Sukses

7 Bahaya Terlalu Sering Tidur di Lantai Bagi Kesehatan, Bisa Memicu Asam Lambung

kebiasaan tidur di lantai memiliki beberapa bahaya untuk kesehatan kamu

Liputan6.com, Jakarta Bahaya tidur di lantai masih banyak yang belum menyadarinya. Sekarang ini masih banyak orang orang yang tidur di lantai tanpa alas karena lebih adem dan menghindari kepanasan bila tidur di kasur maupun karpet.

Tidur di lantai menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kepanasan. Sensasi dingin yang diberikan oleh lantai kadang bisa membuat tidur lebih nyaman, apalagi saat tidur siang dengan udara panas.

Namun ternyata kebiasaan tidur di lantai memiliki beberapa bahaya untuk kesehatan kamu. Jadi kamu harus menghindari terlalu sering tidur di lantai untuk menjaga kesehatan kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/5/2019) tentang bahaya tidur di lantai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyebabkan Pilek dan Masuk Angin

1. Menyebabkan Pilek dan Flu

Bahaya tidur di lantai yang pertama adalah bisa menyebabkan tubuh kamu terserang pilek dan flu. Apalagi bila kamu sudah pilek sebelumnya, maka akan menambah parah pilek yang kamu derita. Dengan tidur di lantai, maka tubuh akan lebih mudah terserang virus pilek atau flu.

Apalagi bila lantai tempat kamu tidur terdapat berbagai debu dan kotoran yang belum sempat dibersihkan. Debu dan kotoran tersebut akan terhirup dan menyebabkan badan semakin lemah.

Virus-virus tersebut akan menyerang bagian bagian pernapasan seperti hidung dan paru-paru. Akibatnya setelah terbangun kamu bisa mengalami gejala-gejala seperti demam, bersin, hidung tersumbat serta kepala pusing. Hal ini tentunya akan lebih parah bila kamu memiliki riwayat alergi debu. Jadi kamu harus selalu membersihkan lantai, dan tentunya sebisa mungkin untuk tidak tidur di lantai.

2. Masuk Angin

Biasanya kamu akan merasakan tubuh menjadi lebih nyaman dan terasa segar saat tidur di lantai. Namun hal itu hanya menjadi sensasi di awal saja. Setelah kamu bangun dari tidur, kamu bisa merasakan masuk angin. Apalagi bila kamu melakukannya secara terus menerus, hal ini bisa menyebabkan penyakit penyakit lain seperti demam, sakit kepala, serta meriang.

Bahkan kamu bisa mendapatkan berbagai macam gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, diare serta perut kembung. Oleh karena itu, kamu lebih baik tidur di kasur yang memberikan kehangatan dibanding tidur di lantai yang berbahaya dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

3 dari 4 halaman

Infeksi Kulit dan Sakit Punggung

3. Iritasi dan Infeksi Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu faktor bahaya tidur di lantai adalah kebersihan dari lantai tersebut. Bila lantai tempat kamu tidur kotor dan berdebu, maka bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti ruam, gatal gatal, bahkan kulit bernanah.

4. Sakit Punggung

Bahaya tidur di lantai selanjutnya adalah sakit punggung. Hal ini disebabkan karena lantai yang keras sehingga menyebabkan punggung menjadi sakit. Sakit punggung disebabkan oleh tulang dan semua otot tidak bisa relaks saat tidur.

Bahkan tidur di lantai nantinya juga bisa menyebabkan kelainan pada postur tubuh bila dilakukan secara terus menerus. Jadi hindarilah tidur di lantai bila kamu tidak ingin mengalami masalah punggung seperti kesemutan, pegal, hingga nyeri.

4 dari 4 halaman

Penyakit Paru-Paru, Sinusitis, dan Asam Lambung

5. Penyakit Paru-Paru

Banyak yang salah paham bahwa salah satu bahaya tidur di lantai bagi kesehatan adalah menyebabkan paru-paru basah. Namun sebenarnya bukan begitu, penyakit paru-paru yang diderita oleh orang yang sering tidur di lantai adalah karena lantai yang kurang bersih dan berdebu.

Sama dengan penyebab flu dan pilek, penyakit paru-paru akan terjadi karena banyaknya kuman dan bakteri yang terdapat di lantai. Dengan tidur di lantai, paru-paru bisa terkena peradangan karena bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

6. Sinusitis

Sensasi dingin yang mengenai seluruh bagian tubuh akan menyebabkan sinusitis. Sama dengan gejala flu dan pilek, kamu akan merasakan gejala gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala serta bersin bersin saat terkena sinusitis.

Bahkan, sinusitis bisa menyebabkan penyakit lainnya yang lebih parah, seperti asma, serta ganguan pada otak seperti stroke dan aneurisma. Jadi sinusitis menjadi bahaya tidur di lantai yang sangat besar.

7. Memicu asam lambung

Sensasi dingin tidur di lantai selain menyebabkan sinusitis juga bisa menyebabkan asam lambung. Apalagi terhadap orang orang yang sensitif terhadap sushu dingin. Dalam hal ini, makanan juga berpengaruh sebagai pemicu asam lambung. Jadi kamu juga harus memperhatikan konsumsi makanan kamu dalam konteks ini.

Begitulah beberapa bahaya tidur di lantai bagi kesehatan. Jagalah dirimu untuk selalu sehat dan menghindari berbagai hal yang mendatangkan penyakit, khususnya tidur di lantai ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.