Sukses

7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer

Timun suri sering ditemui selama bulan Ramadan untuk dijadikan takjil

Liputan6.com, Jakarta Timun suri sering ditemui menjelang atau selama bulan Ramadan untuk dijadikan takjil. Dengan kandungan air yang begitu banyak, timun suri menjadi salah satu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia. 

Berbuka puasa tentunya akan menjadi lebih segar dengan meminum minuman berbahan timun suri ini. Selain menyegarkan, timun suri juga memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh yang sangat penting. Bahkan timun suri bisa mencegah datangnya penyakit-penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, dengan kelezatan yang ditawarkan serta banyaknya manfaat bagi kesehatan tubuh kamu, tidak ada salahnya mengonsumsi timun suri secara rutin, terutama di bulan puasa ini. Kamu juga perlu mengetahui manfaat manfaat timun suri bagi kesehatan untuk mencegah penyakit penyakit yang dapat menyerang kapan saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/5/2019) tentang manfaat timun suri untuk kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Risiko Kanker dan Mencegah Alzheimer

1. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu manfaat timun suri yang sangat besar adalah dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena buah satu ini dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker serta tumor.

Kandungan saponin yang terdapat pada timun suri dapat menurunkan kolesterol hinggan mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan tentunya juga mencegah tumbuhnya sel kanker.

2. Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri yang selanjutnya juga tak kalah besar, yaitu bisa mencegah Alzheimer. Tentunya semua orang tahu bahwa penyakit Alzheimer ini sangatlah mematikan dan telah merenggut banyak korban. Dengan mengonsumsi timun suri yang kaya akan vitamin K, kamu bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer ini.

Vitamin K berperan sebagai obat dalam membatasi kerusakan neuronal di otak, yang nantinya akan berpengaruh dalam pencegahan Alzheimer. Selain itu, timun suri juga bisa meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteoprotik pada persendian.

3 dari 4 halaman

Melancarkan Pencernaan dan Bagus Untuk Diabetes

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Timun suri menjadi favorit untuk takjil berbuka puasa karena kaya akan air dan serat. Kandungan kandungan tersebut tentunya bisa memeprlancar sistem pencernaan kamu. Orang orang yang menderita maag, sembelit, gastritis atau tukak lambung bisa mengonsumsi buah ini agar penyakit penyakit tersebut tidak kambuh, terutama saat puasa.

Tentunya penyakit penyakit tersebut akan sangat mengganggu ketika kamu sedang menjalankan ibadah puasa. Apalagi dengan seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi timun suri saat berbuka puasa maupun saat sahur.

4. Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes

Timun suri juga bagus dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi gula dan makanan manis yang berlebihan akan menyababkan gula darah semakin tinggi, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan maupun minuman.

Namun dengan kandungan karbohidrat kompleks pada timun suri, bisa membuat gula darah naik secara perlahan dan aman bagi penderita diabetes. Hal ini sangat efektif dan bermanfaat saat puasa karena lonjakan gula darah bisa saja terjadi pada penderita diabetes. Jadi kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes dapat mengonsumsi timun suri saat berpuasa agar lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Mengeluarkan Racun, Menjaga Kulit, serta Menyahatkan Kuku dan Rambut

5. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Kandungan serat dan air pada timun suri juga memiliki manfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan konsumsi timun suri, makan kamu sudah menjaga organ organ penting dalam tubuh dari racun yang bersumber dari polusi serta makanan dan minuman yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini penting karena, bila racun tersebut tidak dikeluarkan, maka tubuh akan terserang berbagai macam penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Timun suri juga memiliki dampak baik bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada timun suri dapat mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh.

7. Menyehatkan Kuku dan Rambut

Timun suri juga merupakan buah yang tepat untuk dikonsumsi untuk menyehatkan kuku dan rambut.dengan konsumis buah ini, kamu bisa menjaga kuku supaya tidak rusak dan pecah pecah.

Sedangkan untuk rambut, bisa meningkatkan ketebalannya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang rambutnya mulai menipis. Tetapi tetap saja kamu harus merawat rambut tidak hanya dengan timun suri saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.