Sukses

7 Gambar Lucu Bahasa Sunda, Buat Kamu yang Ingin Lebih Mengenalnya

Bahasa Sunda dituturkan oleh setidaknya 42 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terdiri dari ragam bahasa di berbagai daerah. Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan menyatakan, berdasarkan data terakhir tepatnya pada 2017, Indonesia memiliki 652 bahasa daerah.

Pulau Jawa termasuk daerah yang memiliki ragam bahasa. Di sebagian besar wilayah Jawa Barat dan Banten, bahasa Sunda merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan oleh warganya. Bahasa daerah, termasuk pula bahasa Sunda menjadi bahasa sehari-hari masyarakat sekitar. Bahasa ini digunakan untuk berinteraksi satu sama lain mulai dari tatap muka maupun di media sosial.

Bahkan Facebook sudah sejak lama memberi pilihan bahasa Sunda di pengaturan bahasanya. Dalam berinteraksi di jejaring sosial baik itu berkirim pesan atau berbagi informasi, gambar lucu bahasa Sunda kerap digunakan. Gambar lucu bahasa Sunda nyatanya mampu merepresentasikan perasaan atau ungkapan seseorang dalam bahasa Sunda.

Gambar lucu bahasa Sunda juga menjadi meme atau guyonan yang menghibur dan menyenangkan. Berikut beberapa contoh gambar lucu bahasa Sunda yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,  Selasa (30/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Keunikan bahasa Sunda yang lucu

Dari segi linguistik, bersama bahasa Baduy, bahasa Sunda membentuk suatu rumpun bahasa Sunda yang dimasukkan ke dalam rumpun bahasa Melayu-Sumbawa. Bahasa Sunda memiliki khas tersendiri baik dari dialek, fonologi, maupun pemilihan kata.

Ada beberapa kata yang ketika dijadikan kalimat membuat bahasa Sunda terdengar unik dan lucu. Keunikan ini dapat dilihat dari gambar lucu bahasa Sunda diatas. Gambar lucu bahasa Sunda tersebut menggambarkan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Sunda dan membentuk satu kalimat yang cukup unik dan lucu.

Jika dalam bahasa Inggris kalimat tersebut berbunyi:

Miss, are you drinkin tea with 'ur sister?

Maka terjemahan dalam bahasa Sunda akan menjadi:

Teh, teteh teh ngeteh sama tetehnya teteh, teh?

Wah banyak tehnya, ya.

3 dari 8 halaman

Orang Sunda susah bilang 'F'

Orang yang menuturkan bahasa Sunda kerap disebut tak dapat mengucapkan huruf 'F' atau 'V'. Artinya kata apapun yang mengandung huruf 'f' atau 'v' akan diucapkan dengan pengucapan huruf 'p' atau 'ep'.

Memang bahasa Sunda ditulis dengan Abjad Latin dan sangat fonetis. Ada lima suara vokal murni (a, é, i, o, u), dua vokal netral, (e (pepet) dan eu (ɤ), dan tidak ada diftong. Fonem konsonannya ditulis dengan huruf p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y.

Konsonan lain yang aslinya muncul dari bahasa Indonesia diubah menjadi konsonan utama: f -> p, v -> p, sy -> s, sh -> s, z -> j, dan kh -> h. Ini yang membuat penutur bahasa Sunda akan mengganti apapun yang mengandung huruf 'f' dan 'v' menjadi 'p'.

 

4 dari 8 halaman

Kosakata bahasa Sunda unik dan khas

Bahasa Sunda dituturkan oleh setidaknya 42 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten,wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes dan Kali Serayu Cilacap, sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda.

Bahasa Sunda memilih jutaan kosakata. Beberapa kosakata memiliki keunikan yang menjadi khas tersendiri di bahasa Sunda. Seperti kosakata dengan akhiran 'ing' yang ada pada gambar lucu bahasa Sunda diatas.

5 dari 8 halaman

'Jatuh' memiliki banyak variasi kosakata dalam bahasa Sunda

Perbendaharaan kata dalam bahasa Sunda bahkan sangat bervariasi. Contoh saja, kata 'jatuh' yang dalam bahasa Sunda memiliki banyak istilah untuk mengungkapkannya. Ketika menyatakan seseorang jatuh ke depan, bahasa Sunda memiliki kosakata tikusruk. Tetapi jika jatuh ke belakang, disebut tijengkang.

Kalau jatuh terlempar, itu tijungkel. Jatuh karena tersandung berarti tikosewad, tapi jika jatuh sambil meluncur itu namanya tigolosor atau ngagolosor. Masuk dalam lubang namanya tigebrus, tapi bila jatuh terpeleset itu tiseureuleu.

6 dari 8 halaman

Percakapan lucu bahasa Sunda

Bahasa Sunda sudah pasti dituturkan dalam interaksi sehari-hari seperti percakapan. Candaan dalam bahasa Sunda pun sudah lumrah dilakukan. Berbagai meme dalam bahasa Sunda sudah banyak ditemui.

Nah, gambar lucu bahasa Sunda ini cocok bagi kamu yang sedang men-jomblo. Digambarkan dalam adegan Spongebob dan Patrick yang menjual coklet pada ikan yang pskio pada coklet.

7 dari 8 halaman

Judul film versi bahasa Sunda

Apa jadinya jika serangkaian judul film Hollywood di terjemahkan dalam bahasa Sunda? Hal ini yang dapat kamu temukan di gambar lucu bahasa Sunda berikut.

Gambar tersebut menampilkan judul-judul film Hollywood yang dibuat versi bahasa Sundanya. Sungguh kocak dan menggelitik.

8 dari 8 halaman

Nama musisi Hollywood dengan bahasa Sunda

Siapa sangka ada musisi Hollywood yang memiliki nama bak kosakata bahasa Sunda. Musisi tersebut adalah Sia, seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Australia. Namanya memang kerap disamakan dengan kosakata bahasa Sunda yaitu Sia, yang berarti kamu.

Karena pengaruh budaya Jawa pada masa kekuasaan kerajaan Mataram-Islam, bahasa Sunda terutama di wilayah Parahyangan mengenal undak-usuk atau tingkatan berbahasa, mulai dari bahasa halus, bahasa loma/lancaran, hingga bahasa kasar.

Nah, 'sia' masuk dalam undak unduk bahasa kasar, lho. Jadi jangan salah menggunakan kata ini, ya ketika berbicara dengan orang yang lebih tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini