Sukses

Sosok Joseph Simatupang Ferguson, Bocah Indonesia yang Direkrut Klub Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta Selain Egy Maulana yang sudah berkiprah di luar negeri, baru-baru ini muncul kabar tentang bocah 16 tahun keturunan Inggris-Indonesia bernama Joseph Simatupang Ferguson baru saja menandatangani kontrak profesional dengan tim U-18 Blakcburn Rovers. Dia bakal jadi penerus keturunan Indonesia lainnya yang menjajal sepak bola Eropa.

Pemain yang kini berusia 16 tahun sudah bergabung dengan Blackburn sejak 2014 silam. Setelah kurang lebih lima tahun berada dalam akademi, Joseph kini mendapatkan kesempatan untuk bermain di kompetisi usia muda bersama Blackburn Rovers. Pemain muda ini mengumumkan kontrak barunya via media sosial Instagram pribadinya @josephferguson1_.

caption "Proud day for me and my family to sign a scholarship for @rovers . Hopefully good things to come in the future,Hari yang membanggakan bagi saya dan keluarga saya untuk menandatangani perjanjian contract beasiswa untuk @rovers. Semoga hal-hal yang baik dan menyenangkan akan datang di masa depan." tulis Joseph.

Menukil Fox Sports, Joseph sebenarnya telah menjadi bagian tim Blackburn sejak masih belia, dan kontrak itu merupakan langkah pertamanya menuju sepak bola profesional di tim utama klub. Berikut Liputan6.com rangkum sosok Joseph Simatupang Ferguson, bocah Indonesia yang direkrut klub Liga Inggris, Senin (6/5/2019).

2 dari 3 halaman

Pemain berdarah batak

Joseph Simatupang Ferguson resmi mendapatkan kontrak beasiswa dari Blackburn Rovers. Joseph merupakan pemain yang memiliki keturunan Indonesia yang sudah menimba ilmu sepak bola di akademi usia muda Blackburn Rovers, tim yang saat ini berkompetisi di Divisi Championship.

Joseph Simatupang Ferguson sendiri sudah bermain dan dipantau sejak muda dan menandatangani kontrak saat usia 11 tahun untuk Blakcburn Rovers. 

Namun, Joseph Simatupang Ferguson belum memutuskan untuk berseragam Timnas Indonesia karena ia masih memikirkan keputusan untuk memilih kewarganegaraan Inggris atau Indonesia. Garis keturuan Joseph Simatupang Ferguson sendiri berasal dari ibunya yang berasal dari suku Batak, Sumatera Utara sehingga sedikit banyaknya ia bisa menggunakan bahasa Indonesia.

View this post on Instagram

Düsseldorf 🤞🏽🇩🇪⚽️

A post shared by Joseph Simatupang Ferguson (@josephferguson1_) on

3 dari 3 halaman

Bercita-cita ingin bermain di Manchester United

Unggahan Joseph Simatupang Ferguson di akun Instagramnya tersebut mendulang respons positif dari warganet dan viral di Indonesia. Banyak yang memberikan ucapan selamat dan turut bangga melihat pemain berdarah Indonesia bisa berkarier di Liga Inggris.

Warganet tidak hanya memuji keberhasilan Joseph, mereka juga mengapresiasi Bahasa Indonesia Joseph yang bagus meski sejak kecil tinggal dan tumbuh di Inggris. Meski memiliki darah Indonesia, Joseph mengaku menikmati kariernya sebagai pesepak bola di Inggris, guna mencapai impiannya untuk berseragam Manchester United.

View this post on Instagram

⚽️🎗

A post shared by Joseph Simatupang Ferguson (@josephferguson1_) on