Sukses

Sering Dilakukan, Ternyata Ini 7 Kesalahan Saat Memakai Maskara

Jangan lakukan kesalahan ini lagi saat memakai maskara.

Liputan6.com, Jakarta Makeup merupakan senjata utama bagi para perempuan untuk memoles wajahnya. Agar terlihat sempurna, tak jarang banyak perempuan rela menggunakan berbagai produk untuk menutupi kekurangan yang ada.

Hampir setiap sudut bagian yang ada di wajah, memiliki produk riasannya masing-masing. Salah satunya adalah untuk bulu mata, yaitu dengan menggunakan maskara.

Penggunaan maskara kerap kali dianggap minimalis. Soalnya maskara merupakan salah satu makeup yang wajib dikenakan sehari-hari.

Hal ini tentunya berguna untuk mempergelap, mempertebal, memperpanjang, dan memperjelas bulu matamu. Karena biasa digunakan dalam sehari-hari, masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat mengaplikasikannya.

Ya, tanpa disadari ternyata beberapa orang melakukan cara yang salah saat mengaplikasikan maskara ke bulu matanya. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, kebiasaan salah yang sering dilakukan saat mengenakan maskara, Selasa (30/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kesalahan Saat Memakai Maskara

Mengaplikasikan maskara ke arah atas

Saat menggunakan maskara, pasti kamu terbiasa mengaplikasikannya dengan menyapu bulu mata ke atas, bukan? Mengaplikasikannya dengan cara seperti ini akan membuat maskara mengenai seluruh bulu mata kamu.

Untuk mengaplikasikan maskara yang benar, kamu bisa menggerakkan kuas dengan arah zig zag, ke kiri dan ke kanan. Hal ini agar seluruh bulu mata terlapisi maskara dan bisa mendapatkan bulu mata yang lentik dengan sempurna.

Menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara

Setelah kamu mengaplikasikan maskara ke bulu mata, ada baiknya jangan langsung menjepit bulu mata. Hal ini tidak akan membuat bulu mata kamu menjadi lentik, namun hanya membuat bulu mata menjadi rontok. Hal ini dikarenakan bulu mata yang sudah dilapisi dengan maskara akan menjadi keras, lengket, tidak fleksibel, juga akan mudah rapuh.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara ke bulu mata. Jepit bulu mata dengan alat khusus, kemudian aplikasikan maskara dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Kesalahan Saat Memakai Maskara

Terlalu banyak menggunakan maskara

Kalau kamu berpikir dengan menggunakan berlapis-lapis maskara bisa membuat bulu mata menjadi makin lentik dan tahan lama, maka cara tersebut kurang tepat. Hal ini hanya membuat bulu mata kamu terasa lengket dan berat. Jadi, kamu hanya perlu mengaplikasikan dua hingga tiga lapisan maskara saja untuk mendapatkan bulu mata yang terlihat indah.

Hanya mengaplikasikan maskara pada satu sisi

Mungkin kamu terbiasa menggunakan maskara hanya pada satu sisi bulu mata saja. Padahal cara ini kurang tepat. Kamu tidak akan mendapatkan bulu mata yang lentik secara keseluruhan. Oleh karena itu, kamu perlu mengaplikasikan maskara ke seluruh bulu mata kamu. Baik yang ada pada bagian atas maupun bawah.

4 dari 5 halaman

Kesalahan Saat Memakai Maskara

Terlalu sering memompa maskara

Kalau kamu terbiasa memompa aplikator atau kuas maskara, maka sebaiknya kamu perlu menghindari kebiasaan yang kurang tepat ini. Memompa maskara hanya akan membuat maskara menjadi lebih cepat kering dan membuat isinya menjadi menggumpal.

Hal ini disebabkan oleh adanya udara yang masuk ke dalam botol saat maskara dipompa. Maka sebaiknya, cukup putar aplikator atau kuas saat masih di dalam botol untuk mendapatkan cairan maskara di dalamnya.

Tidak pernah mengganti maskara dalam jangka waktu yang lama

Sebagian orang berpikir bahwa menggunakan maskara yang sama dalam jangka waktu yang lama adalah ide yang baik. Tapi ternyata tidak. Produk makeup dapat dengan mudah membawa bakteri, sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti produk makeup secara rutin, untuk menghindari infeksi atau ketidaknyamanan lainnya. Perlu juga memperhatikan tanggal kadaluwarsa produk, yang merupakan cara aman agar terhindar dari infeksi.

5 dari 5 halaman

Tidur dengan menggunakan maskara masih di bulu mata

Kalau kamu terbiasa atau tidak sengaja meninggalkan maskara di bulu mata saat tidur, maka kamu perlu menghindari kebiasaan ini. Maskara yang tertempel di bulu mata terlalu lama, akan mengakibatkan keruskan pada bulu matamu.

Oleh karena itu, saat sebelum tidur, pastikan untuk membersihkan maskara yang masih melekat di bulu mata. Selain itu, untuk merawat bulu mata, kamu bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.