Sukses

6 Makanan Ini Bisa Bikin Susah Buang Air Besar, Kurangi Konsumsi Agar Tubuh Sehat

Liputan6.com, Jakarta Susah buang air besar (BAB) kadang bisa disebabkan oleh konsumsi makanan sehari-hari. Akibatnya kamu bisa saja mengalami sakit perut, feses terasa keras, bahkan kadang keluar darah saat buang air besar.

Beberapa faktor bisa menyebabkan terjadinya susah buang air besar ini. Diantara adalah karena kekurangan cairan tubuh serta kurangnya konsumsi makanan berserat. Selain itu, biasanya hal ini terjadi karena pola makan yang tidak teratur.

Terlalu sering mengalami susah buang air besar bisa menyebabkan penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, kamu diwajibkan untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa menyebabkan susah buang air besar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019) macam makanan yang bisa bikin susah buang air besar.

2 dari 4 halaman

Snack dan Produk Olahan Susu

1. Snack

Keripik olahan ataupun snack yang bisa kamu konsumsi sebagai camilan memiliki kandungan lemak dan garam yang sangat tinggi. Kandungan garam yang ada pada keripik atau snack tersebut bisa membuat kamu dehidrasi, dan mengurangi cairan untuk memproses makanan dalam tubuh. Akibatnya feses menjadi lebih sulit untuk didoromg keluar.

Selain itu, zat kimia seperti penambah rasa dan pengawet yang terdapat pada snack juga berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari susah buang air besar karena makan snack, kamu bisa menyelinginya dengan mengonsumsi buah buahan.

2. Produk Olahan Susu

Makanan yang bikin susah buang air besar selanjutnya adalah produk olahan susu. Sebut saja keju, es krim, dan produk susu lainnya mengandung lemak yang tinggi dan berbanding terbalik dengan kandungan seratnya yang hanya sedikit. Produk olahan dari susu sapi biasanya dapat mengakibatkan susah buang air besar, terutama pada balita. Untuk itu, konsumsi buah buahan untuk mengatasinya.

3 dari 4 halaman

Makanan Tinggi Karbohidrat dan Olahan Tepung

3. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat juga bisa menyebabkan susah buang air besar. Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar putih, dan pasta yang sering kamu konsumsi ternyata juga bisa memicu susah buang air besar. Alasannya adalah karena makanan-makanan tersebut rendah serat dan rendah cairan, tapi tinggi lemak. Kamu bisa mengonsumsi makan bergizi seperti buah buahan, sayuran, dan minum air putih yang cukup untuk mengatasinya.

4. Makanan yang Digoreng Dengan Tepung

Makanan-makanan seperti gorengan, donat, kentang goreng dan lain sebagainya merupakan makanan yang bisa memicu susahnya buang air besar. Hal ini karena jenis makanan ini dapat memperlambat sistem pencernaan. Bahkan bisa lebih buruk lagi bila kamu mengonsumsi makanan yang menggunakan tepung roti, seperti chicken katsu.

Walaupun makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang sangat enak, namun kamu tidak boleh mengonsumsinya terlalu sering. Dengan lemak jenuh yang sangat tinggi, makanan tersebut dapat memperlambat jalannya pencernaan kamu.

4 dari 4 halaman

Frozen Food dan Pisang Mentah

5. Frozen Food

Frozen food biasanya menjadi pilihan praktis untuk olahan lauk. Rasanya yang enak dan juga bisa mengolahnya dengan cepat membuat frozen food menjadi pilihan yang memudahkan. Tapi ternyata mengonsumsi frozen food bisa membuat kamu jadi susah buang air besar.

Kebanyakan dari frozen food ini memiliki lemak yang tinggi dan randah serat. Apalagi bila makanan tersebut nantinya digoreng, membuatnya menjadi bahaya yang komplit sebagai penyebab susah buang air besar.

Selain itu, kandungan sodiumnya tinggi dan bisa mengikat air. Akhirnya tubuh kekurangan cairan untuk mendorong sisa pencernaan. Jadi kamu tentunya harus banyak banyak mengonsumsi buah dan sayur agar terhindar dari penyakit ini.

6. Pisang yang Belum Matang

Tentunya kamu akan terkejut dengan adanya pisang di daftar penyebab susah buang air besar. Padahal biasanya pisang malah bisa membuat lancarnya pencernaan. Tapi ternyata pisang yang berwarna hijau atau masih belum matang malah bisa menyebabkan susah buang air besar.

Jadi kamu harus mengimbangi konsumsi makanan kamu dengan buah buahan dan sayuran agar terhindar dari penyebab susahnya buang air besar.