Sukses

8 Makanan Khas Lombok Kaya Rempah Menggoda Lidah

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Lombok adalah salah satu wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi pulau eksotis ini. Tak hanya menyuguhkan wisata alam yang memesona, lombok juga memiliki wisata kuliner yang tak kalah nikmat.

Sekitar 80% penduduk pulau Lombok adalah suku Sasak, sebuah suku yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduknya adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Makanan khas Lombok tak dapat lepas dari peran penduduk yang mendiami pulau Lombok. Ada beberapa kuliner khas yang dapat ditemui di Lombok. Berikut makanan khas Lombok yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat(26/4/2019):

2 dari 9 halaman

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah hidangan ayam bakar pedas khas Indonesia dari Lombok. Meskipun Ayam Taliwang dikatakan sebagai hidangan yang disukai oleh bangsawan Sasak, Abdul Hamid mengklaim telah menemukan hidangan tersebut pada tahun 1970. Ayam ini dinamai dari nama Karang Taliwang di Mataram, ibukota Lombok.

Daging ayam dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Ayam Taliwang secara fisik tampak mirip dengan ayam bakar atau goreng biasa, dengan paduan sambal. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

3 dari 9 halaman

Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok yang cukup terkenal. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau.

Sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang sering ditemui di Pulau Jawa, Kangkung yang digunakan pada plecing kangkung merupakan jenis kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu. Kangkung ini menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

4 dari 9 halaman

Bebalung

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri.

Penyajian bebalung biasanya ditaruh pada mangkok dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Bebalung merupakan menu wajib yang selalu dihidangkan pada setiap hajatan masyarakat Lombok selain Ares.

5 dari 9 halaman

Ares

Ares atau sayur ares merupakan salah satu makanan khas Lombok yang selalu ada pada tiap jamuan makan. Ares merupakan sebutan dari pelepah pisang yang masih muda. Pelepah pisang ini kemudian diolah bersama kuah yang terbuat dari santan, menjadikannya makanan khas Lombok yang begitu digemari.

Sayur ares memiliki citarasa gurih dari paduan santan dan rempah seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan. Ares juga biasanya dapat ditambahkan daging untuk menambah kelezatannya.

6 dari 9 halaman

Beberuk Terong

Beberuk terong adalah makanan khas Lombok yang dibuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas. Bahan untuk membuatnya antara lain terong, bawang merah, tomat, cabe rawit, garam, gula pasir, minyak, dan air.

Beberuk juga biasa menjadi teman hidangan ayam taliwang dan plecing kangkung. Rasanya merupakan perpaduan antara pedas, manis, asam Yang begitu segar di lidah.

7 dari 9 halaman

Sate Bulayak

Sate bulayak adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama lontong (bulayak). Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Lontong satai Bulayak dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

8 dari 9 halaman

Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung merupakan satu makanan khas Lombok yang tak boleh dilewatkan kala berkunjung ke Lombok. Nasi Puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung.

Dalam satu porsi Nasi Balap Puyung berisi nasi putih, ayam suwar-suwir, sayur kacang panjang, kentang kriuk, abon sapi, dan satu potong ayam goreng kampung. Selain bisa disajikan dengan cepat, ciri khas Nasi Balap Puyung juga terletak pada rasa bumbu khas yang ada pada ayam suwirnya.

9 dari 9 halaman

Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan makanan khas Lombok yang cukup unik. Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam, sate tanjung terbuat dari ikan cakalang. Sate Tanjung banyak ditemui di pasar tanjung, Lombok.

Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi. Sate tanjung memiliki citarasa gurih dari rempah-rempah khas Lombok.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingat Alphi Si Anak Tunggal di SUCI 3? Penampilannya Kini Mirip Cowok Korea
Artikel Selanjutnya
4 Video Kecelakaan Tidak Disengaja Ini Nyesek Tapi Bikin Ketawa