Sukses

Kata Kata Undangan Pernikahan Islami dan Kata Mutiara Indah, Dilengkapi dengan Contoh

Liputan6.com, Jakarta Kata kata undangan pernikahan islami tentunya menjadi salah satu bagian terpenting dalam undangan pernikahan bagi umat muslim. Hal ini biasanya malah jarang diperhatikan dan disepelekan.

Orang orang yang akan menikah dan membuat undangan pernikahan biasanya hanya memperhatikan tema atau bentuk yang unik dari desain undangan pernikahan mereka. Padahal kata kata undangan pernikahan islami sangat penting untuk diperhatikan karena bila kata kata tersebut tidak jelas, bisa membuat orang yang akan diundang menjadi bingung.

Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan kata kata pada undangan pernikahan. Mungkin dari segi keindahan bahasa maupun dari segi jenis font yang dipilih. Tentunya kamu tidak ingin melihat undangan pernikahan yang tidak memiliki kata kata yang bagus dengan font yang bagus pula, padahal desainnya sudah begitu mentereng.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019) tentang kata kata undangan pernikahan islami

2 dari 3 halaman

Kata Kata Undangan Pernikahan Islami

Biasanya kata kata undangan pernikahan islami ini tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Mungkin letak perbedaannya adalah pada kata kata mutiara yang akan dipakai nantinya. Biasanya kata kata undangan pernikahan islami dibagi menjadi dua halaman.

Seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini. Biasanya sudah ada format yang sebenarnya bisa dimodifikasi sesuai keinginan dalam penentuan kata kata undangan pernikahan islami ini.

Halaman 1

“Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi).

Ya Allah, dengan Rahmat dan Ridho-Mu perkenankanlah tautan cinta buah hati kami :

(Nama Mempelai Wanita)

Putri ke-2 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Dengan

(Nama Mempelai Pria)

Putra ke-2 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Akad nikah Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Halaman 2

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon rahmat dan ridho-Mu Ya Allah, Kami bermaksud mengadakan acara resepsi pernikahan putra dan putri kami Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Ungkapan terima kasih yang tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsira Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Wanita) Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Pria)

 

Begitulah kira kira contoh sederhana kata kata undangan pernikahan islami yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi kamu juga harus memikirkan kata kata dari undangan pernikahan, tidak hanya memikirkan tentang desain yang unik dan bagaimana enak dipandang saja.

Karena tugas kata kata undangan pernikahan islami inilah untuk menyampaikan maksud dari undangan tersebut dan juga untuk menjelaskan detail pelaksanaan acara pernikahan tersebut.

3 dari 3 halaman

Kata - Kata Mutiara Islam dalam Undangan Pernikahan

Dalam undangan sekarang ini banyak dimasukkan kata kata indah untuk menjadi kata kata undangan pernikahan islami. Biasanya kata kata indah ini diletakkan di bagian depan undangan pernikahan maupun di bagian belakang.

Dalam kata kata undangan pernikahan islami ini pun memiliki beragam sumber, ada yang bersumber dari salah satu ayat Al Qur’an tentang pernikahan, ada juga yang diambil dari sabda Nabi Muhammad SAW dan sumber sumber lainnya.

  1. "Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberiannya) dan Maha Mengetahui." (QS. An Nuur (24) : 32)
  2. "Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49) 
  3. “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi pelindung (penolong) bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Qs. At Taubah (9) : 71)
  4. “Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan reski yang melimpah (yaitu: Surga)” (Qs. An Nuur (24) : 26)
  5. “Anjuran-anjuran Rasulullah untuk Menikah: Rasulullah SAW bersabda: "Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku!” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.)
  6. “Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi)
  7. “Shalat 2 rakaat yang diamalkan orang yang sudah berkeluarga lebih baik, daripada 70 rakaat yang diamalkan oleh jejaka (atau perawan).” (HR. Ibnu Ady dalam kitab Al Kamil dari Abu Hurairah)
  8. Rasulullah SAW. bersabda: "Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah" (HR. Bukhari).