Sukses

6 Cara Meredakan Langit-Langit Mulut Terbakar Saat Konsumsi Makanan Pedas dan Panas

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu pernah mengonsumsi makanan pedas dan panas, dan setelahnya merasakan seolah-olah langit langit mulut atau bahkan lidah terbakar. Kadang sangat sulit untuk menghilangkan rasa terbakar tersebut sehingga membuat kamu terganggu dalam menjalankan aktivitas.

Hal ini biasanya disebabkan karena kamu terburu-buru dalam mengonsumsi makan panas atau pedas. Banyak orang yang tidak sabar untuk menunggu makanan menjadi sedikit dingin terlebih dahulu. Akibatnya bagian langit-langit mulut atau lidah merasakan sensasi terbakar dan biasanya agak lama hilang.

Makanan seperti bakso, soto, atau makanan berkuah lainnya biasanya menyebabkan sensasi terbakar pada langit-langit mulut atau lidah karena kuahnya yang panas. Selain itu, langit-langit mulut memiliki jaringan penyusun bagian mulut yang tipis dan halus, sehingga rentan terkena masalah satu ini. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk meredakan langit-langit mulut yang serasa terbakar ketika makan panas dan pedas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/5/2019) beberapa cara meredakan langit langit mulut terbakar setelah mengonsumsi makanan pedas dan panas.

2 dari 4 halaman

Minum Air Dingin dan Kumur Air Garam

1. Minum Air Dingin

Semua orang biasanya akan langsung pergi mengambil air dingin untuk meredakan langit langit mulut terbakar ini. Hal ini memang bisa membantu meredakan sensasi terbakar setelah makan makanan panas atau pedas tersebut.

Selain itu minum air dingin juga dapat mencegah kerusakan pada lapisan mulut bagian dalam. Namun kamu tidak boleh langsung mengisap es batu yang masih keras. Sebaiknya kamu memasukkan es batu ke air lalu meminum air dingin tersebut.

Dengan meminum air putih yang banyak, kamu bisa meredakan dan menyembuhkan langit-langit mulut yang terbakar karena makanan panas dan pedas, serta sekaligus menjaga asupan air untuk tubuh agar tidak dehidrasi.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Cara kedua untuk meredakan langit langit yang terbakar karena makanan panas dan pedas yaitu berkumur kumur dengan air garam. Tentunya kamu sering mendengar bahwa air garam memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulut.

Dengan berkumur kumur dengan air garam, kamu bisa mempercepat penyembuhan luka yang ada di mulut serta mencegah adanya infeksi. Kamu bisa membuat air garam dengan mencampurkan segelas air dan seperempat sendok teh garam. Lalu kamu bisa berkumur-kumur seperti biasa dan membuang air yang telah digunakan. Lakukanlah sampai langit-langit mulut yang serasa terbakar bisa mereda.

3 dari 4 halaman

Madu dan Makanan Manis

3. Mengonsumsi Madu

Mengonsumsi madu juga dapat meredakan sensasi terbakar pada langit langit mulut karena makan panas dan pedas.madu yang memiliki sifat antimikroba dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka di mulutmu. Cukup dengan mengoleskan madu ke bagian langit langit yang terbakar, sudah bisa memberikan rasa lembap dan membantu meredakan rasa terbakar pada langit-langit mulut tersebut.

4.  Makan Makanan Manis

Tentunya makan makanan manis juga merupakan solusi untuk meredakan langit langit terbakar karena makan panas dan pedas. Kamu bisa mengonsumsi makanan manis sperti, cokelat, es krim, susu, yogurt dan lain lain. Makanan manis ini tentunya bisa mengalihkan rasa terbakar pada langit langit mulut kamu menjadi rasa manis setidaknya untuk sementara waktu. Walaupun khasiatnya tidak sebanyak madu, namun bila tidak ada madu saat kamu sedang mengalami hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan manis terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Makanan Lembut dan Periksa ke Dokter

5. Makan Makanan yang Bertekstur Lembut

Selain itu, kamu dianjurkan untuk makan makanan yang bertekstur lembut ketika mengalami langit-langit mulut terbakar ini. Bagaimana tidak, bila kamu memakan makanan yang panas, pedas, serta tajam lagi, maka sensasi terbakar tersebut tentunya tidak akan hilang. Selain itu, waktu pemulihan sensasi terbakar dapat berjalan lebih lama. Makanan yang tidak bertekstur lembut dapat memperburuk keadaan mulut kamu.

6. Periksa ke Dokter

Cara yang terakhir tentunya adalah dengan memerikasakan ke dokter. Bila langit-langit mulut terbakar karena makan panas dan pedas tidak bisa lagi diredakan dengan cara rumahan, maka sebaiknya kamu mengunjungi dokter untuk memerikasakannya. Hal ini disebabkan karena rasa terbakar di langit-langit mulut ini bisa menyebabkan masalah yang serius terjadi di mulut kamu.

Loading