Sukses

10 Tanda Wajah Menua Lebih Cepat, Cek Sebelum Terlambat

Pola hidup yang tidak sehat membuat kulit akan tampak lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang begitu diperhatikan oleh banyak orang terlepas pria atau wanita. Terkadang tanda-tanda penuaan begitu ditakuti beberapa orang. Pola hidup yang tidak sehat membuat kulit akan tampak lebih tua dari yang sebenarnya.

Ada tanda-tanda tertentu yang menandakan bahwa Anda mengalami penuaan lebih cepat. Tanda tersebut dapat ditemui pada kulit wajah.

Pastinya Anda tak ingin menua sebelum waktunya. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan kulit dan segera memberi penanganan khusus jika menemui tanda penuaan dini di wajah.

Berikut tanda kulit wajah menua lebih cepat yang berhasil Liputan6.com lansir dari Reader's Digest, Selasa (4/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

1. Muncul bintik-bintik matahari

Penuaan kulit memang pasti akan terjadi, tetapi faktor gaya hidup dan lingkungan dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari umur sesungguhnya. Paparan sinar matahari dapat menuakan penampilan kulit Anda dengan bercak coklat yang tidak sedap dipandang.

"Ketika kita memasuki usia 30-an, kita mulai melihat dampak kumulatif dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik-bintik matahari," kata dokter kulit Whitney Bowe, MD, penulis The Beauty of Dirty Skin.

"Sebagian besar kerusakan yang menyebabkan bintik-bintik matahari disebabkan oleh UV, tetapi hormon juga dapat memicu bintik-bintik dan bercak juga." Atau bicarakan dengan dokter kulit Anda tentang resep krim pemutih hidrokuinon.

2. Kulit sangat kering

Saat remaja, Anda mengkhawatirkan kulit berminyak, tetapi seiring bertambahnya usia, Anda mungkin menghadapi masalah yang berlawanan.

"Kesenjangan pada lapisan atas pelindung kulit dapat mengeluarkan molekul-molekul kelembaban yang berharga dan memungkinkan terjadinya iritasi," kata Dr. Bowe.

Matahari, merokok, dan bahkan stres dapat berkontribusi pada gangguan ini, katanya. "Untuk menjaga kulit Anda sehat dan terhidrasi, cari bahan pelembab seperti omega, minyak kelapa, ceramides, dan dimethicone," kata Dr. Bowe.

“Masker sekali seminggu, baik selembar sarat humektan atau masker krim semalam dapat menjaga kulit terhidrasi dan ternutrisi, memungkinkan aktivitas anti-penuaan berfungsi lebih baik.”

3 dari 6 halaman

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

3. Keriput dan kerutan

Garis-garis halus di sekitar mata Anda ini mungkin merupakan tanda pertama bahwa kulit Anda mulai menua lebih awal. Pastikan Anda menghindari kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan keriput.

"Dermis adalah lapisan yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit kita kencang, kencang, dan bebas dari garis-garis halus," kata Dr. Bowe.

"Seiring bertambahnya usia, pembaruan sel mulai melambat, stratum korneum kulit terluar menebal, dan serat elastin dalam dermis menjadi berantakan."

Tingkatkan kolagen yang mengisi garis-garis ini dan membuat kulit lebih kenyal, dengan produk yang mengandung bahan seperti peptida, faktor pertumbuhan, dan sel induk.

Jika Anda mulai tiba-tiba melihat kerutan yang tidak ada di sana sebelumnya, ingatlah apa yang Anda makan atau aplikasikan ke kulit. Vitamin C melawan kerusakan UV, likopen menstabilkan DNA dalam sel, polifenol memperbaiki kulit yang rusak, dan seng serta vitamin E bertindak sebagai antioksidan.

Makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan mengandung nutrisi penting ini, dan menambahkannya ke dalam makanan Anda dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang menyebabkan keriput.

4. Bintik cokelat yang bukan dari sinar matahari

Anda mungkin berpikir Anda melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi sinar tampak inframerah dan berenergi tinggi dari ponsel Anda juga dapat meninggalkan bekas di wajah Anda.

"Panjang gelombang cahaya tampak tertentu, khususnya cahaya biru, yang dipancarkan dari komputer, televisi, tablet, smartphone, dan bahkan beberapa bola lampu dalam ruangan, juga dapat berkontribusi pada bintik-bintik," kata Dr. Bowe.

Plus, "penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di daerah perkotaan dan terkena tingkat polutan yang lebih tinggi lebih mungkin mengembangkan bintik-bintik coklat pada kulit mereka."

Anda bisa memerangi kerusakan dengan krim anti-inflamasi dan antioksidan.

