Sukses

10 Cara Mengatasi Rasa Nyeri di Tubuh Tanpa Menggunakan Obat

Cara mengatasi rasa nyeri bisa tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi rasa nyeri ternyata bisa tanpa obat. Tubuh sering kali mengalami nyeri atau sakit dikarenakan suatu hal. Nyeri ini sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi aktifitas sehari-hari.

Beberapa nyeri yang sering terjadi pada tubuh di antaranya adalah nyeri gigi, nyeri otot, nyeri saat menstruasi dan lain sebagainya. Nyeri ini muncul tiba-tiba tanpa diinginkan.

Jika nyeri sudah menghampiri tubuh, maka secepatnya kamu ingin menghilangkan rasa nyeri tersebut. Solusinya mungkin harus mengonsumsi obat-obatan tertentu pereda nyeri di tubuh.

Beberapa cara mengatasi rasa nyeri bisa kamu lakukan di manapun dan kapanmu. Selain itu, jika mungkin kamu lebih memilih untuk tidak mengonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan nyeri, kamu juga bisa menggunakan obat herbal, atau makanan lain yang bisa bermanfaat meredakan nyeri seperti obat nyeri.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara mengatasi rasa nyeri di tubuh tanpa menggunakan obat-obatan kimia yang dilansir dari Bright Side, Selasa (30/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rasa Nyeri

1. Coklat Hitam untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jika tenggorokanmu sakit karena masalah kesehatan seperti batuk, kamu bisa memakan sepotong coklat hitam untuk meredakan sakitnya. Pilihlah coklat yang mengandung banyak kakao di dalamnya.

Menurut para ilmuwan, cokelat dapat menekan batuk dan menyembuhkan sakit tenggorokan bahkan lebih baik daripada obat konvensional.

2. Meringankan Gejala Migrain dengan Banyak Minum Air

Jika kamu mengalami sakit kepala atau migrain kamu bisa memperbanyak minum air. Para ahli menyarankan untuk meminum air setidaknya satu gelas setiap dua jam.

Hal ini bisa meringankan gejala migrain karena kebanyakan sakit kepala atau migrain disebabkan oleh dehidrasi.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rasa Nyeri

3. Kurkumin untuk Menghentikan Rasa Sakit Karena Peradangan

Tambahkan beberapa kunyit atau ekstraknya dan kurkumin sebagai suplemen makanan, jika kamu menderita peradangan. Kunyit, bumbu yang sangat populer di Asia, banyak digunakan dalam pengobatan alternatif berkat sifat anti-inflamasi dari komponennya yaitu kurkumin.

Beberapa penelitian telah membandingkan curcumin dengan obat konvensional, dan menemukan bahwa itu sama baiknya dalam menghilangkan rasa sakit seperti ibuprofen. Dokter biasanya merekomendasikan mengambil kunyit atau kurkumin dalam kapsul untuk pasien dengan sakit dan nyeri sendi.

4. Perenggangan untuk Meredakan Sakit Punggung

Peregangan dapat melepaskan ketegangan pada otot yang menompang tulang belakang, dan meningkatkan jangkauan gerakan dan mobilitas fisik secara keseluruhan. Kamu bisa melakukan perenggangan dengan cara lutut ke dada, yoga dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rasa Nyeri

5. Menghilangkan Sakit Kepala dengan Menghirup Minyak Esensial

Jika kamu mengalami sakit kepala, kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk meredakan sakit kepala yang kamu derita. Caranya, teteskan minyak esensial ke tisu dan hirup aromanya.

Kamu juga bisa gunakan minyak esensial di bak mandimu untuk relaksasi. Selain itu, minyak esensial juga bisa kamu gunakan di area pelipismu atau dahi.

6. Teh Peppermint untuk Meredakan Sakit Gigi

Masukkan satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama 20 menit. Kemudian minum rebusan tadi. Kamu juga bisa meletakkan kantong teh peppermint hangat yang basah di atas gigi yang sakit dan tahan beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Peppermint memiliki sifat mematikan rasa yang menjelaskan efeknya yang menenangkan dan menghilangkan rasa sakit. Terlebih lagi, mentol yang ditemukan di peppermint diketahui memiliki sifat antibakteri.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rasa Nyeri

7. Mandi dengan Garam Epsom untuk Sakit Tulang dan Persendian

Tambahkan 2 gelas garam epsom kedalam bak mandi dan gunakan untuk berendam selama 15 menit. Garam Epsom kaya akan magnesium yang mengatur lebih dari 300 enzim dalam tubuh dan membuat sistemnya bekerja dengan baik. Ini juga menghilangkan racun dan mengurangi stres dan peradangan.

8. Berjalan-jalan untuk Melepaskan Endorfin

Aktivitas fisik, seperti berolahraga atau berjalan, melepaskan endorfin, atau bahan kimia otak, yang mengurangi rasa sakit. Selain itu, endorfin meningkatkan respons imun dan menimbulkan perasaan euforia.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rasa Nyeri

9. Konsumsi Pisang untuk Redakan Nyeri Haid

Pisang kaya akan kalium dan vitamin B6 yang akan mengurangi kram otot dan mencegah Anda menahan air dan merasa kembung.

10. Berikan Panas untuk Redakan Kram

Gunakan kantung air panas untuk meredakan kejang atau kram otot. Jika kamu tidak memilikinya, buat kantung air panas improvisasi dari botol plastik.

Isi botol dengan air panas, bungkus dengan handuk, dan oleskan ke bagian yang sakit. Panas membantu otot untuk rileks, meredakan rasa sakit, dan mengurangi rasa tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini