Sukses

10 Manfaat Melon untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat melon untuk kesehatan ternyata belum banyak diketahui orang. Kebanyakan orang mengonsumsi buah melon ini hanya sebagai santapan selingan sebelum atau setelah makan. Selain menyegarkan saat dikonsumsi, ternyata melon memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Soalnya banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah melon ini. Salah satu manfaat melon adalah dapat menyehatkan kulit dan rambut kamu.

Tak hanya sekadar menawarkan rasa yang manis. Banyak manfaat melon lainnya yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Terdapat beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah melon ini. Melon memiliki kandungan yang sebagian besarnya atau hampir 95 persen mengandung air. Selain itu, melon juga kaya akan vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung pada buah melon seperti vitamin A, C, E, K, folat, dan niasin.

Buah melon juga merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Selain itu, melon juga sangat kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, dan seng. Masih ada lagi, ternyata melon juga memiliki elektrolit seperti kalium.

Nutrisinya saja sudah banyak sekali, jadi tak diragukan lagi kan soal manfaat melon ini. Agar tak dijadikan camilan sesaat saja, kini kamu bisa mengonsumsi buah melon dengan jumlah cukup untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Agar semakin rutin dalam mengonsumsi buah melon, kamu perlu mengetahui manfaat melon untuk kesehatan tubuh terlebih dahulu. Kali ini Liputan6.com, Kamis (25/4/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat melon untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

2 dari 4 halaman

Bantu Menurunkan Berat Badan hingga Nyeri PMS

Bantu Menurunkan Berat Badan

Melon merupakan buah yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Pasalnya buah ini bebas lemak dan kolesterol. Kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis membuat orang yang memakan buah ini akan merasakan kenyang. Maka tak heran, kalau manfaat melon ini cocok banget dimakan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Melon merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Serat dalam buah melon ini sendiri bisa membuat sistem pencernaan semakin sehat. Serat juga akan membuat perut awet kenyang. Untuk itu, buah melon juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Meredakan Nyeri Perut Saat PMS

Potasium yang terkandung di dalam buah melon ini bisa menvegah kram, mual, dan sakit atau nyeri selama PMS. Selain itu, manfaat melon lainnya untuk melancarkan aliran darah selama menstruasi.

3 dari 4 halaman

Mencegah Rambut Rontok hingga Penuaan Kulit

Mencegah Rambut Rontok

Melon merupakan sumber yang baik untuk betakaroten yang terdapat dalam vitamin A. Nah, vitamin ini memberikan manfaat melon bagi kesehatan khususnya untuk pertumbuhan rambut.

Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa study menyebutkan jika melon adalah buah yang kaya akan vitamin A. Karena vitamin A yang terdapat di dalam buah melon inilah, peneliti percaya bahwa manfaat melon bisa mencegah katarak, degenerasi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi dan menjaga kesehatan mata lainnya.

Mencegah Penuaan Kulit

Melon mengandung kolagen yang baik untuk struktur dan mempertahankan kekencangan kulit. Kolagen inilah yang bisa membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit.

4 dari 4 halaman

Mencegah Munculnya Penyakit Dalam Lainnya

Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan jika manfaat melon mengandung berbagai nutrisi dan senyawa organik yang sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker mulut. Nutrisi dan senyawa pada buah melon dikatakan bisa menangkan radikal bebas penyebab kanker dengan sangat baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Pada sebuah penelitian mengungkapkan jika nutrisi yang terkandung di dalam buah melon sangat efisien mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

Mencegah Diabetes

Nutrisi berupa pektin yang terdapat pada buah melon dipercaya bisa mengatur sekresi glukosa ke dalam aliran darah sehingga membuat tubuh terbebas dari risiko diabetes. Selain pektin, nutrisi lain di dalam buah melon dipercaya bisa menetralkan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, manfaat melon ini bisa bantu penderita diabetes untuk mengonsumsi buah melon.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar tubuh selalu bugar, sehat dan sistem kekebalannya pun semakin baik, pastikan untuk mengkonsumsi buah melon. Sebuah studi menyebutkan jika vitamin A dan C serta nutrisi pada buah melon sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C ini juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari segala macam penyakit maupun infeksi.

Loading