Sukses

9 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Melindungi Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh hitam mungkin belum terlalu banyak disadari orang. Hal ini karena orang-orang lebih banyak mengonsumsi teh hijau yang memang sudah menjadi budaya selain minum kopi tentunya. 

Tetapi jangan salah, teh hitam ternyata merupakan jenis teh yang memiliki rasa paling kuat dibandingkan jenis teh lainnya. Tentunya sama dengan jenis teh lainnya, teh hitam juga sangat menyehatkan bagi tubuh kamu. Jadi kamu perlu mengetahui berbagai macam manfaat teh hitam bagi kesehatan tubuh.

Teh hitam biasanya melewati proses penjemuran yang lebih lama daripada jenis teh lainnya. Berbagai varian teh, seperti teh hijau, teh merah, teh putih maupun teh hitam memiliki khasiatnya masing-masing selain memiliki khasiat yang umumnya dimiliki oleh teh tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2019) tentang manfaat teh hitam

2 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mulut dan Sebagai Zat Antioksidan

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh hitam yang pertama adalah menjaga kesehatan mulut. Kandungan polifenol pada teh hitam mampu menghancurkan bakteri merugikan yang ada di dalam mulut.

Dengan mengonsumsi teh hitam, kamu dapat mencegah adanya plak, gigi berlubang, serta membuat napas kamu menjadi lebih segar. Bahkan dengan sifat antioksidan, teh hitam dapat mencegah terjadinya infkesi di mulut kamu.

2. Sebagai Zat Antioksidan

Manfaat teh hitam dari kandungan polifenolnya tidak hanya menjaga kesehatan mulut, tetapi juga merupakan jenis zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan juga mampu menghilangkan molekul beracun di tubuh.

Dengan sedikit campuran lemon, manfaat teh hijau akan semakin besar dalam menyingkirkan radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Sitem Kekebalan Tubuh dan Melancarkan Pencernaan

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan antigen dan senyawa tanin, menambah manfaat teh hitam bagi tubuh kamu, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dengan mengonsumsi teh hitam akan membuat kmau menjadi jarang sakit dan kadar lemak di dalam tubuh akan menurun.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan. Mengonsumsi teh hitam membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lancar sehingga menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu.

Teh hitam mampu menjaga bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Bakteri baik ini nantinya akan menangkal perkembangan bakteri jahat yang merugikan tubuh masuk bersama dengan makanan.

4 dari 5 halaman

Melindungi Jantung, Mencegah Stroke dan Kanker

5. Melindungi Jantung

Manfaat teh hitam yang tak kalah penting adalah bisa melindungi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin setiap hari akan mengurangi risiko terkena penyakit jantunf dan stroke mencapai 20 persen.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat teh hitam adalah dapat menurunkan kadar lemak di tubuh, yang berkaitan langsung dengan kesehatan jantung.

6. Mencegah Stroke

Selain itu manfaat teh hitam lainnya adalah dapat mencegah stroke. Kamu bisa mencegah stroke dengan berbagai cara seperti dengan menjaga pola makan, olahraga, dan mengontrol tekanan darah setiap hari.

Tetapi ternyata hal ini juga menjadi salah satu manfaat teh hitam bagi. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin setiap harinya, bisa menurunkan risiko terkena stroke hingga 32%.

7. Mencegah Kanker

Manfaat teh hitam lainnya adalah bisa memberikan mandaat untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena teh hitam kaya akan polifenol catechin yang membantu dalam mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rajin minum teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

Sebuah senyawa penting di dalam teh hitam mampu menghambat perkembangan sel sel kanker dalam tubuh manusia. Secara spesifik, manfaat teh hitam bisa menurunkan risiko kanker pada wanita.

Terutama menurunkan risiko penyakit kanker serviks dan kanker payudara tentunya diimbangi dengan gaya hidup sehat. Dengan mengandung teaflavin, teh hitam ammpu menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium pada wanita.

5 dari 5 halaman

Memperkuat Tulang dan Gigi Serta Menurunkan Risiko Diabetes

8. Memperkuat Tulang dan Gigi

Teh hitam juga bisa memperkuat tulang dan gigi kamu. Manfaat teh hitam satu ini didapatkan dari kandungan fitokimia pada teh hitam, yang bahkan juga dapat mengurangi risiko penyakit arthritis.

Orang yang minum teh hitam setiap hari secara rutin dapat mengembalikan kepadatan tulang karena teh hitam mengandung zat pengganti kalsium. Masalah tulang, seperti patah tulang pada orang tua juga bisa dikurangi oleh konsumsi teh hitam.

9. Menurunkan Risiko Diabetes

Dengan mengurangi gula, atau bahkan dengan tidak manambahkan gula pada teh hitam, kamu bisa mendapatkan manfaat lainnya, yaitu menurunkan risiko diabetes.

Dengan kandungan catechin dan teaflavin yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa, kamu bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 terjadi pada dirimu.

Dengan banyaknya manfaat teh hitam yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kamu, tidak ada salahnya mengonsumi teh hitam ini secara rutin setiap harinya.