Sukses

Beda dari Film, Ternyata Begini Karakter Asli Disney Princess Mulan

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat film animasi Disney yang berjudul Mulan? Mulan merupakan salah satu karakter putri Disney di mana ia bercerita tentang seorang gadis yang berpura-pura menjadi laki-laki untuk menjadi tentara dan menggantikan ayahnya yang sakit. Terdengar seperti cerita fiski belaka namun nyatanya kisah Mulan tak seperti serial animasi Disney lainnya.

Sebab kisah Mulan ternyata benar terjadi di kehidupan nyata. Lalu seperti apa kisah Mulan sebenarnya? Seperti yang Liputan6.com lansir Nextshark, Kamis (25/4/2019), legenda Hua Mulan merupakan seorang , prajurit Tiongkok yang tak kenal takut dari periode Dinasti Utara dan Selatan.

Bertempat di era Wei Utara (386–536), puisi “Balada Mulan” menceritakan bagaimana Mulan menggantikan ayahnya ketika seorang lelaki dari setiap keluarga dipanggil untuk bertugas di pasukan Tiongkok untuk mempertahankan negara melawan penjajah. Menurut kisah itu, ayahnya sudah tua dan lemah, sementara adik laki-lakinya masih kecil.

2 dari 3 halaman

Cerita Hua Mulan Versi Nyata

Puisi itu menunjukkan keputusan Mulan terutama didorong oleh keinginannya untuk memenuhi tugas berbakti dan melayani negaranya. Hampir seribu tahun setelah "Balada Mulan”, sebuah drama oleh penulis naskah Xu Wei menyebut "The Female Mulan Goes to War in Place of her Father" semakin menyempurnakan karakter itu.

Dalam drama itu, Mulan digambarkan sebagai seorang wanita hebat. Dari seorang gadis 17 tahun yang sudah terampil dalam seni bela diri, pertempuran pedang, dan memanah. Tak hanya itu, dia juga memiliki pengetahuan dalam menenun dan mengembangkan keterampilan tempur sejak usia muda dengan bimbingan ayahnya.

Menurut Wei, ayah Mulan dipanggil untuk bertugas dalam pertempuran setelah pemberontakan oleh seorang bandit yang bisa menimbulkan ancaman bagi kekuasaan kaisar. Karena kekuatannya dan keterampilan yang dimilikinya, tidak mengherankan baginya untuk pergi menggantikan ayahnya ketika dia wajib militer.

Meskipun Mulan menyembunyikan jenis kelaminnya selama 12 tahun di dinas militer, versi Wei meminta tentara segera merangkul identitasnya setelah dia akhirnya mengungkapkan dirinya. Pada akhirnya, komandan Mulan, Jenderal Xiu Ping, menawarinya posisi petugas pengadilan sebagai hadiah karena membantu menangkap penjahat. Tetapi dia menolak dan hanya meminta izin untuk pulang ke keluarganya.

3 dari 3 halaman

Cerita Hua Mulan Versi Disney

Sementara dalam film Disney, mereka menunjukkan Hua Mulan yang sedikit ‘kalem’. Ini mungkin dilakukan untuk membuatnya cocok untuk audiens yang lebih muda. Mereka memperkenalkan Mulan yang berpikiran bebas dan bersemangat tinggi. Namun di satu sisi, dia mengecewakan orangtuanya karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan budaya dan tradisi Tiongkok kuno.

Oleh karenanya, selain dari kepeduliannya terhadap ayahnya yang sakit, salah satu alasan mengapa ia bergabung dengan tentara adalah untuk membuktikan nilainya bagi orangtuanya. Ini dilakukan juga untuk menambahkan beberapa drama keluarga ke dalam ceritanya. Lalu film Disney menunjukkan bahwa Mulan tidak memiliki pengetahuan tentang senjata atau pertempuran fisik di awal.

Tapi dia mendapatkan skil tersebut setelah dia mulai beradaptasi dengan dunia militer. Perlu dicatat, bagaimanapun, karena prevalensinya lebih berakar pada cerita rakyat Tiongkok daripada kisah sejarah, Mulan diperlakukan lebih sebagai legenda daripada orang sejarah. Terlepas dari apakah Mulan sepenuhnya fiksi atau berdasarkan pejuang Tiongkok perempuan yang sebenarnya dari sejarah, kisahnya telah menjadi inspirasi bagi banyak perempuan muda di seluruh dunia.

Loading