Sukses

Sering Terbangun Mendadak di Malam Hari? Waspadai Penyakit Serius Ini

Terbangun di malam hari secara mendadak bisa menjadi salah satu tanda kamu mengidap penyakit yang berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Beberapa masalah penyakit bisa menyebabkan kamu terbangun dari tidurmu secara mendadak di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa mengalami kesulitan tidur hingga mengalami insomnia karena penyakit yang kamu derita. Penyakit yang kamu derita ini sering kali tidka kamu ketahui atau kamu sadari ada di tubuhmu. 

Jika dibiarkan mungkin penykit ini bisa berbahaya dan sangat menganggu kesehatan tubuh. Bahkan akibat ringan dari terbangun di malam hari secara tiba-tiba, bisa membuat dirimu sulit tidur kembali, detak jantung yang tidak normal, dan lain sebagainya.

Kemudian jika kamu mengalami sulit tidur atau insomnia, bisa menganggu aktivitasmu sehari-hari. Karena jika pola tidurmu terganggu, maka waktu istirahatpun ikut terganggu.

Pola istirahat yang tidak bagus juga akan menyebabkan berbagai penyakit dan merugikan tubuhmu. Sering terbangun dimalam hari juga memiliki resiko terkena serngan jantung sebesar 99 persen, kemudian bisa terkena stroke 37 persen lebih besar.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa penyakit yang menyebabkan kamu sering terbangun mendadak di malam hari hingga sulit tidur dari beberapa sumber, Rabu (24/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Depresi

60 persen penderita depresi sering mengalami insomnia atau masalah tidur. Menurut Jane Bozier, seorang perawat kesehatan mental dan pakar tidur, mengatakan bahwa depresi dapat menyebabkan gangguan tidur dalam berbagai cara. Kamu mungkin akan kesulitan untuk bangun dipagi hari dan merasa berada dalam suasana yang tidak menyenangkan sepanjang hari, atau suasana lesu.

3 dari 6 halaman

2. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah kondisi di mana pernapasan benar-benar berhenti dan dimulai sepanjang malam, hal ini akan menyebabkan kamu terbangun di malam hari. Sleep apnea sendiri terjadi karena masalah kesehatan lainnya seperti amandel atau obesitas.

Jika pernapasan sering berhenti mendadak selama tidur, akibatnya organ tubuh terutama otak mungkin tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur menjadi buruk, dan dapat membuatmu merasa kelelahan keesokan harinya.

4 dari 6 halaman

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan kamu terbangun di malam hari. Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh makan makanan berat menjelang tidur.

Untuk menghilangkan gangguan ini, kamu bisa memberikan jeda makan sebelum tidur lebih awal atau berhenti makan dekat dengan waktu tidur. Kamu juga bisa memilih untuk makan makanan ringan jika merasa lapar.

5 dari 6 halaman

4. Radang Sendi

Ketika kamu mengalami radang sendi, maka dibutuhkan waktu yang lama agar kamu bisa terlelap dari tidurmu. Kemudian gerakan yang mendadak akan menimbulkan gesekan pada sendir dan menimbulkan rasa sakit yang bisa membangunkanmu di malam hari.

80 persen penderita radang sendi pasti mengalami kesulitan dalam tidurnya. Selain itu kurang tidur juga dapat menyebabkan memburuknya gejala di siang hari, sehingga mungkin terasa seperti siklus tanpa akhir.

6 dari 6 halaman

5. Menopause

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 sampai 55 tahun. Wanita dikatakan menopause ketika tidak mengalami menstruasi lagi minimal 12 bulan.

Menopause juga akan menyebabkan sulit tidur bagi penderitanya. Hal ini disebabkan karena merasa panas atau gerah dan mudah berkeringat saat malam hari. Hal ini sering disebut dengan hot flashes.

Itulah beberapa penyakit yang harus kamu waspadai ketika tiba-tiba terbangun di malam hari atau kesulitan untuk tidur. Waktu tidur yang tidak normal akan mengganggu aktifitas sehari-hari dan menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.