Sukses

6 Jenis Waralaba Minuman yang Laris di Indonesia, Bisa jadi Inspirasi Usaha

Liputan6.com, Jakarta Waralaba minuman kerap menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Di Indonesia, waralaba atau franchising kian menjamur keberadaannya. Waralaba yang tumbuh pesat di Indonesia antara lain seperti waralaba kuliner, retail, atau jasa. Bisnis waralaba dinilai mampu meraup keuntungan besar bagi para pelakunya.

Waralaba di Indonesia saat ini tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya merupakan brand asing. Tak mau kalah dari waralaba asing, para pelaku waralaba lokal pun makin berkembang. Munculnya waralaba ini membuat banyak orang memutuskan untuk mulai berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, dengan dukungan teknologi seperti e-commerce yang menawarkan jasa pesan-antar juga memudahkan penggemar kuliner untuk menjangkau apa yang mereka inginkan. Waralaba minuman merupakan salah satu waralaba yang banyak ditemui saat ini. Peluang bisnis waralaba minuman yang besar makin membuat bisnis ini kian diminati.

2 dari 8 halaman

Mengenal bisnis waralaba

Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Berdasarkan perundang-undungan di Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Istilah waralaba berasal dari gabungan kata wara yang artinya lebih, dan laba artinya keuntungan. Waralaba dapat dibagi menjadi dua yaitu waralaba luar negeri dan waralaba dalam negeri. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.

Waralaba dalam negeri juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup peranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Salah satu jenis waralaba paling sukses adalah waralaba kuliner. Jenis bisnis ini termasuk dalam waralaba minuman dan makanan. Di Indonesia sudah menjamur waralaba minuman baik dari asing maupun lokal. Ada beberapa jenis waralaba minuman yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dilihat dari peminatnya.

Jika Anda sedang ingin memulai bisnis waralaba minuman atau memilih waralaba minuman apa yang cocok untuk diambil, berikut pilihan waralaba minuman yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,  Selasa (30/4/2019). 

3 dari 8 halaman

Waralaba minuman teh

Teh merupakan minuman yang paling digemari semua umur. Peluang ini membuat para pelaku bisnis memanfaatkan teh sebagai bisnis waralaba minuman yang menguntungkan. Teh kemudian dikreasikan dengan ragam variasi rasa yang mampu menarik pembeli.

Bahkan kini bisnis teh sudah merambah pada jenis Thai Tea yang makin hits. Teh asal Thailand ini mulai menjamur keberadaannya dan begitu disukai orang Indonesia.

Waralaba minuman teh sudah banyak ditemui mulai dari di mall, pusat perbelanjaan, pinggir jalan, hingga acara-cara tertentu. Sudah banyak pihak yang menawarkan bisnis waralaba minuman teh ini. Selain modalnya murah, Anda tak perlu memiliki kemampuan khusus untuk dapat membuat teh yang dijual.

4 dari 8 halaman

Waralaba minuman kopi

Minuman paling populer sepanjang masa lainnya adalah kopi. Salah satu waralaba minuman kopi yang paling terkenal adalah Starbucks. Namun, kini sudah banyak bisnis waralaba kopi lokal yang cukup terjangkau untuk dipilih.

Berbagai kafe, kedai, atau stand merupakan bentuk waralaba kopi yang begitu menjanjikan. Perusahaan kopi di Indonesia juga sudah banyak yang mulai membentuk waralaba minuman ini. Dari skala kecil hingga besar, waralaba kopi adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mulai berbisnis lewat waralaba.

5 dari 8 halaman

Waralaba minuman bubble

Bubble tea merupakan minuman kekinian yang masih eksis hingga saat ini. Waralaba minuman ini sudah tersebar di berbagai daerah dengan ragam brand dan variasi produk. Minuman dengan butiran kenyal dari tapioka ini begitu digemari kaum muda. Selain itu banyak dari para waralaba tersebut mengemas minuman ini dengan kemasan yang lucu dan menarik.

Biasanya waralaba ini menjual produknya dari stand yang ditempatkan di pusat keramaian. Ada pula bisnis bubble tea yang mengambil tempat seperti kafe atau kedai. Banyak paket waralaba minuman buble yang ditawarkan dengan modal murah.

6 dari 8 halaman

Waralaba minuman cokelat

Minuman cokelat merupakan minuman yang banyak digemari semua kalangan. Banyak waralaba minuman cokelat yang bisa Anda pilih. Minuman cokelat biasanya disajikan dalam keadaan panas atau dingin bersama es.

Anda dapat memilih waralaba minuman cokelat sederhana dengan mendirikan stand di pusat keramaian. Atau jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa mencoba waralaba yang lebih besar seperti membuka kafe atau kedai.

7 dari 8 halaman

Waralaba Cappucino Cincau

Cappucino Cincau menjadi minuman hits dan kekinian selama beberapa tahun terakhir. Cappucino Cincau adalah minuman kopi yang dipadukan dengan serutan cincau yang menyegarkan. Fenomena Cappucino Cincau membuat bisnis waralaba satu ini begitu digencarkan.

Sudah banyak pewaralaba yang menawarkan bisnis Cappucino Cincau ini. Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak pilihan waralaba Cappucino Cincau ini. Pilihlah waralaba yang terpercaya dan sudah terkenal produknya.

8 dari 8 halaman

Waralaba jus

Jus adalah minuman menyehatkan kaya nutrisi. Bahan baku jus juga mudah untuk didapatkan dibanding dengan bahan waralaba minuman lain. Waralaba minuman jus buah sudah banyak dan terkenal memiliki penawaran harga paket kemitraan yang sangat banyak.

Jus juga merupakan minuman yang banyak diminati baik karena kesegaran dan kesehatannya. Konsep waralaba jus ini merupakan bisnis yang tak pernah mati karena minuman jus tak pernah redup eksistensinya.