4 dari 6 halaman

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

5. Kehilangan kecerahan kulit

Karena kecepatan sel meremajakan melambat, wajah Anda kehilangan cahaya dan membuat Anda terlihat kurang awet muda. Untuk mempertahankan cahaya sehat itu, Dr. Bowe menyarankan retinol yang dijual bebas.

"Retinoid banyak diteliti dan terbukti meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda," katanya.

“Retinoid berbasis vitamin menormalkan pergantian sel, suatu proses yang melambat seiring bertambahnya usia untuk mempromosikan kulit yang jernih, halus, bercahaya, merata, sehat.”

Tetapi, Anda tidak dapat menggunakan produk ini saat hamil atau menyusui.

6. Pipi Mengendur

Jika Anda merasa sudah mulai terlihat kempot, mungkin ini karena Anda kehilangan lemak di bawah kulit.

“Lapisan lemak ini menopang dan melindungi kulit, memberi kita kontur muda dan montok — namun, seiring bertambahnya usia, kita kehilangan volume pada lapisan ini,” kata Dr. Bowe.

"Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa yoga wajah mungkin membantu," katanya. Sebuah penelitian baru-baru ini dari Northwestern menunjukkan program latihan wajah membuat pipi wanita paruh baya tampak lebih penuh dan lebih muda.

5 dari 6 halaman

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

7. Tekstur kulit menipis

Meskipun Anda belum berusia lanjut, kulit yang menua sebelum waktunya mungkin mulai terlihat dari teksturnya yang tipis.

"Dua hal berkontribusi pada tekstur rapuh seperti kertas yang berkembang di kulit," kata Dr. Bowe. 

"Pertama, kadar kalsium, yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang, turun saat kulit kita matang. Kedua, pH kulit naik." Perubahan pH ini dapat merusak kolagen.

Bowe menyarankan menggunakan serum dengan asam amino kalsium dan peptida. Juga, sesuaikan pH Anda menggunakan pelembab dengan probiotik.

"Probiotik mengembalikan aktivitas enzim lebih dekat ke kulit muda dan sehat," katanya.

8. Munculnya bentol kecil

Ini adalah salah satu kondisi kulit yang terlihat seperti jerawat tetapi tidak. Benjolan kecil berwarna putih atau daging yang disebut milia disebabkan oleh penumpukan dari kerusakan akibat sinar matahari atau produk wajah yang keras.

"Milia adalah kista kecil yang diisi dengan protein yang disebut keratin, dan terbentuk sebagai akibat dari ketidakmampuan kulit terlokalisasi untuk terkelupas secara alami," kata Dr. Bowe.

"Untuk mengatasi milia, cari produk yang membantu pengelupasan kulit yang lembut dan pergantian sel," yang mungkin mengandung bahan asam glikolat atau retinol. Juga, ingatlah untuk menggunakan tabir surya saat keluar ruangan.

6 dari 6 halaman

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

9. Bibir menipis dan kulit mudah rusak

- Bibir menipis

Kolagen juga memengaruhi kepenuhan bibir Anda, dan saat Anda kehilangannya, bibir Anda mungkin mengempis. Sebelum Anda menyuntik dengan filler bibir, coba gunakan produk bibir dengan tabir surya untuk melindungi bibir Anda. "Pencegahan kerusakan akibat sinar matahari adalah hal terbaik yang bisa dilakukan orang untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada bibir dan di sekitar mulut," kata dokter kulit Madeline C. Krauss, MD, kepada American Academy of Dermatology.

- Kulit mudah rusak

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S., kulit yang menua lebih rentan terhadap cedera, dan bisa empat kali lebih lambat untuk sembuh. Kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses ini. Kulit yang lebih tipis dan lebih rapuh tanpa lapisan lemak pelindung dapat membuat Anda berisiko. Di samping itu, pembuluh darah yang rapuh di bawah kulit dapat lebih mudah pecah.

10. Lingkaran hitam di sekitar mata

Karena kulit di sekitar mata sangat halus, ia cenderung berubah dan mungkin mulai terlihat lebih tua dengan kelopak mata yang tebal, bengkak, dan kegelapan di bawahnya.

"Bantalan lemak superfisial kami cenderung terpisah seiring bertambahnya usia dan menyebabkan bengkak di bawah permukaan menjadi lebih terasa," kata Dr. Bowe.

"Seringkali, kantong di bawah mata Anda berarti kulit di sekitar mereka menahan cairan."

Cobalah mengurangi garam dan alkohol, dan cukup tidur. Bowe juga menyarankan krim mata yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C.

Juga, "bahan anti-inflamasi seperti kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah Anda dan meningkatkan sirkulasi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini