Sukses

10 Makanan Khas India dan Minumannya yang Terkenal, Wajib Dicicipi

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas India cukup terkenal dengan bumbu dan rempah-rempahnya yang banyak dan kaya akan rasa. Makanan khas India juga cukup cocok untuk dinikmati oleh lidah orang Indonesia. Karena itu, kamu bisa menemukan beberapa restoran atau tempat yang menyediakan makanan khas India di Indonesia.

Banyak sekali jenis makanan khas India yang bisa kamu cicipi karena sudah terkenal dan juga rasanya yang cukup legendaris. Mulai dari makanan dengan rasa yang gurih hingga pedas, dan manis bisa kamu temui di makanan khas India. Selain itu, makanan khas India juga memiliki berbagai macam jenis mulai makanan ringan, minuman, camilan, hingga makanan berat.

Beberapa makanan khas India yang sudah terkenal diantaranya adalah Ayam Tandoori, Laddu, Jalebi, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa makanan khas India menjadi makanan terenak di dunia. Makanan khas India memiliki ciri kebanyakan menggunakan bahan seperti sayuran dan juga rempah-rempah.

Sedangkan makanan pokok India adalah beras, kacang hijau, kacang hitam, kacang gude, kacang arab, dan letil. Ini menjadikan banyak sekali makanan khas India yang cocok dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Berikut ini beberapa makanan khas India yang bisa kamu cicipi saat berada di India atau bisa kamu temui di restoran makanan khas India dari beberapa sumber, Kamis (24/4/2019).

2 dari 5 halaman

Biryani dan Butter Chicken

1. Biryani

Biryani memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di sana, seperti beryani, biriani, atau nasi briyani. Namun meskipun memiliki perbedaan nama yang banyak, biryani adalah salah satu makanan khas India rumahan yang mengandalkan rempah-rempah mulai dari ketumbar hingga kapulaga.

Kemudian satu lagi yang tidak lepas dari biryani adalah beras basmati yang mempunyai ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

2. Butter Chicken

Butter chicken atau ayam mentega adalah salah satu makanan khas India yang cukup terkenal dan bisa kamu temui secara mudah. Masakan khas ini disajikan hampir mirip penyajian ala Cina. Jika di Jepang mungkin makanan ini lebih mirip dengan kare yang penuh dengan rempah.

3 dari 5 halaman

Ayam Tandoori dan Laddu

3. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori juga bisa menjadi makanan khas India yang terkenal bahkan di luar negara aslinya yaitu India. Nama tandoori diambil dari proses memasak bahan dengan bumbu yang dibuat meresap ke dalam bahan untuk kemudian di panggang dalam oven tandoori bertemperatur sangat tinggi mencapai 300 derajat celcius.

Bumbu yang digunakan pada ayam tandoori adalah minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yogurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bumbu jinten, dan bumbu khas India yang bernama kasoori methi.

4. Laddu

Laddu atau laddoo merupakan kue yang bentuknya mirip dengan gulan jamun, yaitu bulat-bulat kecil. Makanan khas India ini mempunyai cita rasa yang manis, karena bahan utama dari adonan ini adalah gula dan tepung.

Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara perayaan atau keagamaan di India. Tepung yang digunakan untuk membuat laddu adalah tepung gandum kasar. Selain itu kue ini juga bisa dibuat dengan tepung kacang panjang dan kelapa.

4 dari 5 halaman

Samosa dan Dosa

5. Samosa

Samosa adalah salah satu camilan khas India yang juga cukup terkenal dan banyak digemari oleh masyarakat luar. Samosa hampir mirip dengan pastel yang ada di Indonesia.

Perbedaannya adalah pada bentuknya, jika pastel berbentuk setengah lingkaran, sedangkan samosa berbentuk segitiga. Sama halnya pastel di Indonesia yang sudah mengalami perkembangan, samosa juga mengalami perkembangan yaitu semakin banyak pilihan rasa dan tambahan isian samosa.

6. Dosa

Mungkin agak sedikit aneh jika diucapkan oleh orang Indonesia. Namun, makanan khas India yang satu ini juga tidak kalah enak dari makanan khas India lainnya. Dosa adalah makanan yang mirip seperti leker crepes, rasanya enak, bentuknya kering, dan teksturnya renyah.

Dosa dibuat dari bahan dasar kacang dan beras yang sudah difermentasikan. Di India, dosa biasanya disantap saat sarapan dan makan malam. Makanan ini baik untuk kesehatan karena mengandung karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak serta kalori.

7. Jalebi

Jalebih adalah camilan yang terbuat daru tepung yang dibentuk melingkar untuk kemudian digoreng hingga matang, Setelah digoreng, jalebi direndam dalam sirup gula hingga permukaannya mengkilap dan mengkristal.

Jalebi juga sering disebut sebagai permen. Tekstur dari makanan ini adalah kenyal dengan berlapis gula yang mengering sehingga memberikan rasa yang manis.

5 dari 5 halaman

Minuman Khas India

8. Lassi

Lassi adalah minuman khas India dengan bahan dasar utama yaitu yogurt yang dicampur dengan air, rempah hingga buah-buahan. Rasa dari lassi ini sangat menyegarkan dan merupakan minuman yang banyak dikonsumsi di musim panas. Lassi juga sehat karena terbuat dari yogurt dan campuran berbagai macam buah-buahan.

9. Falooda

Minuman khas India selanjutnya adalah falooda. Minuman ini merupakan milk shake dari India yang terbuat dari es krim yang disiram dengan sirup mawar, susu, sohun, biji selasih, dan kacang-kacangan. Ini adalah minuman es susu manis dengan tekstur lembut.

10. Haldi Doodh

Haldi doodh mungkin harus kamu cicipi karena minuman khas India ini cukup menarik karena terbuat dari kunyit dan susu. Selain menghilangkan dahaga, minuman ini juga bisa menghilangkan sakit tenggorokan, flu, hingga infeksi lainnya.