Sukses

10 Minuman Khas Bali yang Unik dan Segar dengan Segala Khasiatnya untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Minuman khas Bali bisa dijadikan sebagai menu kuliner alternatif saat berkunjung ke pulau Dewata. Sambil menikmati keindahan destinasi wisata yang luar biasa menakjubkan, kamu bisa mencoba beberapa sajian makanan ataupun minuman khas yang ada di Bali. Benar saja, selain memiliki makanan khas, ternyata Bali juga memiliki minuman khas.

Sebagai tempat wisata yang terkenal, Bali memiliki sesuatu yang unik dan khas yang tentunya tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Mulai dari keramahan para penduduknya, makanan khas, hingga minuman khas Bali.

Ya, ternyata Bali juga memiliki minuman khas Bali yang sangat lezat, menyegarkan, dan beberapa di antaranya bahkan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Penasaran apa saja minuman khas Bali? Berikut Liputan6.com, Senin (29/4/2019) rangkum dari berbagai sumber, beberapa minuman khas Bali yang bisa kamu cobain saat berkunjung ke sana. Minuman khas Bali ini bisa dijadikan pelepas dahaga saat di Bali.

2 dari 4 halaman

Minuman Khas Bali yang Menyegarkan

Es Kuwet

Bicara minuman khas, Bali punya minuman khas yang sudah sangat terkenal salah satunya adalah es kuwet. Minuman ini mirip dengan es campur. Perpaduan antara beberapa jenis buah dengan kelapa, seperti belewah dan biji selasih. Minuman khas Bali ini sangat mudah ditemukan dan cocok buat suasana Bali yang panas.

Es Daluman

Es daluman merupakan minuman khas Bali yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sini. Es daluman ini sebenarnya dikenal dengan nama es cincau. Ya, daluman adalah cincau hijau yang memiliki khasiat untuk memperlancar buang air besar.

Biasanya sajian es daluman ini disajikan dengan siraman gula merah, kuah santan, dan juga es batu. Kamu bisa menemukan kesegaran es daluman ini di setiap rumah makan yang menjual makanan khas Bali.

Es Tambring

Minuman khas Bali yang satu ini benar-benar hanya bisa kamu jumpai di Bali saja. Es tambring merupakan es kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa, putih telur ayam kampong, serta asam jawa. Kalau kamu melihat campuran yang disebutkan ini, pasti terdengar aneh.

Namun siapa sangka, minuman ini sangat istimewa dan segar banget. Selain segar, minuman khas Bali ini bisa bantu mengobati panas dalam dan penyakit seputar pencernaan.

Es Loloh Jamu ala Bali

Minuman khas Bali selanjutnya adalah es loloh. Dalam bahas Bali, Loloh artinya adalah jamu. Namun Loloh ini berbeda dari jamu pada umumnya. Minuman khas Bali yang satu ini memiliki rasa pedas, manis, asam, dan asin yang tercampur menjadi satu.

Tak banyak orang juga yang menyebut minuman ini dengan Loloh Cemcem karena mengandung daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan, serta baik juga untuk ibu menyusui.

3 dari 4 halaman

Minuman Khas Bali yang Unik

Kopi Khas Bali

Buat kamu pecinta kopi, menikmati kopi dari daerah asal menjadi sebuah kewajiban. Memang, kopi khas dari daerah tertentu pastinya memiliki citarasa yang berbeda. Walaupun nampaknya terlihat pada sajian kopi pada umumnya, namun kopi khas daerah tertentu ini memiliki sesuatu yang menonjol.

Salah satunya adalah kopi Bali. Hal yang membedakan kopi ini dengan yang lainnya adalah proses pembuatannya yang dilakukan masih tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Kopi Bali ini merupakan produksi kopi olahan yang memiliki aroma khas.

Teh Jahe

Sama seperti namanya, teh jahe ini merupakan minuman teh yang dicampur dengan jahe. Begitu juga dengan rasanya, ada campuran antara rasa teh dan juga jahe yang sangat menyegarkan tentunya.

Es Bir

Kalau minuman khas Bali yang satu ini berbeda dengan namanya. Walaupun namanya bir, ternyata tidak ada campuran bir atau alkohol sedikitpun di dalamnya. Es bir ini merupakan salah satu minuman khas Bali berupa campuran antara kelapa muda dan perasan jeruk nipis.

Minuman ini sudah sangat terkenal, apalagi dikalangan turis. Wajib kamu coba nih saat berkunjung ke Bali. Cocok dengan nuansa Bali yang terik-teriknya.

4 dari 4 halaman

Minuman Khas Bali dengan Aneka Alkohol

Tuak

Bagi kamu penikmat minuman beralkohol, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya tuak. Ya, tuak ini merupakan salah satu minuman beralkohol atau minuman keras yang berasal dari Indonesia. Nah, di Bali sendiri minuman tuak ini juga sangat terkenal khususnya di kalangan wisatawan mancanegara. Minuman khas Bali ini terbuat dari fermentasi beras, nira, atau buah yang mengandung gula lainnya.

Arak Bali

Tidak hanya tuak, ada minuman dengan nuansa sejenis yang khas Bali, yaitu Arak Bali. Minuman khas Bali ini bisa dibilang sekelas dengan wine.Arak Bali ini terbuat dari hasil penyulihan kelapa. Kandungan alkohol pada Arak Bali ini cukup tinggi, jadi bisa memberikan efek mabuk yang luar biasa.

Brem

Masih dari minuman sejenis, namanya adalah Brem. Bukan makanan, Brem merupakan minuman khas Bali yang warnanya mirip dengan kopi. Brem ini minuman yang mengandung alkohol, yang dihasilkan dari fermentasi ketan dengan ragi. Minuman khas Bali ini Ssangat mudah ditemukan.