Sukses

6 Menu Buka Puasa yang Segar dan Simpel, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Bulan penuh berkah, bulan Ramadan telah tiba. Banyak orang yang pastinya mempersiapkan dan menyambut bulan Ramadan tahun ini dengan baik. Hal ini dikarenakan, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Setiap orang pun akan berlomba-lomba untuk mengamalkan kebaikan di bulan Ramadan ini.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan. Salah satunya ialah mempersiapkan sahur dan juga menu buka puasa. Berbagai menu buka puasa bisa kamu jajal di Ramadan ini loh. Namun yang tak ingin terlewatkan tentu menu buka puasa yang segar dan juga simpel.

Menu buka puasa yang pasti diincar banyak orang tentu saja yang segar dan simpel. Bahkan banyak pula para penjual takjil yang menyediakan menu buka puasa tersebut. Namun, jika kamu ingin berkreasi, kamu pun bisa menjajal berbagai menu buka puasa yang simpel terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019) berbagai menu buka puasa segar dan simpel yang bisa kamu coba.

2 dari 4 halaman

Menu yang menyegarkan

1. Es Kelapa Muda

Salah satu menu buka puasa yang simpel dan bisa kamu jajal ialah es kelapa muda. Kelapa muda sendiri merupakan buah yang bisa kamu temukan dimana pun. Ketika bulan Ramadan datang, tentu kamu akan mengalami dehidrasi. Nah air dari kelapa ini bisa membantu untuk mengganti cairan pada tubuh loh.

Selain itu, kamu pun bisa membuat es kelapa muda sendiri di rumah. Bahan yang kamu perlukan ialah kelapa muda, es batu, sirup ataupun gula cair. Kamu hanya perlu menyampurkan semua bahan sesuai dengan selera.

2. Sop Buah

Sop buah sendiri merupakan menu buka puasa yang sangat menyegarkan dan pastinya menyehatkan. Hal ini karena menu sop buah menggunakan berbagai macam buah-buahan yang segar. Jika kamu membuat sop buah sendiri di rumah, tentu kamu bisa menambahkan buah favoritmu di dalam sop buah tersebut.

Berbuka dengan sop buah menjadi salah menu favorit di bulan puasa ini loh. Selain karena menyehatkan dan menyegarkan, sop buah pun banyak dijajakan di pinggir jalan saat bulan Ramadan.

Jika kamu ingin membuat sop buah sendiri kamu hanya perlu menyiapkan berbagai buah segar, seperti apel, kelapa muda, melon, anggur, nangka. Tentu buah tersebut bisa kamu ganti sesuai dengan selera. Selain itu, kamu perlu menambahkan es batu, kental manis dan juga sirup.

3 dari 4 halaman

Mudah dibuat

3. Es Cendol

Es Cendol salah satu menu buka puasa yang cukup menyegarkan. Es cendol juga salah satu minuman yang banyak ditemui di pinggir jalan loh. Apalagi saat bulan puasa, banyak pula pedagang yang turut menjajakan es cendol sebagai salah satu menu buka puasa. Minuman dengan bahan tepung beras ini juga bisa kamu buat sendiri.

Bahkan bahan utama dari es cendol ini bisa kamu temui di berbagai supermarket. Kamu hanya perlu menyiapkan cendol, gula merah, es batu, dan santan cair. Santan cair ini bisa diganti juga dengan susu cair putih sesuai selera.

4. Es Lidah Buaya

Mungkin bagi kamu jarang mendengar es lidah buaya. Namun es lidah buaya ini cukup menyehatkan loh. Selain itu, bahan yang diperlukan untuk membuat es lidah buaya pun tidak terlalu rumit.

Es lidah buaya juga menyegarkan, apalagi bila diminum setelah seharian berpuasa. Jika kamu ingin mencoba membuat es lidah buaya, bahan yang dibutuhkan ialah daging lidah buaya, gula, daun pandan, biji selasih dan es batu.

Kamu hanya pelu untuk merebus air bersamaan dengan gula dan juga daun pandan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kamu hanya perlu memasukkan daging lidah buaya lalu matikan api. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga uap panasnya hilang. Setelah itu, sajikan di gelas saji dan tambahkan biji selasih dan juga es batu.

4 dari 4 halaman

Cepat disajikan

5. Es Blewah

Es blewah juga salah satu menu buka puasa yang cukup mudah ditemukan. Selain itu, es blewah juga sangat menyegarkan bila di santap saat berbuka puasa. Buah blewah sendiri bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasar tradisonal, toko buah bahkan di supermarket. Bahan untuk membuat es blewah juga cukup mudah, sehingga kamu bisa membuat sendiri dirumah.

Kamu hanya memerlukan buah blewah yang telah diserut tipis, sirup, kental manis dan juga es batu. Kamu hanya perlu meletakkan serutan buah blewah di gelas saji. Kemudian tambahkan sirup cocopandan, dan kental manis sesuai selera. Setelah itu tambahkan es batu agar es blewah yang kamu buat semakin menyegarkan.

6. Es Kacang Hijau

Menu buka puasa yang bisa kamu nikmati ialah es kacang hijau. Selain menyehatkan, es kacang hijau juga menyegarkan. Bahkan menu buka puasa satu ini pun memiliki banyak manfaat. Kacang hijau sendiri memiliki protein yang baik bagi tubuh. Bahkan es kacang hijau ini bisa kamu dapatkan dengan mudah bukan hanya di bulan Ramadan saja.

Kamu pun bisa membuat menu buka puasa ini di rumah. Bahan yang kamu butuhkan, tentu saja kacang hijau, daun pandan, santan, gula merah, sirup dan es batu. Kamu hanya perlu merendam kacang hijau hingga mengembang di air panas.

Setelah itu tiriskan dan rebus kacang hijau hingga empuk. Setelah itu tambahkan daun pandan, gula merah, sedikit santan dan aduk hingga tercampur rata. Setelah matang, kamu bisa menyajikannya di dalam mangkuk saji. Tambahkan es batu, dan juga sirup untuk pemanis.

Loading