Sukses

12 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Mengatasi Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Manfaat serai bisa kamu dapatkan dengan merebus daun serai bersama dengan teh. Rutin minum teh serai akan menghasilkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Manfaat serai cukup banyak dan baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Dalam serai terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh di antaranya adalah kalori, karbohidrat, protein, lemak, asam folat, vitamin B3, B6, B2, B1, A, C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, dan zinc.

Selain nutrisi yang cukup banyak terkandung di dalamnya, serai juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan. Selain itu, sereh juga memiliki aroma yang istimewa yang bisa menyejukkan suasana dan memberikan efek tenang.

Serai dapat ditambahkan di berbagai macam makanan dan minuman yang fungsinya untuk menambah kenikmatan makanan atau minuman tersebut. Contohnya serai bisa digunakan untuk tambahan sup, diseduh dengan teh, atau membuat rebusan serai dengan gula jawa, dan lain sebagainya.

Banyak manfaat serai yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa manfaat serai yang baik untuk tubuh yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2019).

2 dari 5 halaman

Mengatasi Depresi hingga Kolesterol

1. Mengatasi Depresi

Serai memiliki sifat antidepresan yang bisa menurunkan berbagai macam gejala depresi seperti stres, cemas, hingga gangguan tidur atau insomnia. Aroma dari serai dipercaya dapat menenangkan dan membantu relaksasi otot juga saraf sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak dan otak juga akan merasa lebih rileks.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat serai selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sifat deuretik pada serai mampu membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Perlu diketahui bahwa kelebihan kadar garam dalam tubuh memang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi.

Sehingga jika kamu mengonsumsi serai secara rutin maka tekanan darah pun akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Serai juga dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat serai bisa mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik. Sebaliknya, serai mampu menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan.

Meskipun dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL naik, tetapi masih harus diuji kembali efektivitas daun sereh pada pasien yang sudah terlanjur memiliki penyakit kolesterol tinggi.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Gigi Berlubang dan Sistem Pencernaan

4. Mengatasi Gigi Berlubang

Manfaat serai selanjutnya adalah mampu mengatasi gigi berlubang. Konsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Zat antimikroba pada serai diyakini efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

5. Melawan Radikal Bebas

Serai mengandung antioksidan yang berperan dalam melawan racun dan radikal bebas yang bisa masuk dalam tubuh manusia. Beberapa antioksidan dalam serai mampu melawan radikal bebas di antaranya adalah asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

6. Membantu Sistem Pencernaan

Zat antimikroba yang terkandung di dalam serai mampu membantu fungsi usus dan pencernaan. Mengkonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri buruk dan parasit yang menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas dalam lambung, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan hingga Mengatasi Nyeri Otot

7. Menurunkan Berat Badan

Manfaat serai memang cukup banyak bagi tubuh, salah satunya adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat, yang nantinya bisa membantu proses penurunan berat badan.

8. Untuk Kesehatan Kulit

Serai dapat memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

9. Pereda Nyeri Otot dan Sendi

Efek analgesik pada serai mampu meredakan sakit perut, nyeri otot, dan sendi. Manfaat serai untuk meredakan nyeri otot dan sendi bisa kamu dapatkan dengan cara mengkonsumsi serai dengan teh atau dengan melakukan pijat menggunakan minyak serai.

5 dari 5 halaman

Meredakan Gejala Flu dan Mengatasi Ketombe

10. Meredakan Gejala Flu

Manfaat serai berikut ini juga sangat baik untuk tubuh, yaotu bisa meredakan gejala flu. Konsumsi teh serai mampu menurunkan gejala flu seperti demam dan juga hidung tersumbat. Namun serai tidak bisa menyembuhkan atau mengobati flu karena penyebabnya merupakan infeksi virus. Sehingga serai hanya bisa digunakan sebagai obat pendamping saja.

11. Mengatasi Ketombe

Minyak serai dipercaya bisa mengatasi ketombe di rambut. kamu bisa menggunakan minyak serai secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe. Namun manfaat serai untuk mengatasi ketombe belum tentu efektif pada semua orang, sehingga tidak ada jaminan bahwa ketombe akan hilang setelah menggunakan minyak serai.

12. Menghindari Gigitan Nyamuk

Aroma pada serai yang segar dan memiliki efek menenagkan mungkin disukai oleh manusia. Namun, wangi serai ternyata dibencei oleh serangga, terutama nyamuk. Kamu bisa mengoleskan minyak serai secara berkala pada kulit sehingga membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

Loading