Sukses

Unik, Pelukis Ini Gunakan Ledakan Petasan Untuk Hasilkan Lukisan Galaksi

Liputan6.com, Jakarta Sebuah karya seni lukis biasanya dihasilkan dari coretan pensil warna, cat air, cat minyak atau cat acrylic dengan menggunakan kuas. Medianya pun beragam, bisa dengan kertas maupun kanvas. 

Karya seni lukis hingga kini measih menjadi salah satu hiasan seni yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Lukisan menjadi sebuah hiasan yang dapat dilihat dengan beragam tema. Seperti pemandangan, lukisan orang, lukisan tanaman maupun hewan bahkan lukisan abstrak sekalipun.

Kepopuleran lukisan bahkan memunculkan beragam teknik oleh para seniman pada zaman kini. Banyak seniman muda khususnya, yang mulai bereksplorasi menggunakan media-media tak biasa untuk menghasilkan lukisan yang indah dan unik.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu seniman asal Seattle, Amerika Serikat. Dilansir dari INSIDER oleh Liputan6.com, Kamis (25/4/2019) seniman yang diketahui bernama Drew Lausman yang menggunakan media ledakan petasan untuk memberikan sentuhan unik pada lukisannya.

2 dari 4 halaman

Teknik Ledakan Dengan Sebutan Explosionism

Drew Lausman adalah seorang seniman yang menggunakan teknik explosionism dalam sebuah karya seninya. Ia memanfaatkan ledakan dari petasan atau kembang api untuk dijadikan pelengkap didalam lukisannya.

“Saya membuat ide ini pada hari dimana saya duduk di kamar dan melihat kanvas saya yang masih bersih,” ujarnya dikutip dari INSIDER.

Ia kemudian membayangkan untuk menggambar sebuah ledakan dan terpintas untuk menggunakan petasan. Ia kemudian memulai menggambar latar belakang pada kanvasnya.

Kemudian ia menaburkan bubuk petasan sesuai dengan lukisan yang ia ingin buat diatas kanvas lukisnya. Salah satu lukisan petasannya yang populer adalah lukisan-lukisan bertemakan galaksi.

3 dari 4 halaman

Pernah Alami Cedera

Menggunakan petasan bukanlah media yang mudah untuk diterapkan. Ledakan petasan terkadang melukai jari-jari Drew saat ia tidak menggunakan sarung tangan.

“Itu ada saat dimana beberapa kali saya mendapatkan cedera di tangan. Setelah luka itu cukup banyak, saya akan menggunakan sarung tangan” ucap Drew saat ditanya.

Drew juga menambahkan bahwa jangan mencoba meniru hal tersebut dirumah, karena beberapa orang terkadang tidak memperhatikan keselamatannya terlebih dahulu (belum ahli).

4 dari 4 halaman

Beberapa Hasil Karya Drew Lausman