Sukses

6 Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung, Makin Kuat Berpuasa

Kamu wajib mengetahui minuman yang bisa mengatasi asam lambung supaya menjalankan puasa dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang bisa mengatasi asam lambung tentunya adalah hal yang sangat penting dikonsumsi saat berpuasa. Apalagi buat kamu yang pada hari hari biasa saja juga sudah sering terkena asam lambung.

Banyak kasus orang yang sedang puasa harus membatalkan puasanya karena tiba-tiba asam lambungnya naik. Hal ini disebabkan karena mereka harus makan obat asam lambung untuk mengatasinya, padahal puasa adalah menahan makan dan minum.

Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui minuman yang bisa mengatasi asam lambung supaya menjalankan puasa dengan lancar. Kamu bisa mengonsumsi minuman-minuman ini saat waktu berbuka maupun waktu sahur.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang minuman yang bisa mengatasi asam lambung dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung

1. Air Mineral

Air Mineral selalu akan menjadi minuman yang dianjurkan untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena air mineral mudah didapat serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena itulah di bulan puasa kamu tentunya sering mendengar saran untuk banyak minum air putih, terutama saat sahur.

Air mineral dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam labung, melancarkan pencernaan, dan melancarkan kerja usus dengan kandungan pH netralnya. Jadi kamu bisa mengonsumsi air putih sebagai minuman yang bisa mengatasi asam lambung

2. Susu Rendah Lemak atau Susu Nabati

Susu rendah lemak atau susu nabati sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Kamu bisa mengonsumsi susu kedelai dan susu almond yang dapat menurunkan asam lambung.

Susu kedelai bahkan mengandung lebih sedikit lemak dari kebanyakan produk susu. Sedangkan susu almond dapat menetralkan asam lambung. Tetapi kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi biasa karena susu sapi mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna.

3 dari 4 halaman

Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung

3. Teh Herbal

Minuman yang bisa mengatasi asam lambung selanjutnya adalah teh herbal. Teh herbal tidak hanya bisa mengatasi asam lambung, bahkan bisa juga mengatasi berbagai masalah pada perut seperti mual dan gas.

Produk Teh herbal yang bebas dari kafein, seperti chamomile, licorice, serta elm licin sangat bagus untuk mengatasi asam lambung saat menjalankan ibadah puasa. Tapi jangan minum teh herbal spearmint atau peppermint karena mengandung kafein.

4. Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu minuman yang bisa mengatasi asam lambung. Selain itu, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat mengatasi mulas dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi jaeh hangat, kamu bisa mengurangi gejala asam lambung saat berpuasa.

4 dari 4 halaman

Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung

5. Air Kelapa

Air kelapa yang merupakan sumber elektrolit yang bermanfaat seperti potassium merupakan pilahan yang sangat bagus untuk penderita asam lambung. Air kelapa dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh dan dapat mengendalikan asam lambung dengan kandungan elektrolitnya.

6. Jus Buah atau Sayur dengan kandungan asam rendah

Dengan mengonsumsi jus buah yang kandungan asamnya rendah, kamu juga bisa mengatasi asam lambung. Buah ataupun sayuran seperti wortel, semangka, bayam, mentimun, kobis, atau pir dapat kamu jadikan jus dan sebagai minuman yang bisa mengatasi asam lambung. Kamu juga akan mendapatkan kesegaran dan gizi yang banyak dari konsumsi jus jus tersebut.

Jus buah dan sayuran tidak hanya segar dan lezat, namun juga sangat bergizi dan baik untuk menyembuhkan segala penyakit. Salah satunya untuk mengatasi asam lambung. Pilihlah buah yang tidak sedikit mengandung asam. Misalnya jus wortel, jus buah bit, semangka, bayam, mentimun, pir, atau kubis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.