Sukses

Tak Hanya Cantik, 8 Tanaman Hias ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Tanaman yang ditaruh didalam rumah tak hanya berfungsi mempercantik ruangan, nyatanya mereka mampu turut serta memberi manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, baik itu karena jam kerja yang panjang atau kondisi cuaca, kualitas udara yang buruk pasti akan mempengaruhi kesehatan Anda. Faktanya, racun dalam ruangan dapat memiliki efek yang merusak kesehatan. Racun seperti itu dapat menyebabkan alergi, asma, peradangan, kecemasan, stres, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Semua orang memiliki metode berbeda dalam menghadapi stres dan kecemasan. Beberapa orang berolahraga untuk menghilangkan stres, yang lain menikmati makanan yang menenangkan, yang lain beralih ke teman dekat dan keluarga untuk berbicara, dan banyak hal lain yang dapat dilakukan. Tetapi untungnya, ada satu metode yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Salah satunya termasuk membawa manfaat dari luar ke dalam ruangan. 

Tanaman yang ditaruh di dalam rumah tak hanya berfungsi mempercantik ruangan, nyatanya mereka mampu turut serta memberi manfaat kesehatan. Beberapa tanaman hijau yang ditempatkan dengan baik tidak hanya dapat mencerahkan ruang tetapi juga memurnikan udara dan juga membantu menciptakan suasana yang lebih santai dan tenang di setiap ruangan.

Menghabiskan waktu dengan suasana alam terkait dengan penurunan tingkat stres dan pengurangan ketegangan. Terlebih lagi, dalam sebuah penelitian 2008, para peneliti Belanda menemukan bahwa pasien rumah sakit dengan tanaman indoor di kamar mereka melaporkan tingkat stres yang lebih rendah daripada pasien tanpa tanaman-tanaman tersebut.

Berikut 7 tanaman hias di dalam ruangan yang dapat meringankan stres, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Melati membantu meningkatkan kualitas tidur

Melati dalam bentuk semak yang ditemukan di luar ruangan, juga dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Wewangiannya tidak hanya manis untuk indra penciuman, tapi juga terbukti membantu tidur malam yang lebih baik.

Saat dikelilingi oleh melati, kemungkinan Anda akan merasa cemas berkurang dan lebih tenang, yang menghasilkan bangun lebih nyaman. Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan fisik dan mental. Jika kurang tidur, Anda mungkin kesulitan membuat keputusan, mengendalikan emosi, menyelesaikan masalah, dan mengatasi perubahan.

3 dari 9 halaman

Lavender membantu mengurangi kecemasan dan stres

Lavender berasal dari keluarga mint dan paling sering digunakan sebagai minyak esensial. Selain itu aromanya yang menenangkan, itu terbukti menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Lavender juga meningkatkan kualitas tidur, menurunkan denyut jantung dan menenangkan bayi yang gelisah.

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, lavender dapat menghasilkan efek menenangkan, menyejukkan, dan obat penenang ketika baunya terhirup. Menggunakan minyak lavender dapat meredakan sakit kepala, insomnia, dan depresi. Anda bisa menaruh tanaman lavender di ruangan untuk menenangkan mental.

4 dari 9 halaman

Lidah buaya meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan

Lidah buaya yang sering digunakan sebagai obat herbal, adalah spesies tanaman sukulen yang telah ada sejak awal abad pertama Masehi. Terkenal karena mampu meredakan bekas luka, peradangan dan kulit yang terbakar sinar matahari, lidah buaya dikatakan sebagai salah satu pembersih udara tanaman paling kuat di dunia.

Selain menurunkan kadar karbon dioksida di malam hari, spesies tanaman ini juga membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehyde dan benzene dari udara. Dikatakan juga lidah buaya dipercaya telah mengobati gejala kecemasan secara efektif.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas udara di rumah atau kantor Anda secara keseluruhan, tanaman ini adalah investasi besar. Terutama bagi mereka yang ingin tidur nyenyak di malam hari, suatu keharusan jika Anda ingin membersihkan tubuh dan pikiran Anda dari kekhawatiran dan stres.

Lidah buaya juga merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mencari instalasi dengan pemeliharaan rendah karena tidak banyak membutuhkan air dan perhatian lebih. Faktanya, orang-orang Mesir menjulukinya 'tanaman keabadian' karena ketahanannya.

