Sukses

3 Bagian Wajah Ini Sering Diabaikan Saat Pakai Tabir Surya, Bisa Sebabkan Kanker Kulit

Kurangnya perlindungan area sensitif wajah dapat memicu kanker kulit.

Liputan6.com, Jakarta Kulit menjadi bagian tubuh yang secara langsung berkontak dengan sinar matahari. Bila tidak dijaga dengan tabir surya, paparan sinar matahari bisa berbahaya bagi kesehatan kulit. Kanker kulit adalah bentuk kanker yang paling umum. American Academy of Dermatology melaporkan 9.500 orang didiagnosis menderita kanker kulit setiap hari di Amerika Serikat.

Sementara banyak orang beralih ke tabir surya dan pencegahan lainnya, banyak yang lupa untuk melindungi area sensitif dari wajah mereka. Penelitian menunjukkan mereka yang menggunakan pelembab dengan sun protection factor (SPF) cenderung mengabaikan bagian-bagian wajah yang rentan kanker.

Para ahli dermatologi mengatakan bahwa lemah dalam melindungi area-area sensitif ini dapat menyebabkan risiko kanker kulit yang lebih tinggi. Nah, jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya untuk memperhatikan area wajah yang harus dilindungi oleh tabir surya atau SPF. Berikut Bagian wajah yang kerap diabaikan saat memakai tabir surya, dilansir Liputan6.com dari Healthline, Senin(6/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelopak mata

Kecenderungan orang-orang tidak melindungi bagian-bagian wajah dengan tepat tampaknya merupakan penyebab tingginya tingkat kanker kulit nonmelanoma.

Dr. Rita Pichardo-Geisinger, seorang profesor dermatologi di Wake Forest Baptist Health, mengatakan banyak orang mengabaikan perlunya melindungi daerah-daerah yang rentan seperti bibir atau kelopak mata ketika beraktivitas di luar ruangan.

Terkadang seseorang sering melewatkan pengaplikasian tabir surya atau krim SPF pada kelopak mata. Hal ini karena daerah kelopak mata merupakan daerah wajah yang sensitif. Tabir surya dalam krim atau gel kadang-kadang dapat mengiritasi daerah ini, terutama ketika berkeringat, produk menetes ke mata.

Produk yang ideal untuk bagian mata ini adalah yang memiliki pemblokir fisik, seperti seng oksida atau titanium dioksida, kata Pichardo-Geisinger. Mereka biasanya ditemukan di tabir surya berbasis mineral.

Pichardo-Geisinger mengatakan bahwa tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi ditambah dengan kacamata hitam sangat membantu menjaga mata aman dari sinar UV.

3 dari 5 halaman

Telinga

Telinga merupakan salah satu bagian wajah yang sering terlewat oleh tabir surya. Padahal, telinga juga berkontak langsung dengan sinar matahari. Fokus pada bidang-bidang sensitif tertentu seperti telinga tetap menjadi titik buta dalam kampanye kesadaran terhadap penggunaan tabir surya. Tanpa aplikasi tabir surya, efek dari sinar matahari mampu menimbulkan risiko kanker yang serius.

“Secara umum, kami menyarankan Anda menerapkan tabir surya pada semua area yang terpapar. Kami harus merekomendasikan ‘Oleskan tabir surya di semua area yang terbuka, termasuk telinga, kelopak mata, dan bibir, '" tambah Pichardo-Geisinger.

Shilpi Khetarpal, seorang dokter kulit di Klinik Cleveland mengungkapkan, “Sangat penting untuk memakai SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari di wajah, leher, dan telinga. Tabir surya harus diterapkan kembali setiap dua jam terlepas dari SPF atau ketika seseorang menjadi basah, seperti ketika Anda berkeringat atau berenang, "

4 dari 5 halaman

Bibir

Orang juga cenderung menganggap remeh bibir. Bibir juga merupakan bagian kulit yang rentan terkena kanker kulit. Ada banyak produk lip balm, lip gloss, dan lipstik di luar sana yang mengandung SPF tinggi.

Bibir Anda rentan terhadap sengatan matahari yang dapat menyebabkan rasa sakit dan meningkatkan peluang Anda terkena kanker bibir. "Pada hari-hari yang cerah, saya menyarankan semua orang untuk melindungi bibir mereka," tegas Pichardo-Geisinger.

Lepuh bibir yang disebabkan oleh sengatan matahari memiliki gejala yang sangat berbeda dari luka dingin (herpes oral). Lepuh dingin yang sakit biasanya terasa gatal atau gatal. Mereka juga menyebabkan lesi seperti bisul yang memiliki dasar abu-abu atau merah.

Anda perlu mengoleskan kembali tabir surya bibir lebih sering daripada tabir surya ke seluruh kulit Anda. Hal ini karena tabir surya akan sering hilang karena makan, minum, dan sering menjilat bibir Anda.

Di mana pun Anda tinggal, bibir Anda terpapar sinar matahari sepanjang tahun. Mengenakan lip balm pelindung matahari sepanjang waktu dapat menawarkan perlindungan yang membuat Anda tidak mengalami sengatan matahari berbahaya.

5 dari 5 halaman

Waktu yang tepat memakai tabir surya

Kebanyakan orang memakai tabir surya hanya ketika cuaca panas atau matahari menyengat. Faktanya pada cuaca berawan pun seseorang dianjurkan unruk tetap memakai tabir surya. Hal ini karena meski cuaca sedang berawan atau dingin, sinar UV pada matahari akan tetap terpapar meski dalam jumlah sedikit.

“Juga, ada kesalahpahaman bahwa matahari hanya memengaruhi kulit Anda saat hangat dan cerah. Yang benar adalah, bahkan pada hari yang dingin dan berawan, ada sekitar 20 persen sinar UV yang masuk, ” ujar Shilpi Khetarpal.

Khetarpal menyarankan produk kulit dengan SPF 30 atau lebih tinggi harus diterapkan setiap hari ke daerah yang terkena sinar matahari. "Bahkan ketika mengemudi di mobil, sinar UV melewati kaca dan dapat merusak kulit," tambahnya.

Pichardo-Geisinger juga menambahkan mereka yang botak atau memiliki rambut jarang harus menggunakan tabir surya semprot di kulit kepala mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini