Sukses

7 Makanan yang Bisa Membersihkan Usus Besar, Mudah Didapat

Makanan ini selain enak ternyata bisa membersihkan usus besar dan menjadikanmu lebih sehat

Liputan6.com, Jakarta Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama dari usus besar adalah menyerap air dari feses. Fungsi lain dari usus besar adalah menjadi tempat penyimpanan dan eliminasi sisa makanan. 

Selain itu, usus besar juga menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara menyerap air. Kemudian fungsi lain dari usus besar adalah mendegredasi bakteri.

Usus besar menjadi salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting dan berguna. Jika usus besar mengalami masalah, maka akan timbul berbagai penyakit yang bisa membahayakan hidup seseorang. Salah satu masalah usus besar adalah peradangan usus besar kolitis.

Beberapa indikator terjadinya peradangan pada usus yaitu vili usus menjadi lebih panjang, dinding usus menebal, dan jumlah jaringan limfatik menjadi lebih banyak. Berdasarkan gambaran histopatologi, pada peradangan akut terjadi edema di lamina propia disertai infiltrasi leukosit dalam jumlah yang ringan dan didominasi neutrofil.

Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah yang buruk pada usus besar, maka dari itu kita harus menjaganya dan mengupayakan agar usus besar selalu sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa makanan yang bisa menjaga dan membersihkan usus besar dari kotoran dan berbagai macam penyakit, dikutip dari Readers Digest, Jumat (26/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Beras Merah, hingga Sayuran

1. Beras Merah

Biji-bijian seperti beras merah, gandum, dan quinoa, adalah makanan yang baik untuk kesehatan usus besar dan bisa membersihkannya. Makan makanan ini tiga porsi sehari bisa menurunkan resiko kanker kolorektal sebesar 17 persen.

2. Kacang-kacangan dan Lentil

Beberapa kacang seperti kacang polong dan lentil memiliki kandungan serat yang tinggi dan pastinya baik untuk usus besar.

3. Chia Seeds

Chia seeds atau biji chia adalah anggotab dari keluarga sage, yang merupakan biji hitam dan putih kecil yang menjadi makanan pokok dari suku Inca, Maya, dan Aztec, hingga penduduk asli Amerika dari Barat Daya.

4. Makan Brokoli, Kangkung dan Kembang Kol

Beberapa sumber serat terbaik datang dari sayurab seperti brokoli, kangkung, dan kembang kol. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi satu porsi sayuran hijau yang dimasak bisa menurunkan resiko kanker usus besar sebanyak 24 persen.

3 dari 3 halaman

Makanan Mengandung Omega 3, hingga Yogurt

5. Salmon, Sarden, dan Trout

Bagi orang yang memiliki kanker kolorektal, mereka yang meningkatkan asupan omega 3 dari ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menghindari ikan. Lemak omega 3 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan bahkan mempromosikan kematian sel kanker usus besar.

6. Kenari

Kenari mengandung banyak serat dan omega 3 dalam bentuk asam alfa-linolenat yang bisa membersihkan usus besar. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi kenari menghasilkan lingkungan usus yang lebih sehat dan dapat mengurangi perkembangan tumor usus kanker.

7. Yogurt

Produk susu fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik yang baik untuk usus. Mengonsumsi banyak yogurt dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 38 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.