Sukses

Andre Taulany Jadi Sorotan, Ini 3 Hal yang Tuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta Nama penyanyi sekaligus presenter Andre Taulany akhir-akhir ini santer jadi bahan perbincangan publik. Sejak berlangsungnya pesta demokrasi di Indonesia pada Rabu (17/4/2019) lalu, pelantun lagu Mungkinkah itu ramai dibicarakan di industri hiburan Tanah Air.

Pasalnya, dirinya disangkutpautkan dengan dugaan pencemaran nama baik beberapa tokoh besar Indonesia. Tak hanya satu, tudingan terhadap Andre Taulany kian berdatangan setiap harinya. Belum selesai masalah satu, kembali muncul masalah baru yang menimpa artis yang pernah tergabung dalam grup Stinky itu.

Alhasil, Andre Taulany harus menghadapi kecaman warganet yang menilai dirinya telah melewati batas. Hal inipun sampai terdengar di telinga para sahabatnya, di mana Teuku Wisnu berharap bisa berdiskusi dan bertukar pendapat dengannya. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa kontroversi yang saat ini mengarah kepada Andre Taulany.

2 dari 4 halaman

Istri Andre diduga menghina salah satu calon presiden

Kontroversi Andre Taulany bermula dari Instagram stories sang istri, Erin Taulany yang diduga menghina salah satu calon presiden. Istri Andre Taulany diduga mengungkapkan beberapa kata-kata kasar di akun Instagram pribadinya.

Sontak unggahan itu dianggap sangat tidak sopan dan menghina. Akibatnya, banyak orang yang menghujat pemilik nama Rien Wartia Trigina baik di kolom komentar maupun di pesan pribadi.

Tak hanya itu, unggahannya itu juga memancing emosi salah satu pihak dari calon presiden yang menuntut tindakan hukum atas dasar pencemaran nama baik. Menanggapi kejadian tersebut, Andre Taulany turun tangan dan menyambangi gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan.

Kepada polisi, Andre menjelaskan, jika akun media sosial milik Erin diretas orang tak dikenal. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono yang menjelaskan bahwa kedatangan Andre Taulany adalah untuk melaporkan adanya tindakan peretasan akun media sosial istrinya.

3 dari 4 halaman

Andre Taulany diduga menghina ustaz

Belum lama sejak dugaan kasus pencemaran nama baik salah satu calon presiden, keluarga Andre Taulany lagi-lagi diterpa kabar tak sedap. Sohib dari Sule itu diduga menghina dua nama ustaz ternama saat dirinya memandu acara di salah satu stasiun TV swasta.

Dalam acara tersebut, celetukan Andre Taulany dianggap menyenggol Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad. Pasalnya, saat berbicara mengenai pembahasan merek sepatu dalam sesi tanya jawab bersama YouTuber Jovial da Lopez, Andre secara spontan menyebut ‘Adisomad’.

"Karena memang Le (Sule), merek Adisomad itu sepatu...," ceplos Andre Taulany.

Celetukannya itu nampaknya dianggap serius oleh warganet. Banyak orang yang menilai Andre dengan sengaja menghina ulama dengan melontarkan bahan lawakan. Namun, Andre sendiri menjelaskan bahwa tidak ada niatan darinya untuk menghina seorang ustaz. Sebaliknya, ia hanya mematuhi kode etik dunia hiburan untuk tidak menyebutkan merek dagang dalam sebuah acara.

"Ya, itu kan plesetan dari kata Adidas. Karena saya enggak boleh menyebut merek di dalam program tersebut. Terus kenapa saya dituduh menghina ustaz? Saya enggak ada menyebut kata ustaz siapapun," ujar Andre Taulany kepada Showbiz Liputan6.com, Rabu (1/5/2019).

"Kalau memang ada yang menghubung-hubungkan dengan nama ustaz, saya tidak tahu-menahu. Karena Demi Allah saya sama sekali tidak berniat untuk itu. Nama Adisomad kan nama universal, saya rasa di Indonesia banyak sekali nama seperti itu. Ketua RW saya juga namanya Pak Adisomad," imbuh Andre Taulany dalam klarifikasinya.

4 dari 4 halaman

Dituding Menghina Nabi Muhammad SAW

Tak hanya sampai di situ, semua perkataan Andre Taulany rasanya bak diungkit kembali untuk memperkeruh suasana. Pasalnya dalam video yang diunggah ke YouTube pada 21 Juni 2017 lalu, celetukan Andre Taulany muncul ke permukaan yang lagi-lagi dianggap sebagai penghinaan.

Kali ini, kontroversi yang dibuat Andre Taulany lebih serius lagi. Ia dituding melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Tuduhan penghinaan itu terjadi saat program yang dibawakan Andre mengundang penyanyi Virza sebagai bintang tamu. Kala itu, Virza mendapat pertanyaan dari Sule yang bertanya perihal filosofi parfum.

Virza dengan santai menjawab bahwa dirinya pernah mendengar kisah Nabi Muhammad SAW yang punya aroma 1000 bunga. Menanggapi hal tersebut, Sule secara tak langsung menyetujui pengaruh positif dari wangi tubuh Nabi yang bisa membuat nyaman orang-orang.

Tak lama usai tanggapan Sule tersebut, Andre justru menimpali penjelasan Virzha dengan lawakan.

" Aromanya 1000 bunga? Itu badan atau kebun?" ujar Andre Taulany.

Imejnya sebagai pelawak memang menuntutnya untuk menciptakan ide-ide segar sebagai bahan lawakan. Namun, sepertinya tidak semua orang mampu berpikir jernih menanggapi celetukannya itu. Di samping itu, Andre juga kurang sigap meski dirinya tahu sedang membahas topik yang cukup sensitif.

Potongan video percakapan Andre dan Virzha itu sontak dibanjiri dengan respons warganet yang baru sempat menonton. Beberapa orang mengunggah ulang video tersebut dan mengecam keras pernyataan Andre yang dinilai menghina sosok Nabi Muhammad SAW. Termasuk beberapa selebriti turut menyuarakan pendapatnya terkait masalah yang menimpa Andre Taulany.

Mengenai video lama yang sedang viral di media sosial tersebut, hingga berita ini ditulis pada Sabtu (4/5/2019) Andre Taulany belum memberikan klarifikasi.