Sukses

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri, Tak Perlu Panik

Liputan6.com, Jakarta Foto mampu menangkap momen yang akan dikenang selamanya. Foto merupakan bentuk pengabadian kenangan sudah digunakan sejak lama. Seiring berkembangnya zaman, teknologi fotografi makin canggih dan mudah dijangkau semua kalangan.

Semua orang pernah secara tidak sengaja menghapus foto di ponselnya, tetapi bagaimana jika kamu menghapus sesuatu yang sama sekali tidak tergantikan? Penyesalan pasti selalu berada di akhir. Tidak perlu panik, yang harus kamu lakukan adalah bertindak cepat untuk memulihkan foto yang terhapus.

Canggihnya teknologi juga memberi solusi dari masalah satu ini. Saat ini kamu dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel. Dengan begitu momen-momen berhargamu tak akan hilang begitu saja.

Nah, jika kamu tak sengaja menghapus foto penting di ponsel, berikut cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel, dilansir Liputan6.com dari Tech Viral, Kamis (9/5/2019). 

2 dari 5 halaman

Memulihkan foto dengan aplikasi DiskDigger photo recovery

Untuk dapat mengembalikan foto yang telah dihapus di ponsel, kamu memerlukan sebuah aplikasi pemulihan foto. Aplikasi ini dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

Aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran hanya sekitar 2 MB. Selain itu Aplikasi ini tak menayangkan banyak iklan yang menganggu fungsi utamanya. Ada beberapa aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat memulihkan foto yang dihapus, tetapi setelah diselidiki, DiskDigger tidak hanya lebih dapat diandalkan.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah kamu tidak memerlukan bantuan sambungan komputer atau laptop. Kamu dapat melakukan proses pemulihan langsung pada ponsel. Berikut langkah pemulihan foto yang dihapus:

1. Pertama, pergi ke Play Store, cari dan instal DiskDigger photo recovery.

2. Sekarang buka aplikasi dan pilih “Start Basic Photo Scan”. Pilih folder tempat kamu ingin memulihkan file yang dihapus.

3. Tunggu beberapa detik atau menit hingga pemindaian selesai. Aplikasi akan menunjukkan kepadamu file yang dihapus dari drive ponsel. Kamu dapat menandai foto yang ingin dikembalikan dan dapat memulihkannya dengan mengetuk “Recover button”. Setelah itu, foto yang terhapus berhasil kembali di galerimu.

Pada perangkat yang tidak di-rooting, DiskDigger terbatas untuk memulihkan gambar dari cache thumbnail, yang berarti bahwa gambar-gambar tersebut kemungkinan memiliki kualitas yang lebih rendah daripada foto atau video asli. Memulihkan versi asli foto atau video resolusi penuh hanya dimungkinkan dengan me-rooting perangkat, dan mendapatkan versi Pro dari aplikasi.

3 dari 5 halaman

Memulihkan foto dengan aplikasi lainnya

DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery adalah aplikasi pemulihan yang luar biasa dan kuat untuk Android di mana kamu dapat mencari penyimpanan yang dihapus dan dapat memulihkannya dengan mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini untuk memindai semua memori internal dan eksternal ponsel mereka.

Restore Image

Aplikasi Restore image adalah aplikasi pemulihan gambar yang luar biasa yang dikembangkan oleh AlpacaSoft. Melalui aplikasi ini, kamu dapat memulihkan gambar baik dari kartu SD dan memori telepon dengan mudah. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root untuk menjalankannya.

4 dari 5 halaman

Cara backup foto di ponsel

Meski ada cara mengembalikan foto yang dihapus dari ponsel, ada baiknya jika kamu melakukan langkah preventif. Langkah ini akan membuatmu tak perlu panik lagi jika foto atau video tak sengaja terhapus. Kamu dapat melakukan back up atau pencadangan foto di ponselmu.

Pada Android kamu bisa membackup foto-fotomu melalui Google Photos. Fitur bawaan ini menawarkan penyimpanan foto tanpa batas (selama file tidak terlalu besar) dan fungsi pencadangan yang mudah diatur.

Buka Google Photos, pilih opsi Pengaturan, lalu pilih Backup & sync, dan kamu dapat memilih seberapa sering dan dengan metode apa saja kamu ingin membuat cadangan foto.

5 dari 5 halaman

Backup foto dengan aplikasi Dumpster

Apakah kamu lelah karena tidak sengaja menghapus file penting seperti gambar dan video? Nah, kamu bisa menggunakan Dumpster, ini adalah aplikasi Android yang luar biasa yang pada dasarnya bertindak sebagai Keranjang Sampah. Aplikasi ini dapat mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru kamu hapus.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah membatalkan penghapusan gambar dan video, dan langsung mengembalikannya ke ponsel. Jadi, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat kamu miliki di ponsel pintar Androidmu untuk pemulihan foto. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh & instal aplikasi Dumpster dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi dan terima semua syarat dan ketentuan dan berikan semua izin yang dibutuhkan. Sekarang, kamu akan melihat antarmuka di mana kamu harus memilih jenis file yang ingin disimpan.

3. Setelah memilih jenis file, hapus saja file apa pun dari penyimpanan internal atau eksternalmu dan aplikasi akan menyimpan file yang dihapus untukmu.

Perlu dicatat bahwa aplikasi akan menyimpan setiap file yang dihapus setelah menginstal aplikasi. Aplikasi tidak dapat memulihkan file yang dihapus sebelum menginstal aplikasi.

Loading