Sukses

Tak Punya Jaringan Internet, Ini 8 Fakta Menarik Negara Bhutan

Bhutan adalah sebuah negara kerajaan yang berada di Asia Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Pasti sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama negara ini. Bhutan awalnya dikenal dengan banyak nama, yaitu Lho Jong (Lembah Selatan), Lho Mon Kha Shi (Negara Mongolia Selatan dari Empat Penjuru), Lho Jong Men Jong (Lembah Selatan Pengobatan Herbal) dan Lho Mon Tsenden Jong (Lembah Mongolia Selatan tempat tumbuh Sandlewood).

Bhutan adalah sebuah negara kerajaan yang berada di Asia Selatan. Walau tak begitu besar, Bhutan merupakan negara terpadat kedua di kawasan itu setelah Maladewa.

Ibu kota Bhutan adalah Thimphu, sementara Phuntsholing adalah pusat pemerintahan di negara ini. Secara astronomis, Bhutan berada di antara 27⁰ – 30⁰LU dan  90⁰ – 30⁰ BT ini tidak memiliki laut dan diapit oleh dua negara besar yaitu Republik Rakyat China di sebelah utaranya dan India di sebelah selatannya.

Dulu, negara ini terkenal sangat misterius dan ditutup untuk wisatawan hingga tahun 1974. Namun sekarang, kamu sudah bisa berkunjung negara ini.

Hanya saja ada banyak persyaratan di dalamnya, karena Raja Bhutan masih berusaha membatasi jumlah wisatawan. Banyak anggapan bahwa semua orang yang tinggal di Bhutan hidup dengan bahagia. Berikut 8 fakta menarik negara Bhutan yang telah Liputan6.com lansir dari Bright Side, Minggu (2/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fakta Menarik Negara Bhutan

1. Kementerian Kebahagiaan

Untuk menjaga kedamaian batin warganya, pada 2008 Komite Kebahagiaan Nasional Bruto dibentuk. Bahkan kuesioner sensus populasi memiliki kolom di mana kamu dapat menunjukkan apakah kamu puas dengan hidup kamu sekarang atau tidak.

Terlebih lagi, ada juga Kementerian Kebahagiaan dan, mirip dengan istilah Produk Domestik Bruto (PDB), mereka mengukur Kebahagiaan Nasional Bruto. Dengan demikian, kualitas hidup ditentukan oleh keseimbangan antara nilai-nilai keuangan dan mental mereka.

 

2. Tidak ada internet atau televisi

Di Bhutan, TV dan internet secara resmi dilarang hingga 1999. Tetapi karena tidak mungkin mengisolasi seluruh negara dari teknologi modern, Raja memutuskan untuk membatalkan peraturan ini.

Dalam hal ini, Bhutan adalah negara terakhir di dunia yang mulai menggunakan televisi.

3 dari 5 halaman

Keunikan Negara Bhutan

3. Tidak ada orang yang kehilangan tempat tinggal

Di Bhutan, tidak ada orang yang tinggal di jalanan. Jika seseorang kehilangan rumah, mereka hanya perlu mendatangi Raja. Maka Raja akan memberi mereka sebidang tanah di mana mereka dapat membangun rumah dan menanam sayuran.

 

4. Perawatan kesehatan gratis

Setiap penduduk Bhutan memiliki hak untuk mendapatkan perawatan medis gratis. Hak mendapatkan perawatan medis ini berupa pengobatan tradisional dan pengobatan umum. Bahkan warganya dapat memilih metode pengobatan apa yang ingin ia gunakan.

4 dari 5 halaman

Fakta Menarik Negara Bhutan

5. Larangan merokok

Raja Bhutan memberlakukan undang-undang yang melarang penanaman, panen, dan penjualan tembakau di negara itu. Jadi, tidak mungkin kamu bisa membeli tembakau di sana.

Jika turis kedapatan membawa atau membeli rokok, maka mereka harus membayar denda yang besar.

 

6. Tradisi pewarisan

Perempuan sangat dihormati di Bhutan. Dan tradisi pewarisan mereka membuktikan hal itu. Tradisi pewarisan di negara ini berbeda dengan negara lain yang biasanya kita tahu, anak laki-laki mendapatkan bagian yang lebih banyak.

Di negara ini putri sulung lah yang akan mendapatkan warisan seperti rumah, ternak, dan tanah.

5 dari 5 halaman

Keunikan Negara Bhutan

7. Tradisi pernikahan

Di Bhutan, dilarang menikah dengan orang asing. Raja melakukan segala yang dia bisa untuk menjaga keunikan dan keterasingan mereka dari seluruh dunia.

Selama upacara pernikahan, para biksu membaca mantra. Dikatakan bahwa proses ini memungkinkan pengantin baru untuk membangun hubungan mental yang erat.

Ada juga ritual Changphoed, yang merupakan persembahan minuman buatan lokal kepada para dewa. Setelah persembahan, sisa minuman disajikan dan dibagikan oleh pengantin.

 

8. Tidak ada lampu lalu lintas

Di ibukota Bhutan, tidak ada lampu lalu lintas sama sekali, dan itu bukan masalah bagi orang-orang. Semua rambu jalan digambar dengan tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini