Sukses

Peringkat Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, Ada yang 23 Jam

Tantangan yang dihadapi oleh muslim berbeda-beda di setiap negara saat menjalankan puasa.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan telah tiba. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Artinya, mulai dari subuh sampai terbenamnya matahari, mereka tidak diperbolehkan makan, minum, serta menahan hawa nafsu lainnya. Pernahkah kamu berpikir waktu puasa sangat lama? Hampir seharian penuh kamu melakukannya demi kewajiban dan mengharap pahala dan keberkahan.

Tantangan yang dihadapi oleh muslim berbeda-beda di setiap negara saat menjalankan puasa. Seperti dilihat dari durasi berpuasanya saja kita yang di Indonesia tentu tidak serupa bila dibanding negara-negara di Eropa. Hal itu dikarenakan letak geografis, sehingga lamanya siang hari dan juga malam hari di tiap negara mengalami perbedaan.

Di Indonesia lama berpuasa dalam sehari itu sekitar 12 – 13 jam, namun berbeda dengan negara-negara di belahan bumi lainnya. Durasinya lebih lama bahkan ada yang sampai 23 jam. Berikut peringkat negara dengan waktu puasa terlama di dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

1. Finlandia : 23 Jam

Jika berbicara tentang peringkat negara dengan durasi puasa terlama, nampaknya Finlandia adalah pemenangnya. Menurut penuturan beberapa orang yang pernah tinggal di sana, salah satu negara di Eropa ini memiliki durasi puasa sampai dengan 23 jam. Penduduk di sana bisa memulai puasa pada pukul 01.00 dan jam buka bisa dimulai dari pukul 00.00. Kebayang kan, kamu punya waktu buka sekaligus sahur lebih kurang hanya 60 menit.

2. Islandia : 22 jam

Penduduk daerah yang dikenal akan kecantikan aurora ini ternyata harus menjalani puasa selama sekitar 22 jam setiap harinya. Umat islam di sana harus menyelesaikan sahur pada jam 02.00 dan mendapat kesempatan untuk berbuka saat pukul 00.00.

3 dari 6 halaman

Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

3. Greenland : 21 jam

Di negara ini, kamu akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 21 jam. Jadi, hanya tersedia waktu 3 jam untuk kamu berbuka dan sahur.

4. Swedia : 20 jam

Swedia mungkin menjadi salah satu negara Skandinavia dengan masa puasa yang lama dan sangat menantang. Bila warga Islandia masih bisa merasakan hawa dingin saat puasa, penduduk Swedia ternyata menjalankan puasa mereka yang jatuh pada musim panas. Umat islam Swedia yang jumlahnya mencapai 500.000 orang nampaknya memang sudah mampu beradaptasi untuk berpuasa selama 20 jam di hawa yang panas.

4 dari 6 halaman

Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

5. Alaska : 19,45 jam

Alaska ternyata merupakan negara dengan durasi puasa yang cukup unik. Negara bagian Amerika Serikat ini memiliki sekitar 3000 umat islam yang mayoritas tinggal di daerah Achorage. Banyak yang berpendapat bahwa muslim Alaska sebenarnya harus menjalankan puasa selama sekitar 19 jam, namun sebagian penduduk memilih berkiblat pada waktu Arab Saudi dalam menjalankannya. Ada pula yang berkata bahwa saat usim panas tiba, muslim Alaska harus menjalankan puasanya sekitar 19-20 jam. Namun bila musim dingin tiba, waktu puasa mereka jadi berubah 5 jam per harinya.

6. Jerman, Belarus, Belanda, Rusia : 19 jam

Negara Eropa lain yang juga masuk dalam daftar memiliki durasi puasa cukup panjang adalah Jerman, Belarus, Belanda, dan Rusia. Muslim di negara ini kabarnya puasa mulai dari sekitar setengah empat pagi sampai dengan jam 22.00, dengan total lebih kurang 19 jam.

5 dari 6 halaman

Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

7. Inggris, Norwegia, Belgia : 18 jam

Saat bulan puasa tiba, jutaan muslim tersebut harus menjalani puasa dalam rentang waktu lebih kurang 18 sampai dengan 19 jam per harinya. Masyarakat muslim di sana mulai berpuasa sejak pukul 2.30 dan baru berbuka pada pukul 21.30.

8. Kanada, Turki, Prancis : 17 jam

Waktu siang di tiga negara ini berlangsung selama lebih kurang 17 jam itu, sangat mempengaruhi waktu berbuka para muslim yang berpuasa di sana. Para Muslim di negara ini akan mengakhiri makan sahur pada pukul 02.45 dini hari. Waktu berbuka puasa Muslim di negara ini akan tiba pada sekitar pukul 19.45.

6 dari 6 halaman

Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

9. Amerika Serikat : 16 jam

Umat Islam yang tinggal di negeri Paman Sam ini, mulai berpuasa itu sejak jam 03.00 dini hari dan akan berbuka puasa pada jam 20.00 waktu setempat. Jika dihitung, mereka akan menahan lapar dan haus selama lebih kurang 16 jam lamanya.

10. Jepang: 15 jam

Mereka yang berpuasa di Jepang, harus menahan lapar dan dahaga selama lebih kurang 15 jam. Orang Muslim yang tinggal di negara matahari terbit ini, akan memulai puasa sejak pukul 03.11 dan berbuka puasa pada pukul 18.47 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini