutkan mata ikan sehingga mudah untuk digosok dengan batu apung.

5. Aspirin

Penggunaan aspirin, air lemon dan air akan membantu untuk menyingkirkan masalah mata ikan pada kaki. Haluskan enam tablet aspirin, tambahkan sedikit air dan air lemon. Oleskan ramuan itu pada mata ikan dan bungkus kaki dengan kantong plastik dan handuk hangat di sekitarnya.

Diamkan selama 15 menit dan sikat mata ikan menggunakan batu apung. Perawatan ini harus dilakukan selama tujuh hari berturut-turut sampai mata ikan hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini