Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Ini 6 Gejala Kamu Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Kenali Sedini Mungkin

Liputan6.com, Jakarta Setiap makanan yang mengandung gula atau memiliki rasa yang manis, pasti disukai oleh banyak orang. Makanan atau minuman yang memiliki rasa manis, selain disukai juga mudah ditemukan. Banyak makanan yang mengandung gula seperti makanan ringan, minuman ringan, bahkan nasi juga mengandung gula meskipun dalam jumlah yang sedikit. 

Gula adalah salah satu pelengkap makanan yang bisa membuat cita rasa makanan menjadi lebih enak lagi. Pemberian gula disetiap makanan juga beragam, ada yang banyak mengandung gula, dan ada yang sedikit mengandung gula. Gula memang tidak terlalu bermanfaat untuk tubuh, tapi tidak sepenuhnya tidak bermanfaat.

Gula menjadi tidak bermanfaat jika dikonsumsi secara berlebihan. Contohnya menggunakan gula pada minuman terlalu banyak, menambahkan banyak gula pada adonan roti dan lain sebagainya. Mungkin akan muncul berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh kelebihan mengkonsumsi gula.

Berikut ini gejala yang tidak biasa yang bisa muncul ketika kamu terlalu banyak mengkonsumsi gula, dilansir dari Tips and Tricks, Senin (6/5/2019).

2 dari 3 halaman

Otak yang Bermasalah lho

1. Otak yang Bermasalah

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi gula, kemungkinan gejala yang akan muncul adalah otak yang bermasalah. Salah satu gejala otak yang bermasalah adalah munculnya perasaan adanya kabut di sekitar kita.

Kabut tersebut dapat membuat kamu menjadi susah untuk fokus, berkonsentrasi, dan mengingat beberapa hal. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah yang berfluktuasi dan menyebabkan kebingungan atau otak yang bermasalah.

2. Sakit Kepala

Gejala berikutnya juga dikarenakan oleh kadar gula darah yang meningkat. Kadar gula darah yang meningkat bisa menyebabkan pembuluh darah di otak menjadi lebih kencang, dan menyebabkan sakit kepala.

3. Masalah Pencernaan

Makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena banyaknya bakteri jahat di dalam usus serta banyaknya jumlah ragi di dalamnya. Jika pencernaan terganggu bisa menyebabkan sembelit, diare, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

3 dari 3 halaman

Perubahan Suasana Hati dan Lemas

4. Perubahan Suasana Hati

Gejala karena banyak mengkonsumsi gula selanjutnya adalah perubahan suasana hati atau mood swing. Penyebab dari mood swing ini adalah karena kadar gula darah yang tidak normal.

5. Lemas

Kadar gula darah yang tinggi akan mempengaruhi tingkat energi dalam tubuhmu. Maka dari itu, dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula dan beralih dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi.

6. Jerawat

Ini adalah gejala yang sangat merugikan jika kamu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Jerawat bisa mudah muncul karena konsumsi gula yang berlebihan. Selain itu gula juga bisa menyebabkan masalah kulit yang lain.

 

Loading