Sukses

7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat leci sangat banyak untuk kesehatan. Namun leci mungkin lebih terkenal sebagai rasa beberapa minuman di Indonesia. Buah ini lebih sering dikonsumsi sebagai rasa minuman tertentu, bukan secara langsung dari buahnya.

Hal ini disebabkan karena buah leci masih jarang dibudidayakan di Indonesia. Tetapi beberapa tahun belakangan ini, sudah mulai ada orang-orang Indonesia yang membudidayakannya, dan juga mengonsumsinya secara langsung sebagai buah buahan. Manfaat leci tentunya akan semakin terasa dengan mengonsumsinya sebagai buah utuh.

Tentunya hal ini sangat bagus karena leci memiliki segudang nutrisi dan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Buah berwarna merah yang bentuknya hampir mirip rambutan ini tidak kalah dengan buah buahan yang lain sebagai buah yang menyehatkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/5/2019) tentang manfaat leci.

2 dari 4 halaman

Menyehatkan Jantung dan Mencegah Kanker

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat leci yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisi leci yang kaya akan polyphenol dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung yang membuat kamu bisa terhindar dari penyakit stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

Dengan mengonsumsi leci secara rutin setiap harinya, detak jantung akan menjadi normal. Kamu juga bisa membuat leci menjadi jus agar bertambah nikmat.

2. Mencegah kanker

Manfaat leci selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Kandungan kandungan leci seperti flavonoid, quercitin serta kaempferol sangat efektif untuk memerangi kanker dan mengurangi penyebaran sel-sel kanker pada tubuh. Bahkan secara spesifik buah leci memiliki sifat anti kanker payudara.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Imunitas dan Menguatkan Tulang

3. Meningkatkan imunitas

Leci juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas. Hal ini juga bisa memperjelas bahwa salah satu manfaat leci adalah sebagai penangkal penyakit menular seperti demam dan flu. Dengan kandungan vitamin C dari leci, tubuh dapat menolak datangnya infeksi dan mengurangi inflamasi radikal bebas yang berbahaya.

4. Menguatkan tulang

Leci sebagai sumber fosfor dan magnesium bisa membantu untuk memperkuat tulang. Jadi manfaat leci selanjutnya adalah membantu mempertahankan kekuatan tulang. Kandungan tersebut memberikan dukungan kepada tembaga dan mangan untuk memperkuat tulang yang rapuh.

Dengan mengonsumsi leci secara teratur, kamu bisa memelihara tulang dari kerapuhan dan membuatnya lebih kuat untuk mendukung aktivitas kamu sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Mencerahkan Kulit serta Memperlancar Metabolisme dan Pencernaan

5. Mencerahkan kulit dan Anti Penuaan

Manfaat leci juga bisa kamu rasakan pada kesehatan kulit. Kandungan nutrisi leci dapat menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah pada kulit sehingga kulit tampak lebih muda. Dengan berbagai polusi yang ada di sekitar, kamu bisa mengalami penuaan dini dalam usia yang masih muda.

Dengan mengonsumsi leci yang kaya akan citamin C dan merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas, bisa mencegah penuaan dini terjadi. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan leci untuk menghilangkan tanda tanda penuaan dini pada kulit wajah seperti garis garis halus dan bintik bintik gelap. Dengan bertambahnya usia, tentunya kulit juga mengalami penuaan, dengan manfaat leci satu ini, kamu setidaknya bisa terlihat lebih muda dari pada usia kamu.

6. Memperlancar sistem metabolisme

Leci sebagai sumber vitamin B kompleks seperti thiamin, niasin, folat, serta riboflavin mampu memperlancar sistem metabolisme tubuh dalam mencerna karbohidrat, protein dan lemak.Selain itu, leci juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi hati dan organ lainnya dengan kandungan beta karotennya yang tinggi.

7. Memperbaiki pencernaan

Manfaat Leci selanjutnya adalah dapat memperbaiki pencernaan. Leci yang memiliki sifat astringent dapat membersihkan pencernaan kamu dari racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut.