Sukses

6 Cara Menjaga Gula Darah dalam Tubuh Agar Stabil dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Gula darah dalam tubuh jika terlalu banyak bisa berakibat fatal dan mengganggu kesehatan. Beberapa masalah yang disebabkan oleh gula darah yang tidak stabil atau gula darah yang tinggi adalah bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, kebutaan, katarak, masalah kulit termasuk infeksi bakteri, jamur, dan luka yang susah sembuh. Bahkan jika terjadi banyak komplikasi yang diakibatkan oleh tingginya gula darah dalam tubuh bisa menyebabkan kematian.

Kadar gula darah dalam tubuh normalnya adalah di bawah 200 mg/dl. Namun lebih bagus lagi jika kamu menjaga kadar gula darah dalam tubuh sekitar 70-150 mg/dl. Itu adalah kadar gula darah yang normal. Jika kadar gula darah lebih dari 240 mg/dl atau bahakan bisa mencapai lebih dari 300 mg/dl, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Adapun tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kadar gula darah dalam tubuhmu tinggi adalah rasa haus atau kelaparan meningkat, sering buang air kecil, sakit kepala, kelelahan sampai ingin pingsan, penglihatan kabur, mual dan muntah, hingga penurunan berat badan.

Maka dari itu, kamu perlu menjaga gula darah dalam tubuhmu agar stabil dan tidak membahayakan kesehatan. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar stabil dengan mudah dilansir dari Tips and Trick, Kamis (9/5/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Menjaga Gula Darah dalam Tubuh

1. Jangan melewatkan sarapan

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari. Sarapan di pagi hari bisa membuat kamu kenyang dan bisa menjaga kadar gula darahmu lebih stabil. Kamu bisa mengkonsumsi keju, telur, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, atau protein, untuk sarapan.

2. Makan cukup serat

Jika kamu makan cukup serat, tubuh akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mencernanya, dan hal ini bisa mengatur peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi sayuran penuh serat, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian utuh seperti oatmeal dan soba.

3. Makan secara teratur

Makan secara teratur bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuhmu. Makanlah tiga kali sehari dan makan makanan ringan dua kali sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Menjaga Gula Darah dalam Tubuh

4. Mengurangi konsumsi gula

Hal yang paling utama untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh adalah mengurangi konsumsi gula. Gula bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti permen, minuman soda, kue, dan lain sebagainya.

5. Tambahkan kayu manis kemakanan

Kayu manis dipercaya mampu menjaga tekanan darah dalam tubuhmu. Kayu manis juga bisa menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil. Kamu bisa menambahkan kayu manis pada kopi, makan malam, atau smoothie.

6. Berolahraga dan istirahat yang cukup

Cobalah untuk berjalan-jalan setelah makan malam. Hal ini bisa meningkatkan pencernaan dan menjaga kadar gula darahmu menjadi lebih stabil. Kemudian istirahat juga baik untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh lebih normal. Cobalah tidur delapan jam setiap malamnya.