5 dari 9 halaman

Krisan memiliki banyak manfaat obat

Tanaman berwarna cerah ini tidak hanya menambah warna dan semangat ke rumah Anda, tetapi juga terbukti memurnikan udara, mengurangi gejala khawatir dan stres, serta mendinginkan dan merilekskan tubuh saat diolah sebagai teh.

Namanya berasal dari kata Yunani "emas" dan "bunga". Selain manfaat memurnikan udara, spesies tanaman ini juga menawarkan sejumlah manfaat obat. Krisan sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, nyeri dada, demam, diabetes tipe 2, pilek, sakit kepala, bengkak dan pusing.

Krisan juga dapat digunakan untuk mengobati kanker prostat ketika dikombinasikan dengan herbal lain dan merupakan teh populer di Cina Selatan. Teh ini menawarkan manfaat menenangkan dan relaksasi, yang dapat membantu mengobati gejala kecemasan dengan merilekskan sistem saraf.

6 dari 9 halaman

Areca Palm memurnikan udara

Areca adalah tanaman pemurni udara populer lainnya, yang dimiliki banyak orang baik di rumah maupun di kantor. Selain menjadi sangat mudah dirawat, ia juga dapat menambah kelembapan ke atmosfer di sekitarnya. Tanaman ini terbukti menghilangkan racun yang tidak diinginkan seperti formaldehyde, benzene dan trichlorethylene dari udara.

Menghirup udara yang lebih murni baik ketika bangun dan tidur membantu menurunkan tingkat kecemasan dan tekanan darah, yang dapat membantu Anda untuk menenangkan kondisi mental dan fisik.

7 dari 9 halaman

Golden Pothos tanaman yang bagus untuk garasi

Spesies tanaman ini adalah alat kuat lain untuk berinvestasi dalam hal mengatasi kualitas udara yang buruk dan faktor-faktor yang mempengaruhi stres.

Golden Pothos hadir dalam bentuk tanaman merambat yang tumbuh cepat yang akan membuat juntaian daun berwarna hijau saat ditanam dalam pot gantung. Memiliki tanaman ini di kantor atau rumah Anda adalah cara yang baik untuk mempromosikan suasana santai.

Salah satu fitur unik dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk tetap hijau, bahkan ketika disimpan di ruangan gelap. Untuk menjaga tanaman ini dalam kondisi prima, pastikan ia mendapat banyak cahaya terang dan tidak langsung di siang hari dan menghindari air berlebihan, karena hal ini akan menyebabkan pembusukan akar.

8 dari 9 halaman

Red-edged Dracaena mencerahkan dan memurnikan udara rumah

Selain membawa semburan warna ke rumah Anda, dengan daunnya yang ungu-merah, semak yang tumbuh cepat ini juga digemari karena sifatnya yang memurnikan udara, yang pada membantu menciptakan suasana bersih dan santai.

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan udara bahan kimia termasuk xylene, trichlorethylene, dan formaldehyde yang semuanya dapat masuk ke rumah melalui penggunaan pernis, cat, dan bensin. Bahan kimia berbahaya ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres, kurang konsentrasi dan meningkatnya kecemasan.

9 dari 9 halaman

Lidah mertua mencegah sakit kepala

Berasal dari Afrika Barat, tanaman ini masuk dalam keluarga Asparagaceae. Jika Anda menderita iritasi mata, sakit kepala atau masalah pernapasan, ini adalah tanaman yang bagus untuk dipasang di rumah Anda. Tanaman ini juga meningkatkan tingkat energi. NASA adalah yang pertama menemukan manfaat yang ditawarkan oleh lidah mertua.

Selama studi, mereka menyegel satu tanaman lidah mertua di ruang tertutup selama 24 jam, sementara itu mereka melepaskan sejumlah gas beracun. Hasil menunjukkan kadar Benzene berkurang 53% dan Trichloroethylene 13,4%.

Memiliki tanaman di lingkungan rumah dan kantor adalah suatu keharusan jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kepuasan kerja. Manfaat lain termasuk meningkatkan waktu reaksi, meningkatkan konsentrasi, mempromosikan tidur malam yang nyenyak dan menurunkan tingkat kecemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.