Sukses

5 Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat teflon agar tidak tergores memang gampang-gampang susah. Teflon atau wajan anti lengket sangat memudahkanmu dalam memasak.

Saat menjadikan teflon sebagai alat memasak andalan, tidak ada rasa khawatir kalau masakanmu bakal lengket. Selain anti lengket, teflon juga sangat multifungsi. Ya, kamu bisa menggunakan teflon untuk menggoreng maupun memanggangnya.

Nah karena banyak sekali manfaat dari teflon ini untuk memasak, maka kamu perlu menjaga ekstra agar teflon kesayanganmu tetap dalam kondisi yang baik. Kalau kamu tidak merawat dan membersihkan teflon dengan baik, maka lapisan lengket pada teflon akan rusak, tergores, atau bahkan hilang.

Cara merawat teflon agar tidak tergores bisa dilakukan agar tetap awet alat masak satu ini. Untuk itu agar teflon kamu tetap memiliki fungsinya dengan sempurna, ada baiknya kamu merawat teflon dengan cara yang tepat.

SepertiĀ Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara merawat teflon agar tidak mudah tergores, Senin (13/5/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Lakukan Penyimpanan yang Tepat

Teflon diselimuti dengan bahan anti lengket berwarna hitam di permukaannya. Hal inilah yang membedakan teflon dengan panci yang biasa.

Nah, agar permukaan panci tidak dapat tergores dan rusak karena makanan yang dimasak, hal utama yang perlu kamu perhatikan dalam merawatnya adalah dengan menyimpannya dengan benar.

Jika teflon kamu tidak disimpan dengan benar, maka permukaan panci dapat tergores. Kamu bisa menyimpan panci dengan cara digantung dan memberi ruang yang cukup antara teflon dengan panci yang lainnya.

Selain menggantungnya, kamu bisa menumpuknya. Saat menyimpan dengan menumpuk, jangan lupa untuk menggunakan pelapis berbahan lembut seperti tisu atau handuk di antara teflon dengan perabotan lainnya. Hal ini menghindari permukaan pada teflon tergesek dan terkelupas.

Hindari Memasak Makanan yang Mengandung Asam

Teflon memang memiliki keanekaragaman fungsi, namun di balik itu semua ternyata permukaan anti lengket pada teflon ini mudah rusak. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan masakan yang kamu buat dengan teflon tidak mengandung asam seperti tomat dan lemon.

Asam yang terkandung pada makanan akan mengelupas lapisan anti lengket lebih cepat.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Hindari Penggunaan Api yang Besar Saat Memasak

Pada umumnya, teflon dibuat untuk digunakan dengan penggunaan api yang rendah dan sedang. Jika kamu suka memasak dengan menggunakan api yang besar, sebaiknya jangan menggunakan teflon. Karena memasak makanan dengan teflon menggunakan suhu api yang tinggi akan mengurangi keefektivitas lapisan anti lengketnya.

Jangan Jadikan Teflon sebagai Wadah Makanan

Tak jarang beberapa orang menggunakan teflon langsung sebagai alat menaruh makanan atau makan langsung dari teflon. Kalau kamu memiliki kebiasaan seperti ini, ada baiknya untuk segera menghentikannya. Menyimpan makanan kamu di teflon akan membuat makanan memiliki rasa metalik dan merusak permukaan panci.

Sebaiknya kamu menggunakan wadah lain untuk menyimpan atau menaruh hasil masakan dan pastika untuk selalu mencucinya dengan bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Membersihkannya dengan Cara yang Tepat

Karena alat memasak ini memiliki bahan yang berbeda, maka cara membersihkannya pun juga berbeda dengan panci lainnya. Saat ingin mencuci teflon kamu setelah memasak, sebaiknya cuci teflon dengan tangan dan hindari menggunakan dish washer.

Kamu bisa mencampurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta dan gunakanlah campuran ini untuk membersihkan teflon. Kalau bekas kotoran masih tertinggal, gunakan spons dan hindari menggunakan sikat yang terbuat dari bisa.

Kamu bisa menggunakan sabun khusus pencuci piring, namun yang memiliki bahan lembut guna mengurangi gesekan pada lapisan anti lengketnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Penyebaran Corona COVID-19, Tim Gabungan Jaga 307 Permukiman di Jatim
Artikel Selanjutnya
Top 3 Surabaya: Doa Li Khomsatun dari KH Hasyim Asy'ari untuk Tangkal Wabah COVID-19