Sukses

6 Danau Terindah Indonesia yang Lokasinya di Atas Ketinggian, Ada yang di Puncak Gunung

Liputan6.com, Jakarta Danau banyak dijadikan sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain bisa menikmati keindahan pemandangan danau dan bermain air, wisata danau juga relatif aman bagi pengunjung yang membawa anak-anak atau dengan keluarga. 

Tetapi ada beberapa danau yang tentunya bukanlah seperti wisata danau kebanyakan yang aman dan mudah dijangkau. Danau-danau ini terletak di ketinggian dan akses menuju danau tentunya tidak terlalu mudah dijangkau. Bahkan ada beberapa danau yang terletak di puncak gunung.

Oleh karena itu, wisata danau yang berada di atas ketinggian ini lebih cocok dijelajahi oleh anak muda yang masih bertenaga dan menyukai tantangan. Tentunya jalan yang tak begitu mudah ini nantinya akan membuahkan hasil yang sangat indah. Danau-danau yang terletak di ketinggian ini begitu indah karena jauh dari hiruk-pikuk keramaian dan tentunya menyajikan kesejukan alam yang masih jarang terjamah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2019) tentang danau terindah yang lokasinya di atas ketinggian

2 dari 7 halaman

1. Danau Habema di Pegunungan Jayawijaya

Danau Habema merupakan danau yang terletak di kompleks pegunungan Jayawijaya. Lokasinya berjarak sekitar 48 kilometer dari Wamena. Danau ini merupakan danau tertinggi di Indonesia, dengan ketinggiannya yang mencapai 3225 mdpl.

Dari Danau Habema, kamu bisa menikmati pemandangan indahanya puncak Wilhelmina atau Puncak Trikora yang merupakan tempat salju khatulistiwa berada.

3 dari 7 halaman

2. Segara Anak di Gunung Rinjani

Segara anak merupakan sebuah danau yang terletak di atas Gunung Rinjani, Nusat Tenggara Barat. Dengan lokasinya yang berada di sebuah gunung, Segara Anak memiliki ketinggian mencapai 2000 mdpl. Pemandangan di danau ini sangatlah mengagumkan, letaknya yang di atas gunung membuat alamnya masih asri dari polusi.

Di danau ini kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan, salah satunya adalah memancing. Banyak ikan yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk semakin memperindah danau ini. Kamu bisa memancing berbagai ikan disini seperti ikan mas, ikan mujair, maupun ikan nila. Jadi belumk lengkap rasanya ke Gunung Rinjani bila belum mengunjungi danau Segara Anak ini.

4 dari 7 halaman

3. Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

Ranu Kumbolo sudah sangat terkenal di Indonesia. Danau yang berlokasi di atas Gunung Semeru ini sanag ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kepopuleran ranu kumbolo juga ditambah dengan adanya film yang mengangkat pendakian gunung ini beberapa tahun yang lalu. Terletak pada ketinggian 2400 mdpl membuat Ranu Kumbolo tak kalah tinggi dengan Segara Anak di Gunung Rinjani.

Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih utama bagi para pendaki Gunung Semeru dan juga merupakan tempat berkemah yang sangat indah. Dari Ranu Kumbolo kamu bisa menikmati sajian sunrise yang begitu mempesona.

5 dari 7 halaman

4. Danau Gunung Tujuh di Gunung Kerinci

Danau Gunung Tujuh juga merupakan sebuah danau yang terletak di atas gunung. Danau ini terletak di Gunung Kerinci pada ketinggian 1950 mdpl. Air di Danau Gunung Tujuh ini sangat dingin suasananya sangat menyegarkan. Danau ini merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO.

6 dari 7 halaman

5. Telaga Warna di Dieng

Telaga warna mungkin merupakan danau yang berada di ketinggian yang paling mudah dikunjungi. Hal ini karena letaknya yang bukan di atas gunung. Kamu bisa mengunjungi telaga warna dengan kendaraan pribadi dan dengan berjalan sedikit dari tempat parkir, kamu akan menemui danau yang sangat indah ini.

Walaupun begitu, Telaga Warna merupakan danau yang tetap saja berada di atas ketinggian. Berada di atas ketinggian sekitar 2000 mdpl, membuat suasana di sini sangat menyegarkan.

Ditambah lagi kamu juga bisa menikmati wisata wisata di dataran tinggi dieng lainnya yang tidak jauh dari lokasi Telaga Warna. Di Telaga Warna ada beberapa spot indah yang sayang seklai untuk dilewatkan. Oleh karena itu, kamu perlu menjelajahi danau satu ini.

7 dari 7 halaman

6. Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu

Danau Tiga Warna sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang. Keindahannya yang sangat khas dan jarang ada di mana pun membuat Danau Tiga Warna terkenal di seantero dunia. Dengan berada di ketinggian 1631 mdpl, danau ini merupakan kawah dari puncak Gunung Kelimutu.

Terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, danau ini sangatlah unik dengan memiliki 3 warna cantik yang berbeda-beda, yaitu warna merah, biru, dan putih. Bahkan warna-warna tersebut bisa berubah-ubah.

Loading