Sukses

9 Makanan Khas Padang Ini Bikin Nagih, Mana Kesukaanmu?

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Padang merupakan sajian yang paling banyak diminati oleh orang. Tak hanya orang asli Padang ataupun Indonesia. Masakan khas Padang ini juga ternyata diminati sekali oleh orang luar negeri. Bahkan salah satu makanan khas Padang yang terkenal, yaitu Rendang, sudah diakui oleh dunia sebagai makanan yang enak nan nikmat.

Memang, tak harus pergi ke Padang terlebih dahulu untuk bisa mencicipi masakan khas Padang ini. Di setiap daerah yang ada di Indonesia, pasti tersedia aneka ragam makanan khas Padang yang bisa kamu temui. Penyebab masakan khas Padang bisa ditemui di berbagai daerah karena orang Padang sangat suka merantau.

Mereka merantau kemana saja dengan waktu yang tak sebentar. Berbagai alasan yang memutuskan mereka untuk merantau. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan makanan khas Padang dapat ditemui di mana-mana.

Sebegitu menariknya masakan khas Padang ini di lidah orang yang menyantapnya. Soalnya, masakan khas Padang ini sangat kuat dengan aneka racikan bumbu rempah. Hal ini yang membuat masakan Padang memiliki cita rasa yang khas dan membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

Identik dengan rasa gurih dari santan dan pedas, menjadikan masakan khas Padang ini memiliki banyak penikmat setia. Perlu diketahui juga, selain bersantan dan pedas, ternyata terdapat perbedaan jenis makanannya di setiap wilayahnya. Misalnya saja di daerah perbukitan Padang, cenderung menggunakan daging yang diolah menjadi dendeng, rendang, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada wilayah pesisir Padang cenderung menggunakan ikan. Misalnya diolah menjadi gulai ikan, ikan bakar, gulai kepala ikan, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi deratan makanan khas Padang yang menggiurkan. Buat kamu yang ingin mencoba menu lain masakan khas Padang, berikut Liputan6.com, Kamis (25/4/2019) berikan rekomendasi daftar menu lainnya. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini makanan khas Padang yang wajib kamu coba.

2 dari 4 halaman

Aneka Sajian Daging dengan Bumbu Rempah yang Khas

Dendeng Batokok

Keunikan dari dendeng batokok dengan dendeng yang lainnya adalah cara memasaknya. Daging akan dipukul-pukul terlebih dahulu atau diketok-ketok sebelum memasaknya. Inilah yang membuatnya disebut dengan dendeng batokok.

Daging ini dipukul-pukul atau diketok-ketok bertujuan untuk melunakkan tekstur dalam daging serta agar bumbu rempah mudah meresap ke dalam dagingnya. Makanan ini paling enak disantap dengan nasi kapau atau nasi sala.

Sate Padang

Sate padang umumnya terbuat dari olahan daging sapi atau bagian sapi lainnya seperti paru, kikil, hati, dan lidah. Tak ada yang berbeda dengan cara masak sate pada umumnya, yaitu dengan memberi bumbu kepada daging dan dibakar hingga matang. Hanya saja pada sate Padang mempunyai rempah yang lebih komplit daripada sate pada umumnya. Hal inilah yang membedakan sate Padang dengan sate lainnya.

Kalio Dagiang

Makanan khas Padang ini mirip dengan rending. Hanya saja warna dari Kalio Dagiang ini lebih cerah dan bumbu yang lebih encer. Kalio Dagiang merupakan sebutan untuk masakan rending yang masih setengah matang atau belum jadi. Selain itu, perbedaannya juga pada isiannya. Kalio Dagiang tidak hanya menggunakan daging. Namun kerap menggunakan ayam, limpa, hati sapi, dan kentang.

3 dari 4 halaman

Aneka Sajian Nasi yang Khas

Nasi Kapau

Nasi ini terkenal sebagai nasi bungkus khas Padang karena hampir di setiap warung makan selalu disediakan nasi ini. Nasi Kapau identik warna kuning mencolok yang dikarenakan penggunaan kunyit sebagai pewarna alami. Nasi kapau ini sering dipasangkan dengan ikan lainnya seperti dendeng, balado daging, ikan asin, telor, dan lain sebagainya.

Nasi Sala

Nasi sala ini berasal dari daerah Pariaman. Nasi salaini terdiri dari nasi yang dihidangkan dengan daun pisang, yang ditambah dengan sayuran kukus tanpa bumbu, dan sambal balado. Uniknya dari nasi ini adalah adanya ikan goreng sebagai pendamping. Ikan yang paling sering dimakan dengan nasi sala adalah ikan gembulo atau ikan gembung.

 

Soto Padang

Sama halnya dengan setiap daerah lain yang memiliki sajian soto yang khas. Di Padang juga memiliki hidangan soto yang khas. Soto Padang memiliki ciri khasnya menggunakan daging goreng atau dendeng pada toppingnya.

Juga penggunaan bihun dan kentang sebagai pengganti nasinya. Kalau kuah soto pada umunya berwarna hijau kekuningan, lain halnya dengan soto Padang. Pada soto Padang hanya menggunakan kaldu sapi untuk kuahnya, sehingga terlihat lebih bening dan segar.

4 dari 4 halaman

Camilan Khas Padang

Sala Lauak

Makanan ini selalu hadir dalam setiap acara adat yang diselenggarakan di kota Padang khususnya di wilayah pesisirnya. Terdapat dua jenis sala lauak, yakni lunak dank eras. Perbedaannya ada pada jenis ikan yang digunakan.

Kalau sala lauak lunak terbuat dari ikan stuhuak, sedangkan sala lauak keras dibuat dari bahan ikan asin. Saat makan ini, kamu bakal merasakan sensasi renyah di luar dan lembut di dalam ditambah dengan aroma ikan yang sedap.

Pinyaram

Makanan ini punya kemiripan dengan kue cucur khas Betawi. Hanya saja pada pinyaram memiliki warna yang lebih pekat karena memggunakan gula yang dipanaskan sampai membentuk seperti karamel.

Kue ini juga memiliki komposisi yang sama dengan kue cucur, yaitu menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Bentuknya kering di bagian pinggir dan bagian tengahnya memiliki tekstur yang lembut dan tebal.

Teh Talua

Kalau ini merupakan minuman khas yang ada di Padang. Minuman ini terbuat dari perpaduan teh dan telur dan biasanya juga disajikan dengan perasan jeruk nipis untuk memberi aroma segar. Minuman ini paling banyak diminati oleh laki-laki, karena khasiatnya yang dapat menambah stamina dan kebugaran tubuh.