Sukses

Bukan Dubai, Sungai dan Selokan Negara Ini Terdapat Emas dan Perak

Negara ini ternyata diketahui sering buang emas setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta Dubai, Qatar dan negara Timur Tengah lainnya sudah dikenal dengan kehidupan serba mewahnya. Bayangkan saja, bahkan pengemis di sana dapat penghasilan bisa sampai puluhan juta. Semua hal itu tidak terlepas dari sumber daya yang ada di negara itu sendiri. Mulai dari minyak dan lain-lain yang tentu membuat warganya juga banyak yang tajir melintir.

Tetapi sepertinya negara-negara Timur Tengah masih kalah dengan yang satu ini. Bagaimana tidak, negara ini ternyata diketahui sering buang emas setiap tahunnya. Tentu hal ini bikin geleng kepala, bahkan untuk orang-orang di Dubai dan negara kaya lainnya.

Bahkan emas di negara ini ditemukan di sungai atau selokan. Swiss mungkin jadi negara yang sama sekali tidak dikenal akan emasnya. Di Swiss emas bahkan bisa ditemukan di sungai-sungai dan selokan. Jumlahnya pun tak main-main bahkan selalu ada setidaknya setiap tahun sekali, seperti yang Liputan6.com lansir dari Elite Readers, Rabu (24/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinggi Kandungan Emas dan Perak

Kurang lebih ada 40 kg emas dan perak seberat 3 ton serta logam berharga lainnya bisa ditemui di sungai dan selokan di sana. Bahkan, tak mudah bagi pemerintah sendiri dalam mengambil emas-emas ini. Namun uniknya jarang sekali ada orang yang mau mengambil emas dari tempat pembuangan ini.

Setelah ditelusuri ternyata banyaknya kandungan emas yang ada di sana itu mengarah pada sebuah pabrik. Pabrik ini sendiri sejatinya sudah ada sejak dulu dan limbah yang dihasilkan memang beda dari biasanya. Sampah yang mengandung logam mulia itu diperkirakan berasal dari indutri jam tangan, farmasi dan kimia.

Namun demikian karena ukuran kandungannya yang sangat kecil namun banyak, sulit sekali jika dilihat dengan kasat mata. Namun para ahli memperkirakan sangat banyak emas dan logam berharga lainnya di sana. Buktinya tahun 2016 saja harga limbah dengan kandungan logam mulia tersebut diperkirakan senilai 41 miliar rupiah.

3 dari 3 halaman

Tak Hanya Disatu Tempat

Ternyata limbah dengan kandungan logam mulia ini tak hanya tersebar disatu tempat, tapi ada di beberapa kota. Semisal di Jura, wilayah Swiss bagian barat di mana konsentrasi kadar emas di sungai dan tempat pembuangannya lumayan tinggi. Dan emas yang ditemukan di sana diyakini hasil dari industri jam tangan di sekitarnya.

Lalu di Ticino dimana kadar emas yang ada di sana dianggap lebih tinggi ketimbang yang lain. Mungkin memang sangat menggiurkan, masalah banyaknya kandungan emas di Swiss ini.

Namun sayang hal ini juga jadi sebuah permasalahan tersendiri. Hal ini karena ukuran dari emas itu sangat kecil. Oleh sebab itu, kemungkinan butuh biaya yang cukup besar lantaran berhubungan dengan teknologi canggih yang akan dipakai untuk memisahkan emas tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini