Sukses

Tak Buang Sampah 4 Tahun, Fotografer Ini Berhasil Ciptakan Karya Menakjubkan

Sejak 2011 Antoine Repesse berhenti membuang sampah yang bisa didaur ulang untuk membuat projek tentang peduli lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan untuk turut berperan aktif peduli terhadap lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu seorang fotografer asal Prancis. Ia mengumpulkan sampah dan membentuknya menjadi serangkaian foto yang penuh makna.

Sejak tahun 2011, Antoine Repesse berhenti membuang sampah yang bisa didaur ulang. Hal itu dilakukannya untuk membuat projek tentang peduli lingkungan, seperti yang Liputan6.com lansir dari PositivR, Jumat (10/5/2019).

Setelah empat tahun kemudian, Antoine mulai mengubah sampah-sampah tersebut menjadi serangkaian foto menakjubkan. Projek foto dengan sampah yang dikumpulkan fotografer asal Perancis ini disebut '#365 Unpacked'.

Melalui projeknya tersebut, Antoine menantang semua orang untuk memikirkan kembali peranannya sebagai konsumen yang menghasilkan begitu banyak limbah atau sampah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-sehari.

Selama periode empat tahun itu, seniman yang tinggal di Lille ini telah mengumpulkan lebih dari 70 meter kubik sampah yang terdiri dari 1.600 botol susu, 4800 gulungan tisue toilet, dan 800 kg koran atau surat kabar. Sampah yang dikumpulkan Antoine ini kemudian dipisahkan dan didaur di beberapa sudut ruang di dalam rumah untuk menampilkan visual dan pesan yang lebih kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pesan dari Projek '#365 Unpacked'

"Saya ingin memberikan dimensi estetika pada pekerjaan saya. Pilihan untuk menyortir sampah memberikan efek grafis. Saya mencoba menghasilkan gambar yang sempurna dengan sesuatu yang biasa menjadi masalah banyak orang," ungkap Antoine.

Melalui serangkaian foto dengan sampah-sampah ini, Antoine mencoba untuk memulai dan berperan dalam perubahan besar untuk pengelolaan limbah atau pemanasan global, yang seringkali diacuhkan dan tak diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak semua sampah Antoine kumpulkan sendirian. Beberapa sampah dalam serangkaian foto ini, Antoine Repesse dapatkan dari perusahaan daur ulang dan komunitas peduli sampah.

Karyanya ini juga membuatnya mendapatkan juara ketiga di Sony World Photography Awards dalam kategori 'kampanye profesional'. Berikut hasil foto Antoine Repesse dalam projek '#365 Unpacked' yang telah Liputan6.com lansir dari PositivR, Jumat (10/5/2019).

3 dari 7 halaman

1. Kira-kira sebanyak ini sampah kotak susu yang akan dihasilkan dalam 4 tahun.

4 dari 7 halaman

2. Antoine bekerjasama dengan komunitas peduli sampah untuk mendapatkan beberapa sampah seperti botol detergen dan pembersih lantai.

5 dari 7 halaman

3. Antoine telah mengumpulkan 800 kg koran bekas selama 4 tahun.

6 dari 7 halaman

4. Ternyata orang-orang bisa menghabiskan ribuan roll tisu toilet.

7 dari 7 halaman

5. Begini kira-kira jika sampah sisa pembungkus di dapur dikumpulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini