Sukses

Potret Toilet di Kastil pada Abad Pertengahan Ini Bikin Netizen Berimajinasi

Liputan6.com, Jakarta Toilet merupakan fasilitas yang selalu ada di hampir setiap tempat umum. Toilet memang menjadi kebutuhan yang wajib ada. Pada umumnya, toilet digunakan untuk buang air, hingga memperbaiki penampilan. Oleh karena itu, toilet menjadi fasilitas yang wajib ada, baik di rumah, mal, pasar, sekolah, SPBU maupun di tempat-tempat beribadah.

Karena kebutuhan masyarakat atau pengunjung yang besar terhadap fasilitas yang satu ini, biasanya toilet didesain senyaman mungkin. Mulai sejak pintu masuk, wastafel, closet hingga fasilitas seperti tissue dan hand dryer tentunya menjadi item yang wajib disediakan.

Keberadaan toilet ini menjadi penting kalau sewaktu-waktu orang akan buang air besar, buang air kecil maupun sekadar merapikan penampilan. Tanpa adanya toilet di tempat-tempat umum yang kamu kunjungi, pasti kamu bakal kebingungan banget tuh untuk melakukan berbagai aktivitas di atas.

Namun tidak seperti sekarang, sejak zaman dahulu toilet sudah ada dan menjadi salah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan. Seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @HistoriDunia yang, Berikut Liputan6.com potret toilet pada abad pertengahan yang bikin netizen zaman sekarang malas bayangin, senin (6/5/2019).

2 dari 3 halaman

Potret Toilet pada kastil abad pertengahan

 

Toilet memang selalu identik dengan yang bau dan kotor. Namun keberadaannya harus diakui menjadi sangat vital bagi setiap orang. Zaman sekarang kita sudah tak perlu kesulitan lagi mencari toilet. Toilet sudah semakin mudah ditemukan dimana pun kita berada. Namun, berbeda dengan masa abad pertengahan dulu, toilet bukanlah sebuah barang biasa seperti pada zaman sekarang.

Pada unggahan akun Twitter @HistoriDunia memperlihatkan beberapa potret pada sebuah kastil. Entah gimana prosedur toilet ini digunakan, yang jelas pada bangunan tersebut dibangun sebuah lubang pembuangan akhir. Dimana toilet tersebut hanyalah sebuah lubang bulat yang terletak pada bangunan bertingkat dan dibuat langsung tembus ke bagian belakang bangunan.

Toilet ini berada pada sudut ruangan seperti pada biasanya, namun bentuk saluran akhir toilet ini tidak terlihat jelas ke mana arah pembuangan akhirnya. Dengan adanya lubang berbentuk bulat yang ditopang oleh besi inilah dulunya para bangsawan dari kastil ini melakukan hajat sehar-hari.

3 dari 3 halaman

Imajinasi netizen setelah melihat potret toilet ini

 

Tak ayal, potret toilet pada abad pertengan ini membuat netizen bertanya-tanya dan mau enggak mau harus membayangkan proses orang yang menggunakannnya. Banyak yang menduga bahwa tempat pembuangan akhir dari langsung tembus ke belakang tanaman sehingga bisa sekaligus menjadi pupuk. Ada juga yang beranggapan bahwa pembuagan akhir dari toilet langsung ke sungai.

“Ah sial gak bisa nahan gak ngebayangin” oleh @Wis_nubm

“Ya ampun kalo pas lewat dibawahnya pas tengok ke atas pas mulut terbuka” oleh @C_Cazenove

“ Gak ada air nya yaaa...” oleh @blaworblakasuta