Sukses

Perjalanan Karier Sungjae BTOB Jadi Idol Ternama, Pernah Gagal Audisi

Karier Sungjae BTOB industri hiburan Korea terbilang sukses.

Liputan6.com, Jakarta Tagar #HappySixDay dan #비투비_3대리더_절대막내_성재_생축 menghiasi trending topic di berbagai negara termasuk Korea Selatan pada Rabu malam, (1/5/2019). Dua tagar tersebut menggema di media sosial Twitter bertepatan dengan hari ulang tahun idola asal Negeri Ginseng, Yook Sungjae yang tergabung dalam grup BTOB.

Hari ini, Kamis (2/5/2019), Yook Sungjae BTOB genap berusia 24 tahun. Para penggemar BTOB yang akrab disapa Melody berlomba-lomba merayakan hari ulang tahun member termuda dalam grup itu. Misalnya, dari potong kue bersama hingga menggalang donasi bagi orang-orang yang membutuhkan.

 

Sosok Sungjae BTOB yang pekerja keras selalu lekat di hati penggemarnya. Berkarier di usia muda bagi Sungjae bukanlah suatu halangan untuk tetap mengembangkan bakatnya. Tak heran, cowok dengan suara merdu itu terbilang sukses dalam kariernya di industri hiburan Korea.

Tak hanya menjadi idola, Sungjae bahkan beberapa kali mengikuti proyek drama yang ditulis oleh penulis naskah terkenal. Selain itu, dirinya pun tergabung dalam berbagai acara ragam Korea yang membuat namanya semakin melambung. Namun, usut punya usut, pencapaiannya itu harus diawali dengan kegagalan mengikuti audisi salah satu agensi hiburan.

Lantas, seperti apa sih perjalanan karier Sungjae BTOB dari gagal ikut audisi hingga bisa sesukses sekarang? Yuk simak ulasan lengkap potret perjalanan karier Sungjae BTOB yang hari ini tengah berbahagia, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gagal Audisi JYP Entertainment.

Nama Yook Sungjae mungkin kini terdengar akrab di telinga para penggemar K-Pop. Meski demikian, Sungjae harus melewati masa kelamnya saat mencoba mewujudkan impiannya menjadi seorang idola. Saat itu, usianya masih belasan tahun.

Demi menggapai mimpinya, ia mencoba peruntungan untuk mengikuti audisi sebagai penyanyi di JYP Entertainment. Sayangnya, percobaan pertamanya itu tidak sesuai harapan. Namun, kegagalannya itu tak lantas membuatnya menyerah. Buktinya, Ia kini menjadi salah satu personel grup idola paling terkenal di Korea Selatan.

3 dari 6 halaman

2. Debut Bersama BTOB di Bawah Naungan Cube Entertainment.

Meski gagal audisi JYP Ent, perjuangan Sungjae untuk menjadi idola tetap berlanjut. Dengan segala usaha dan persiapan, akhirnya Sungjae lolos audisi di Cube Entertainment. Selama 3 tahun, bakat menyanyi dan menarinya diasah untuk bisa menjadi sosok idola berkualitas.

Bersama ke-6 member lainnya, Sungjae berhasil mewujudkan impiannya dan debut sebagai member BTOB di bawah naungan Cube Entertainment. Tanggal 21 Maret 2012 menandai awal mula kariernya bergelut untuk menjadi publik figur.

Melalui mini album bertajuk Born to Beat, Sungjae dan ke-6 membernya melenggang di panggung musik Korea Selatan. Respons netizen saat itu tak begitu bagus karena banyaknya grup idola yang juga debut di tahun yang sama.

Namun, pelan-pelan BTOB mampu bertahan di tengah persaingan ketat. Selang satu tahun setelah debut, BTOB berhasil meraih penghargaan pertamanya melalui kategori Next Generation Star dalam Golden Disc Awards 2013. Setelahnya, berbagai penghargaan diboyong Sungjae dan BTOB seperti Best Vocal Group, Best Male Group, Bonsang Award, Ballad Award, dan banyak lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Bintangi Banyak Drama Bersama Aktor Papan Atas.

Tak cukup hanya menjadi seorang idola, Sungjae BTOB juga sukses berkarier sebagai seorang aktor. Parasnya yang tampan menjadi nilai plus dirinya mendapat kepercayaan para sutradara dan penulis naskah drama. Pasalnya, Sungjae dikenal sebagai salah satu idola Korea yang pandai berakting.

Maka tak heran dirinya mendapat banyak tawaran membintangi drama. Salah satu drama hits yang Sungjae bintangi adalah Goblin. Drama yang tayang pada tahun 2016 itu sukses meraup rating tertinggi TV kabel di Korea Selatan.

Dalam drama tersebut, Sungjae beradu akting dengan banyak bintang ternama. Seperti Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Yoo In-na, dan masih banyak lainnya.

Namun, drama fiksi ilmiah tersebut menuntut Sungjae untuk memerankan peran ganda. Yakni sebagai titisan dewa yang membuatnya mau tak mau harus memerankan dua sifat yang bertolak belakang.

Sebelumnya, Sungjae juga membintangi drama Monstar, Reply 1994, Plus Nine Boys, The Village: Achiara's Secret, dan School 2015. Berkat akting kerennya itu, Ia meraih penghargaan sebagai Best Male Newcomer Award, New Star Award, Rising Star Award, Best New Actor, Star of the Year Award, dan masih banyak lagi.

5 dari 6 halaman

4. Jadi Member Tetap dalam Acara Ragam 'Master in the House'.

Korea Selatan terkenal dengan acara ragam atau Variety Shows dengan konten yang unik. Salah satunya acara ragam yang dibintangi Sungjae BTOB yaitu Master in the House atau The Butler. Acara ini tayang setiap Minggu malam dengan menghadirkan bintang tamu terkenal. Sungjae tergabung bersama Lee Seung-Gi, Yang Se Hyung, Lee Sang Yoon.

Konsep yang diusung acara ragam ini adalah pelajaran hidup yang diambil dari bintang tamu yang berperan sebagai master atau majikan. Berkat kontennya yang inspiratif, Master in The House berhasil menyabet penghargaan di antaranya Grand Award, Top Excellence Award, Excellence Award dan Male Rookie Award.

6 dari 6 halaman

5. Jadi Model Iklan Berbagai Merk Terkenal.

Paras tampan serta tubuhnya yang tinggi semampai membuat Sungjae banyak dibanjiri tawaran produk iklan. Tak tanggung-tanggung, Sungjae selalu diboyong menjadi model iklan untuk merk terkenal dunia.

Misalnya Samsung, Sprite, LG, Tony Moly, Adidas, BlackYak, Thermos, Fitz, produk make up Some By Mi dan merk ternama lainnya yang memboyong wajah Sungjae untuk mempromosikan produknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini