Sukses

12 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Gigi, Tak Cuma Konsumsi Makanan Manis

Ada kebiasaan sehari-hari yang ternyata juga dapat menjadi penyebab rusaknya gigi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengesampingkan kesehatan mulut. Padahal kesehatan mulut dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kesehatan mulut seperti mencegah gigi berlubang dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.

Terkadang makanan manis adalah salah satu pemicu rusaknya gigi. Makanan manis dapat tertinggal di sela-sela gigi dan memicu tumbuhnya bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, rupanya tak hanya makanan manis yang dapat merusak gigi. Ada kebiasaan sehari-hari yang ternyata juga dapat menjadi penyebab rusaknya gigi.

Agar lebih waspada dan segera menghindarinya, berikut 12 kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu rusaknya gigi, dilansir Liputan6.com dari Reader's Digest, Kamis (9/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Konsumsi makanan bersuhu ekstrem

Mengunyah es

Mengunyah bisa mengikis enamel gigi yang rapuh. "Ini juga dapat merusak gigi yang sudah melemah karena restorasi," kata Harold Katz, DDS, yang memegang gelar dalam bidang kedokteran gigi dan bakteriologi. Alih-alih mengunyah es batu, mintalah es yang dihancurkan jika ini adalah kebiasaan yang tidak bisa Anda hentikan. Gigi yang retak dapat menyebabkan saraf gigi terbuka yang bahkan mungkin mengarah ke saluran akar.

Suhu makanan yang berlawanan

Mengonsumsi makanan panas sekaligus minum minuman dingin mungkin tampak melezatkan. Tetapi cara makan seperti ini juga dapat membuat gigi Anda bermasalah karena suhu panas memperluas enamel gigi dan suhu dingin membuat kontraksi.

"Makan makanan panas dan dingin tidak akan merusak gigi, tetapi banyak orang akan melihat sensitivitas berlebihan dengan perpaduan ini," kata Leslie Renee Townsend, DDS, direktur gigi regional untuk Klinik Gigi Jefferson di Dallas tentang sensitivitas gigi yang mempengaruhi sekitar 45 jutaan orang.

3 dari 7 halaman

Konsumsi minuman tertentu dan menggunakan tusuk gigi

Konsumsi minuman tertentu

Minuman tertentu lebih cenderung menempel pada gigi Anda dan mengikis enamel dan daftar ini termasuk minuman olahraga, soda, dan anggur. "Faktanya, pencicip anggur dan minuman elektrolit dikenal memiliki gigi yang sangat tererosi karena tingginya tingkat keasaman dalam anggur," kata Anna Jotkowitz, seorang ahli bedah gigi dan instruktur di Harvard Dental School.

Menggunakan tusuk gigi

Kebiasaan ini jika dilakukan sesekali dan dengan lembut tidak begitu mengerikan untuk membantu mengeluarkan partikel besar dari sela-sela gigi. "Tapi jangan pernah menggunakan tusuk gigi sebagai pengganti benang gigi," kata Townsend. "Jika digunakan dengan terlalu banyak kekuatan, tusuk gigi bisa sangat merusak gusi dan abrasif ke pangkal gigi." Selain itu, Anda berisiko mengalami patah atau pecah serpihan di antara gigi Anda.

4 dari 7 halaman

Pemutih Gigi dan menggunakan gigi untuk membuka sesuatu

Menggunakan pemutih gigi

Over bleaching dan over whitening menggunakan over-the-counter kit bisa berakhir menjadi sangat merusak gigi. "Ini dapat menyebabkan kehilangan enamel dan karena itu memicu sensitivitas gigi permanen," kata Katz. "Selalu uji produk terlebih dahulu dan kemudian, jika tidak menyebabkan sensitivitas, ikuti petunjuk persis seperti yang tertulis."

Membuka sesuatu dengan gigi

Anda tergoda untuk menggunakan gigi untuk menggigit kuku, melepaskan label harga pakaian, atau membuka sekantong keripik, tetapi Anda berisiko membahayakan gigi Anda. "Anda bahkan dapat mematahkan gigi Anda dengan melakukan ini," kata Mehdi Karimipour, DMD, seorang dokter gigi di Shrewsbury, Massachusetts.

5 dari 7 halaman

Makan manisan buah dan air lemon

Makan buah yang dikeringkan

Kismis, kurma dan manisan buah lainnya sebenarnya adalah salah satu hal terburuk untuk gigi Anda karena lengket dan penuh gula. "Gula memberi makan bakteri yang menciptakan gigi berlubang, bau mulut, plak, dan penyakit gusi," kata Katz. "Seperti buah-buahan kering lainnya, kismis tetap berada di celah dan celah gigi Anda sehingga bakteri bisa mengunyahnya sepanjang hari dan malam."

Minum lemon

"Lemon sangat asam," kata Brent Rusnak, DDS, seorang dokter gigi di Richmond, Virginia. “Meskipun mereka sangat hebat dalam memurnikan tubuh Anda dan mengeluarkan racun, asam ini dapat menimbulkan masalah serius bagi senyum Anda.”

Jika Anda akan minum air lemon, bilas mulut Anda dengan air putih setelahnya. Membilas dengan air setelah mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam akan selalu membantu mempercepat proses netralisasi.

6 dari 7 halaman

Memilih sikat gigi yang kasar dan pasta gigi dengan bahan kimia

Sikat gigi kasar

Dalam hal menyikat gigi, tujuannya adalah menggunakan sikat lembut bukan sikat yang kasar. Sikat kasar dapat memicu abrasi atau merusak gusi Anda. "Sikat keras juga terbukti merusak enamel gigi dan jaringan gusi sehingga menciptakan sensitivitas gigi yang ekstrem."

Pasta gigi dengan bahan kimia

Memilih pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) berarti Anda pada dasarnya menyikat dengan deterjen keras yang berfungsi untuk membuat busa, kata Katz. "Ini juga dikaitkan dengan sariawan dan mulut kering yang menyakitkan," katanya. Selain itu, SLS bisa menjadi salah satu hal yang membuat gigi Anda lebih sensitif terhadap suhu.

7 dari 7 halaman

Menyikat segera setelah makan dan melewatkan minum air putih

Sikat gigi langsung setelah makan

Ternyata gigi paling lemah segera setelah makan, terutama jika makanan itu termasuk makanan dan minuman yang asam, kata Sandra Eleczko, DDS, seorang dokter gigi di Livonia, New York.

"Asam dalam makanan kita akan bekerja pada email gigi untuk melemahkan dan menghilangkan mineral itu," katanya. "Karena dapat memakan waktu 30 hingga 45 menit untuk air liur untuk melakukan mineralisasi ulang dan mengeraskan enamel gigi lagi, tunggu sebentar sebelum menyikat gigi."

Melewatkan air putih

Minum air putih tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi minum banyak air sepanjang hari membantu gigi Anda tetap terhidrasi juga. “Kita menggunakan air liur 1,5 liter setiap hari,” kata Katz. "Minum air putih biasa adalah cara paling sederhana untuk membantu memulihkannya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini