Sukses

7 Buah dengan Kandungan Air Terbanyak, Bantu Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sehat saat puasa diperlukan agar mampu menjalani puasa dengan baik. Saat berpuasa, tubuh rentan terkena dehidrasi. Hal ini dapat diperparah dengan aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau berada di kondisi cuaca panas. Rasa haus akan mudah terasa ketika berpuasa. 

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan Anda. Faktanya, tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah dan detak jantung yang cepat.

Para ahli umumnya merekomendasikan minum beberapa gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tapi meski minum air sangat penting, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah dan sayur.

Ada banyak buah sehat yang dapat memenuhi asupan air saat berbuka dan sahur. Berikut buah yang mengandung kadar air tertinggi yang dapat menjadi pilihan menu di bulan puasa, dilansir Liputan6.com dari Healthline Jumat(3/5/2019):

2 dari 8 halaman

Timun: 95% air

Mentimun hampir seluruhnya terdiri dari air dan juga menyediakan sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, potasium, dan magnesium. Dibandingkan dengan sayur buah kaya air lainnya, mentimun adalah salah satu yang terendah dalam jumlah kalori.

Hanya ada 8 kalori dalam setengah cangkir (52 gram) sajian, dan kadar airnya membuat mereka sangat menyegarkan untuk disantap saat berbuka.

Anda dapat makan porsi mentimun yang relatif besar tanpa menambahkan sejumlah besar kalori ke dalam makanan berbuka, yang membantu menjaga berat badan. Sangat mudah untuk memasukkan mentimun ke dalam makanan Anda.

Mereka biasanya ditambahkan ke salad dan sandwich, tetapi mereka juga dapat dimasukkan dalam hidangan yang dimasak seperti tumis dan sup. Tak jarang juga yang menambahkan timun pada es buah untuk berbuka puasa.

3 dari 8 halaman

Tomat: 94% air

Tomat memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Satu tomat sedang saja menyediakan sekitar setengah cangkir (118 ml) air. Tomat juga menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Jumlah air yang tinggi dalam tomat berkontribusi terhadap kandungan kalorinya yang rendah, dengan hanya 32 kalori dalam 1 cangkir (149 gram) sajian. Selain itu, tomat kaya akan serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, termasuk likopen.

Likopen telah diteliti potensinya untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Anda dapat menikmati tomat untuk berbuka dan sahur yang dimasak dengan sup, saus, jus, salad dan beberapa hidangan lainnya atau bahkan dimakan langsung.

4 dari 8 halaman

Semangka: 92% air

Semangka adalah salah satu buah paling menghidrasi tubuh yang bisa Anda makan saat berbuka puasa. Dalam 1 gelas (154 gram) mengandung lebih dari setengah gelas (118 ml) air. Selain itu ditemukan juga beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka juga cukup rendah kalori, karena hanya menyediakan 46 kalori per gelasnya.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah. Itu berarti bahwa porsi semangka yang relatif besar mengandung sangat sedikit kalori. Makanan dengan kepadatan kalori rendah telah terbukti membantu menurunkan berat badan dengan membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen. Senyawa ini telah dipelajari karena kemampuannya untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada sel, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Anda dapat menambahkan semangka ke dalam makanan Anda dengan mengkonsumsinya sebagai camilan menyegarkan atau campuran es buah saat berbuka. Atau bahkan Anda juga biasa menggunakan semangka untuk membuat salad saat sahur.

5 dari 8 halaman

Stroberi: 91% Air

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi. Karena sekitar 91% dari berat stroberi berasal dari air, memakannya akan berkontribusi pada asupan air harian saat berpuasa.

Selain itu, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit dan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat dan mangan. Makan stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan berbagai jenis kanker.

Mudah memasukkan stroberi ke dalam makanan berbuka atau sahur Anda. Coba untuk mencampurkannya ke dalam smoothie, jus, sop buah atau salad. Stroberi juga dapat menjadi tambahan unik untuk sandwich dan pancake

6 dari 8 halaman

Blewah: 90% air

Blewah adalah jenis melon yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan saat puasa dengan beberapa cara. Satu cangkir (177 gram) blewah terdiri dari sekitar 90% air dan memberikan lebih dari setengah cangkir (118 ml) air per sajiannya.

Satu cangkir blewah juga mengandung 2 gram serat, yang bekerja bersama dengan air untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan Anda. Hal ini mencegah Anda untuk makan berlebihan saat berpuasa namun dengan manfaat menghidrasi yang tinggi.

Selain itu, blewah kaya akan vitamin A, buah ini menyediakan 120% dari kebutuhan harian Anda dalam porsi 1 cangkir (177 gram). Studi telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

Anda dapat mengkonsumsi blewah polos atau menambahkannya ke salad, smoothie, yogurt, es buah atau sop. Blewah juga bagus disantap saat sahur.

7 dari 8 halaman

Jeruk: 88% air

Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi. Ini termasuk vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung. Jeruk juga kaya antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu menjaga nafsu makan Anda terkendali saat berpuasa. Selain itu, makan buah jeruk secara teratur dapat melindungi dari batu ginjal. Ini karena asam sitrat yang dikandungnya dapat mengikat dengan kalsium oksalat pembentuk batu, membantu mengeluarkannya dari tubuh.

8 dari 8 halaman

Air Kelapa: 95% air

Air kelapa adalah minuman super sehat yang akan membuat Anda tetap terhidrasi selama berpuasa. Tidak hanya memiliki kadar air yang sangat tinggi, ia juga kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium dan klorida.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk rehidrasi. Dan itu dianggap bermanfaat untuk melakukan pemulihan usai dehidrasi akibat berpuasa karena kandungan elektrolitnya.

Minum air kelapa setelah berbuka adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada minum minuman elektrolit lain, karena banyak minuman yang mengandung gula tambahan dan bahan-bahan tidak sehat lainnya.