Sukses

13 Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Makanan tinggi protein bisa kamu temukan di berberbagai sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, ikan, hingga daging. Makanan Tinggi Protein tentunya baik untuk kesehatan karena memang protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang makanan tinggi protein, alangkah baiknya untuk mengetahui apa sebenarnya protein itu. Protein adalah salah satu zat gizi makro yang terbentuk dari beberapa unsur, yaitu karbon (C), hidrogen (H), oksigen (o), dan nitrogen (N). Selain protein terbentuk dari zat-zat di atas, protein juga terkadang terbentuk dari tembahan zat seperti belerang dan fosfor.

Protein juga merupakan salah satu zat makro yang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu fungsi protein adlaah untuk membantu pertumbuhan sel-sel. Fungsi tersebut merupakan fungsi utama protein yang paling penting bagi tubuh.

Zat gizi protein bisa kita dapatkan dari dua sumber makanan, yaitu protein hewani yang berasal dari hewan, dan protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Dalam sehari, kamu membutuhkan asupan makanan mengandung protein hewani sebanyak 2-4 porsi atau setara dengan 70-160 gram daging-dagingan. Kemudian kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati yaitu sebesar 2-4 porsi.

Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh sehari-hari, kamu bisa mengkonsumsi beberapa makanan tinggi protein berikut yang sudah Liputan6.com rangkum, Senin (29/4/2019).

2 dari 5 halaman

Makanan Tinggi Protein Hewani

1. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein yang mudah kita temui, dan mudah kita dapat bahkan disukai oleh banyak orang. Telur mengandung vitramin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna melindungi mata dan nutrisi otak.

Mengonsumsi telur lebih baik karena mengandung protein murni tanpa lemak. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Dada Ayam

Makanan tinggi protein hewani selanjutnya adalah dada ayam. Dada ayam sangat mudah untuk diolah, dengan catatan kamu mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit adalah sebesar 53 gram dan mengandung 284 kalori.

3. Susu

Susu adalah minuman tinggi protein yang sangat bergizi. Susu mengandung banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat akan kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

Secangkir susu dengan lemak 1 persen mengandung 8 gram protein dan 103 kalori. Olahan susu seperti yogurt juga menjadi makanan tinggi protein. Yogurt seberat 170 gram mengandung 17 gram protein dan 100 kalori.

3 dari 5 halaman

Makanan Tinggi Protein Hewani

4. Daging Sapi

Makanan tinggi protein selanjutnya adalah daging sapi yang tidak memilii lemak. Daging sapi tanpa lemak mengandung protein yang tinggi. Daging sapi seberat 85 ons yang di masak dengan lemak 10 persen mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki lemak dan juga kalori yang cukup rendah, sehingga sebagian besar yang terkandung dalam ikan tuna adalah protein. Selain itu, makanan tinggi protein ini juga mengandung lemak omega 3. Dalam 1 ons ikan tuna mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

6. Udang

Sebagian besar makanan laut memang merupakan makanan tinggi protein yang rendah lemak. Udang mengandung berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12, dan lemak omega 3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

4 dari 5 halaman

Makanan Tinggi Protein Nabati

1. Gandum

Gandung juga termasuk dalam makanan paling sehat karena mengandung serat yang sehat, magnesium, mangan, vitamin B1, dan nutrisi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori.

2. Kacang Almond

Makanan tinggi protein selanjutnya adalah kacang almond. Kacang almond mengandung serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons nya.

3. Selai Kacang

Satu sendok selai kacang kurang lebih 30 gram mengandung 8 gram prootein dan 6 gram karbohidrat. Kombinasikan dengan batang seledri dan cemilan tersebut hanya akan mengandung 12 gram karbohidrat. Kamu juga bisa memadukan dengan potongan wortel untuk dijadikan cemilan yang mengenyangkan dan menyehatkan.

4. Biji Labu

Biji labu mengandung 7 gram protein per 30 gram sajiannya. Kemudian juga mengandung tinggi antioksidan, zat besi, seng, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya.

5 dari 5 halaman

Makanan Tinggi Protein Nabati

5. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah makanan tinggi protein yang cukup mudah ditemukan dan juga murah harganya. 100 gram tahu mengandung 8 gram protein dan 1,9 gram karbohidrat.

6. Oats

Salah stau biji-bijian yang paling menyehatkan di dunia ini diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain protein, oats juga mengandung banyak serat, magnesium, mangan, vitamin B1 atau thiamin dan beberapa zat gizi lainnya. Setengah cangkir oats mentah mengandung 12 gram protein dan 303 kalori.

7. Brokoli

Makanan tinggi protein selanjutnya adalah brokoli. Brokoli mengandung banyak vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga tinggi akan nutrisi bioaktif yang diyakini dapat menjauhkan resiko kanker.

Dibandingkan dengan sayuran lainnya, kandungan protein dalam brokoli dipercaya lebih tinggi. Satu cangkir brokoli yang sudah dipotong-potong mengandung 3 gram protein dan 31 kalori.