Sukses

Tak Hanya Cantik, 5 Bupati Ini Punya Segudang Prestasi

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini publik stengah dikejutkan dengan berita Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi kepada Bupati Talaud, Sri Wahyumi Manalip pada Senin (29/4/2019). Tertangkapnya Bupati Talaud ini menambah daftar panjang bupati-bupati atau kepala daerah yang tertangkap oleh KPK karena kasus korupsi. 

Dalam catatan KPK sejak 2004 lalu, setidaknya ada kurang lebih 99 kepala daerah yang terseret KPK. Mulai dari Gubernur, Wali Kota, maupun Bupati yang masih menjabat. Tak mengenal gender, beberapa dari tersangka tersebut tak sedikit Bupati perempuan.

 

Walaupun ditengah banyaknya kepala daerah yang melakukan korupsi, ternyata masih ada pula bupati-bupati yang dikenal cantik namun memiliki segudang prestasi dalam membangun daerahnya.

Penasaran siapa saja Bupati cantik yang mempunyai segudang prestasi? Berikut bupati cantik yang memiliki segudang prestasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2019).

2 dari 6 halaman

Asmin Laura Hafid - Bupati Nunukan

Hj. Asmin Laura Hafid, S.E. adalah Bupati Nunukan periode 2016 hingga 2021. Menggantikan bupati sebelumnya, Basri, setelah terpilih dalam Pilkada Nunukan 2015, dan berpasangan dengan wakil bupati Paridil Murad. Bupati cantik ini dilantik pada 1 Juni 2016.

Terpilihnya Asmin Laura Hafid ini juga menjadi sebuah rekor sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Bupati Nunukan. 

Saat menjabat sebagai Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid kembali menerima penghargaan Top Pembina BUMD 2019 di ajang Majalah Indonesia Business News. Acara penganugerahan tersebut berlangsung di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 37, Jakarta Selatan, pada Senin siang (29/4/2019).

3 dari 6 halaman

Karolin Margret Natasa - Bupati Landak

Karolin Margret Natasa merupakan Bupati Landak, Kalimantan Barat periode 2017-2022. Sebagai bupati, prestasinya terbilang mengagumkan. Meski baru menjabat pada 2017, sosok kelahiran 2 Maret 1982 ini oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia ditetapkan sebagai Bupati terbaik se-Kalimantan 2017. Bupati Landak ke-3 itu mampu mengungguli 46 bupati se-Pulau Kalimantan.

Karolin mengawali kariernya di politik sebagai anggota DPR RI. Dalam langkahnya ke Senayan pada 2009, sosok yang akrab disapa Karol ini meraih posisi ketiga anggota DPR RI yang memperoleh suara terbanyak se-Nusantara.

 

4 dari 6 halaman

Ni Putu Eka Wiryastuti - Bupati Tabanan

Ni Putu Eka Wiryastuti adalah bupati Tabanan yang menjabat pada periode 2010-2015 dan terpilih kembali untuk periode 2015-2020. Ia adalah putri dari bupati sebelumnya yakni Nyoman Adi Wiryatama.

Prestasi yang ditorehkan baru-baru ini adalah tiga kali berturut-turut Pemerintah Kabupaten Tabanan meraih penghargaan PPD (Perencanaan Pembangunan Daerah) terbaik tingkat Provinsi yang sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara sebelum diganti pada tahun 2018. Bupati cantik ini juga pernah meraih penghargaan berupa Anugerah Citra Indonesia (ACI) Tahun 2019, kategori The Most Inspiring Young Woman Entrepreneur of The Year.

Salah satu pencapaian terbesar selama ia menjadi bupati adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan sepanjang 78 km.

5 dari 6 halaman

Christiany Eugenia Tetty Paruntu - Bupati Minahasa Selatan

Selain dikenal fashionable, prestasi bupati cantik ini juga cukup menonjol. Di antaranya sebagai pembina Karang Taruna tingkat nasional. Selain itu, di level provinsi, ia juga sempat memperoleh penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Sulut tingkat kabupaten tahun 2017.

Bupati yang juga duduk sebagai bendahara umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ini juga pernah diganjar penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Sulut tingkat kabupaten tahun 2017.

Anugerah Pangripta Nusantara merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Kabupaten Minsel sendiri berhasil menjadi terbaik se-Sulut dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

6 dari 6 halaman

Mirna Annisa - Bupati Kendal

dr. Mirna Annisa, M.Si adalah dokter, politikus dan Bupati Kendal yang menjabat pada periode 2015-2020. Sebelum menjadi bupati, ia menjabat wakil ketua KNPI Jawa Tengah.

Di penghujung tahun 2018, Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi secara beruntun menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun dari lembaga masyarakat dan swasta.

Sebelumnya, Pemkab Kendal telah menerima apresiasi penghargaan prestasi Proklim, Top IT dan TELCO. Terbaru, Pemkab Kendal menerima apresiasi Penghargaan Kabupaten Terbaik se-Indonesia dalam melaksanakan Inovasi Penerapan teknologi penyelenggaraan Infrastruktur dari Kementerian PUPR RI.

Atas prestasi tersebut, Kabupaten Kendal menerima Hadiah Pembangunan Program Pengembangan PUPR senilai Rp 20 miliar.

Loading