Sukses

Google Sheets Bisa Dimanfaatkan untuk Mentranslate, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara mempelajari bahasa asing salah satunya adalah mengartikan berbagai kosakata yang ada. Jika dahulu diperlukan kamus berbentuk buku fisik, kini kamu dapat dengan mudah mengartikan kosakata bahasa asing dengan aplikasi ponsel. Salah satu yang terkenal adalah layanan Google Translate.

Banyak cara yang lebih efisien untuk melacak kosakata bahasa asing yang penting daripada kamus genggam. Jika kamu mempelajari bahasa baru atau membuat terjemahan dasar, kamu bisa coba gunakan rumus Google Translate di Google Sheets untuk dapat mengartikan kosakata dengan cepat dan akurat.

Google Sheets merupakan produk Google yang memungkinkan kamu untuk dapat mengolah data laiknya software Excel. Dengan Google Sheets kamu bisa mengolah data berupa angka, grafik, formula, tabel, dan lain sebagainya secara online.

Menariknya, ternyata Google Sheets bisa digunakan untuk menerjemahkan kosakata dalam berbagai bahasa. Dengan fitur ini, kamu dapat mengartikan banyak kosakata secara cepat dan mudah. Nah, jika kamu penasaran bagaimana caranya, berikut cara menerjemahkan kosakata ke berbagai bahasa menggunakan Google Sheets yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(30/4/2019).

2 dari 5 halaman

Mengakses Google Sheets

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses Google Sheets di PC atau ponselmu. Untuk dapat mengakses Google Sheets kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Untuk mengakses Google Sheets melalui PC kamu dapat membuka browser dan masuk ke akun Googlemu.

Setelah itu pilih opsi Google aps (ikon kotak di pojok kanan layar), lalu pilih Sheets. Pada opsi "Start a new spreadsheet" pilih opsi "blank". Kamu akan dibawa menuju tampilan spreadsheet seperti pada Excel. Saat sudah mendapatkan tampilan spreadsheet ini kamu bisa mulai mengartikan kosakata yang kamu inginkan.

Untuk mengakses Google Sheets di ponsel atau gadget lainnya, kamu dapat mengunduh aplikasi Google Sheets di Play Store atau Apps Store. Aplikasi ini gratis dan kamu dapat mengaksesnya menggunakan akun Googlemu.

3 dari 5 halaman

Rumus translate di Google Sheets

Untuk dapat mentranslate kosakata atau kalimat kamu harus menggunakan rumus atau sintaks yang sudah ditentukan. Berikut rumus yang dapat digunakan untuk mentranslate kosakata di Google Sheets:

GOOGLETRANSLATE(text, [source_language, target_language])

text: Teks yang akan diterjemahkan.

Value untuk teks harus dilampirkan dalam tanda kutip atau menjadi referensi ke sel yang berisi teks yang sesuai.

source_language: Bersifat opsional. source_language merupakan kode bahasa dua huruf dari bahasa sumber, misalnya "id" untuk bahasa Indonesia atau "ko" untuk bahasa Korea, atau "auto" untuk mendeteksi bahasa secara otomatis.

Jika source_language dihilangkan, target_language juga harus dihilangkan.

target_language: Juga bersifat opsional. target_language adalah kode bahasa dua huruf dari bahasa target, misal "en" untuk bahasa Inggris atau "ja" untuk bahasa Jepang.

4 dari 5 halaman

Cara translate menggunakan Google Sheets

Cara menerjemahkan kata atau kalimat di Google Sheets cukuplah mudah. Seperti memasukkan rumus pada Excel, kamu akan dengan cepat menerjemahkan banyak kata dan kalimat. Hanya dalam hitungan detik ratusan kata dapat kamu terjemahkan menggunakan fitur ini.

Masukkan kata dalam satu bahasa dalam sel, dan kemudian gunakan rumus = GoogleTranslate (teks, source_language, target_language) di sel lain untuk menerjemahkannya secara otomatis. Kamu bahkan dapat menyeret formula sel rumus ke bawah untuk menerapkan rumus ini ke lebih dari satu sel.

Tak hanya satu kata, kamu dapat menerjemahkan lebih dari satu kata pada satu sel, dengan kata lain kamu dapat menerjemahkan satu kalimat sekaligus pada satu sel.

Ada beberapa cara penerapan rumus translate ini. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Contoh dari penerapan rumus Google Translate ini diantaranya adalah:

- =GOOGLETRANSLATE(“Hello World”,”en”,”es”)

Kamu bisa mengetiikan langsung rumus dengan teks bersama source_language dan target_language. Kemudian tekan enter untuk mendapatkan hasilnya.

- =GOOGLETRANSLATE(A2,B2,C2)

Kamu juga bisa menerapkan contoh rumus ini dengan keterangan:

A2: TeksB2: source_languageC2: target_language

- =GOOGLETRANSLATE(A2)

Cara yang terakhir adalah kamu dapat menggunakan fitur deteksi bahasa otomatis. Cukup dengan menseleksi sel kata yang ingin diterjemahkan.

5 dari 5 halaman

Kode bahasa dalam untuk source_language dan target_language

Formula ini tampaknya berfungsi untuk semua bahasa yang didukung oleh Google Translate, yang jumlahnya lebih dari 100. Bahkan fitur ini mampu menampilkan hasilnya dengan berbagai jenis huruf dan alfabet yang benar. Kamu hanya perlu mengetahui kode 2 huruf untuk bahasa tersebut, yang dapat kamu temukan pada daftar kode negara yang telah ditetapkan menurut ISO 639-1 Code.

Berikut beberapa kode bahasa yang mungkin perlu kamu tahu:

Indonesia: id

Jawa: jv

Inggris: en

Jepang: ja

Korea: ko

Italia: it

Latin: la

China: zh

Perancis: fr

India: hi

Jerman: de

Rusia: ru

Spanyol: es

Loading