Sukses

7 Makanan Pokok Indonesia Pengganti Nasi, Tidak Kalah Enak dan Bergizi

Liputan6.com, Jakarta Makanan pokok Indonesia tentunya tak lepas dari nasi. Bahkan bagi masyarakat Indonesia bila tidak makan nasi rasanya masih belum kenyang, walaupun sudah makan banyak makanan lain.

Jangan heran bila banyak juga orang Indonesia yang menambahkan nasi saat makan mi. Padahal semua orang juga tahu bahwa nasi dan mi adalah sumber karbohidrat.

Tetapi sebenarnya makanan pokok Indonesia tidak hanya nasi saja. Ada beberapa makanan pokok lain yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi. Bahkan makanan makanan pokok ini juga tak kalah lezat dan bergizi dari pada nasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2019) tentang makanan pokok Indonesia. 

2 dari 4 halaman

Makanan Pokok Indonesia Pengganti Nasi

1. Sagu

Sagu sudah menjadi makanan pokok Indonesia di beberapa provinsi, terutama di Maluku dan Papua. Sagu berasal dari batang pohon sagu yang diambil sari patinya. Sagu biasanya diolah menjadi papeda atau menjadi kue melalui tepung sagu. Di daerah Papua, penggunaan sagu sebagai makanan pokok Indonesia, biasanya bisa kamu lihat di daerah pesisir.

Sagu sangat cocok dikonsumsi oleh orang orang yang menderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sagu rendah kandungan vitamin lainnya. Tetapi konsumsi sagu hampir sama dengan konsumsi nasi yang dimakan dengan lauk pauk lainnya.

Biasanya dalam memanen sagu, dibutuhkan batang sagu yang sudah berusia antara 3-5 tahun. Sagu nantinya akan ditebang dan diperas untuk mendapatkan sari patinya untuk membentuk tepung sagu. Lalu nantinya diolah menjadi papeda yang bentuknya seperti lem. Papeda inilah yang menjadi makanan pokok Indonesia masyarakat di Maluku dan Papua.

2. Jagung

Jagung mungkin merupakan salah satu makanan pokok Indonesia paling populer setelah nasi. Tetapi jagung terkenal bukan sebagai makanan pokok, kecuali di daerah Madura, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Jawa Tengah. Biasanya jagung diolah menjadi nasi jagung sebagai makanan pokok Indonesia.

Berbeda dengan sagu, jagung sangat kaya akan vitamin dan mengandung karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. Selain itu, jagung juga mengandung zink, fosfor, dan kalsium yang cukup tinggi, yang bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol.

3 dari 4 halaman

Singkong dan Jewawut

3. Singkong

Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang tak kalah baik untuk tubuh dari pada beras. Singkong juga banyak dikonsumsi menjadi makanan pokok Indonesia oleh masyarakat.

Singkong juga bisa dibuat jadi berbagai macam olahan seperti singkong rebus, singkong goreng, singkong bakar, atau nasi singkong. Singkong utuh memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga cocok dijadikam makanan pokok indonesia pengganti nasi.

Selain itu, singkong sangat baik dikonsumsi oleh orang orang yang sedang menjalankan program diet, karena tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol.

4. Jewawut

Jewawut mungkin agak jarang didengar. Jewawut merupakan sejenis serealia berbiji kecil yang dulunya pernah menjadi makanan pokok Indonesia sebelum dikenalnya nasi. Bentuknya agak mirip seperti gandum. Tidak hanya di Indonesia, bahkan jewawut dulunya menjadi makanan pokok di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Daerah daerah yang menjadikan jewawut sebagai makanan pokok Indonesia dulunya adalah Enrekang, Sulawesi Selatan, Pulau Smba, Pulau Rote, dan beberapa daerah lainnya. Kalau di Biak Numfor, jewawut sudah menjadi makanan pokok yang diolah menjadi semacam bubur.

Selain itu, bubur jewawut ini juga masih dikonsumsi oleh orang orang di Bengkulu dan beberapa tempat di pulau Jawa.

4 dari 4 halaman

Ubi Jalar, Jelai, dan Sorgum

5. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok Indonesia yang banyak dikonsumsi selain nasi. Biasanya ubi jalar banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Papua dan Maluku. Ubi jalar ini nantinya diolah dengan cara bakar batu yang khas. Ubi jalar biasanya dikonsumsi oleh masyarakat papua yang tinggal di daerah pegunungan.

Kandungan karbohidrat pada ubi jalar lebih tinggi daripada singkong, selain itu ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian anda, bahkan lebih dari 100%. Selain itu, ubi memiliki rasa yang lebih manis dari makanan pokok Indonesia pengganti nasi lainnya.

6. Jelai

Jelai juga mungkin agak asing terdengar di telinga kamu. Tetapi salah satu makanan pokok Indonesia ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Jelai atau yang biasanya di Jawa dikenal dengan Hanjeli biasanya diolah menjadi kudapan. Sekarang sudah ada juga yang mengonsumsi jelai sebagai makanan pokok.

7. Sorgum

Sorgum adalah salah satu makanan pokok Indonesia yang dibudidayakan oleh masyarakat di Nusa Tenggara. Sorgum sendiri merupakan makanan pokok kelima yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah gandum, jagung, jelai, dan padi. Sekarang ini, sorgum adala makanan pokok orang orang di Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara.