Sukses

Cara Edit Foto Pakai Subtitle Film yang Estetik, Bikin Postingan Makin Kece

Liputan6.com, Jakarta Kini menambahkan teks pada foto mirip dengan subtitle film sedang menjadi tren. Banyak bermunculan di akun media sosial, penggunanya memosting foto dengan ditambahkan teks ala subtitle film. Biasanya, teks yang ditambahkan pada foto ini berupa quotes yang menggambarkan suasana hati si pembuat.

Hasil edit foto yang estetik ini membuat banyak pengguna lainnya penasaran untuk ingin membuat hal serupa. Tentunya, hal ini bertujuan untuk memberikan tampilan update foto yang berbeda di setiap akun media sosialmu, seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook.

Buat kamu yang masih penasaran dengan cara membuat edit foto estetik ini, sudah ada salah satu akun yang di Twitter yang membeberkan cara mengedit foto estetik ini. Akun tersebut bernama @rezalifi. Dirinya mengunggah serangkaian langkah-langkah edit foto dengan teks estetik ini karena banyak yang ingin mengetahui proses pembuatannya.

Awal mulanya si Reza Alif (@rezalifi) bertanya kepada base, "Apakah ada yang mau dikasih thread edit foto seperti itu?". Sontak tweetnya banyak di reply atau dibalas oleh pengguna lainnya. Kemudian dirinya berinisiatif untuk membuat thread tentang cara mengedit foto seperti itu.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (2/5/2019) telah merangkum langkah-langkah edit foto tersebut dari akun @rezalif yang diposting pada Senin (29/4/2019). Juga sudah mendapatkan 82 retweet dan 459 likes hingga saat tulisan ini dibuat.

2 dari 5 halaman

Cara Mudah Edit Foto ala Subtitle Film yang Estetik

Cara mengedit foto dengan menambahkan teks mirip seperti subtitle film atau estetik sangatlah mudah. Ini bisa kamu lakukan cukup dengan smartphone. Baik pengguna perangkat Android maupun iOS, bisa mengedit foto seperti ini. Dilansir dari akun Twitter @rezalifi, begini cara edit foto tambah teks yang estetik seperti di film.

Pertama, kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti foto atau gambar. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan aplikasi yang dibutuhkan untuk mengedit. Di sini akan menggunakan dua aplikasi, yaitu Phonto (aplikasi yang wajib digunakan) dan VSCO Cam atau bisa diganti dengan aplikasi Lightroom atau Afterlight (bisa dipilih salah satu sesuai selera).

3 dari 5 halaman

Cara Mudah Edit Foto ala Subtitle Film yang Estetik

Kedua, pilih foto yang mau kamu edit. Kamu bisa menggunakan hasil foto hasil jepretan sendiri jauh lebih baik. Sebelumnya, kamu bisa mengganti atau mengedit filter pada foto yang ingin kamu edit. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit filter foto dengan menggunakan VSCO Cam, Lightroom, atau Afterlight.

Kalau sudah menyiapkan foto dengan filter yang diedit, buka aplikasi Phonto. Sisipkan foto yang sudah diedit dengan VSCO tadi. Kemudian tambahkan teks pada foto tersebut. Langkah-langkahnya adalah:

1. Buka aplikasi Phonto.

2. Pilih Photo Albums.

3. Pilih Crop > Auto Fit (bebas mau dicrop atau tidak. Kalau kamu mau crop, langsung saja klik Done).

4. Klik Done.

5. Klik gambarnya, klik Add Text.

4 dari 5 halaman

Menambahkan Teks ke Foto

Selanjutnya menambahkan teks dan edit style, font, size dari teksnya. Caranya seperti ini:

1. Tulis teks yang mau disisipkan.

2. Jangan lupa untuk pilih Align: Center (rata tengah).

3. Pilih font > Verdana Italic.

4. Klik Done.

5. Hingga muncul pilihan seperti gambar di atas.

5 dari 5 halaman

Mengatur Posisi Teksnya

Kemudian dilanjutkan dengan mengatur posisi teksnya.

1. Kemudian pilih size > atur hingga 0.50.

2. Pilih Move > Layout > pilih bagian ini untuk mengatur teks agar rata kanan kiri.

3. Selanjutnya pilih Style.

4. Pada menu Color, pilih Text, pilih warna kuning.

5. Masih di opsi Color, pilih Stroke, pilih warna yang mirip dengan warna kuning.

6. Pilih menu Style, pilih Shadow (bisa menggunakan pilihan yang ke-3).

Simpan Hasil Edit yang Sudah Dirasa Pas

1. Kalau kamu sudah merasa selesai, selanjutnya tinggal Save.

2. Klik icon Upload

3. Pilih Save Image.

Hasil editan foto kamu sudah siap untuk dibagikan ke seluruh media sosialmu. Dijamin makin keren.