Sukses

7 Cara Makan yang Harus Dibiasakan Agar Tubuh Selalu Sehat

Liputan6.com, Jakarta Makan adalah hal yang dibutuhkan oleh manusia karena merupakan cara untuk mendapatkan energi. Makan juga merupakan kegiatan yang wajib di lakukan karena jika tidak makan, maka manusia akan kelaparan bahkan bisa meninggal. Manusia bisa makan berbagai jenis olahan mulai dari daging, sayuran, buah-buaha, dan lain sebagainya. 

Olahan-olahan ini pastinya akan membuat selera makan menjadi lebih meningkat dan membuat nafsu makan menjadi lebih tinggi. Namun makan yang tidak sesuai atau makan secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan sepeti obesitas atau kegemukan. Maka dari itu, kamu harus makan secukupnya dan seperlunya saja.

Mungkin sebagian orang juga membatasi aktifitas makannya karena berat badan yang berlebihan atau sedang dalam proses diet. Mereka akan mengurangi jumlah makanan yang mereka konsumsi agar lebih bermanfaat bagi tubuh dan tidak menimbulkan kenaikan berat badan.

Selain itu diet juga bisa digunakan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat juga bisa didapatkan dengan makan makanan yang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Selain itu cara makan yang benar juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara makan yang baik dan bisa kamu biasakan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2019).

2 dari 8 halaman

1. Makan Perlahan dan Kunyah dengan Baik

Cara makan yang baik pertama adalah dengan makan secara perlahan dan mengunyahnya dengan baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan secara cepat bisa membuat berat badan lebih cepat naik. Makan perlahan dan mengunyahnya dengan baik akan membuat kamu merasa kenyang.

3 dari 8 halaman

2. Minum Air Secara Teratur

Minum air secara teratur bisa membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Minum air sebelum makan juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa kenyang, sehingga tidak akan mengkonsumsi makanan atau kalori secara berlebihan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum setengah liter air 30 menit sebelum makan makan akan membuat mereka makan lebih sedikit, dari pada orang yang tidak minum sebelumnya.

Penelitian yang berlangsung selama 12 minggu menyimpulkan bahwa subjek uji, yang minum air sebelum makan, kehilangan 44 persen lebih berat badannya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4 dari 8 halaman

3. Hindari Minuman Manis

Mengkonsumsi gula berlebihan adalah penyebab terbesar masalah diabetes dab obesitas, hingga penyakit jantung. Minum hanya satu kaleng soda yang mengandung sekitar 52 gram gula bisa menyebabkan kelebihan gula.

Tubuh pada umumnya hanya membutuhkan 37,5 gram gula sehari untuk seorang pria, untuk wanita hanya 25 gram saja. Jika kamu ingin mengkonsumsi minuman manis, gantilah dengan jus buah segar.

5 dari 8 halaman

4. Makan dengan Tenang atau Tanpa Gangguan

Makan dengan tenang atau tanpa gangguan seperti menonton televisi, atau bermain game, akan membuat kamu makan lebih sedikit dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Kamu juga akan lebih sadar untuk makan makanan sehat jika kamu makan tanpa gangguan.

6 dari 8 halaman

5. Sarapan Setiap Hari

Tidak sarapan pada waktu pagi hari bisa merugikan kesehatanmu. Sarapan tidak hanya memberikanmu energi yang cukup dalam sehari, namun juga menurunkan kemungkinan untuk terkena diabetes, menambah berat badan, dan mencegah penyakit jantung.

7 dari 8 halaman

6. Makan di Tempat yang Cukup Terang

Makan di tempat yang terang membantu orang membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari berbagai universitas di Amerika, ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan di tempat-tempat yang terang mengkonsumsi kalori 39% lebih sedikit dari pada orang yang makan di tempat-tempat yang remang-remang.

8 dari 8 halaman

7. Makan Lebih dari 3 Kali Sehari

Dari pada makan 3 kali sehari namun dengan porsi yang sangat banyak, lebih baik kamu makan lebih dari 3 kali namun dengan porsi yang sedikit. Pada umumnya kita makan 3 kali dalam sehari.

Namun menurut penelitian hal ini akan membuat kita mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak. Kamu bisa makan beberapa kali dengan pembagian makan yang ideal. Pertama sarapan pukul 09.00, kemudian konsumsi makanan ringan pukul 11.00, makan siang sayur-sayuran pukul 13.00, konsumsi makanan ringan lagi pukul 15.00, kemudian makan malam pada pukul 18.00, dan terakhir jika kamu masih merasa lapar, kamu bisa mengkonsumsi cemilan pada pukul 20.00.