Sukses

Ini Pertolongan Pertama Saat Tersiram Air Panas, Agar Tak Timbulkan Luka Serius

Air panas mendidih dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada kulit

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah menumpahkan secangkir kopi panas saat menyesapnya atau mencuci piring dengan air panas, Anda mungkin pernah mengalami luka bakar akibat air panas. Banyak luka bakar disebabkan oleh panas kering dari api, besi panas, atau kompor. Luka bakar yang disebabkan oleh sesuatu yang basah seperti uap atau air panas disebut lepuh. 

Air panas mendidih dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada kulit karena panas yang lembab atau uap. Jenis luka bakar ini bisa berbahaya karena menghancurkan jaringan dan sel yang terkena. Tubuh Anda bahkan mungkin syok karena panas. Dalam kasus yang lebih serius, luka bakar ini bisa mengancam jiwa.

Luka lepuh akibat air panas sering disebabkan oleh kecelakaan kecil ketika Anda sedang terburu-buru. Seperti menumpahkan sup panas ke permukaan kulit atau terpapar uap air yang mendidih. Tumpahan atau kecelakaan ini dapat menyebabkan cedera lepuh serius dalam hitungan detik.

Kebanyakan luka bakar karena air mendidih adalah luka bakar tingkat pertama atau kedua. Luka kecil melepuh sering dapat dirawat di rumah, meskipun luka bakar yang lebih besar dan yang melibatkan bagian-bagian tertentu dari tubuh memerlukan evaluasi medis segera.

Saat Anda tersiram air panas ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan agar tak menimbulkan luka yang lebih serius. Berikut pertolongan pertama saat tersiram air panas yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Live Strong, Kamis (6/6/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dinginkan Kulit

Segera lepaskan semua pakaian yang terciprat dengan air mendidih. Hapus juga perhiasan apa pun di area luka bakar jika mungkin. Tempatkan area yang melepuh di bawah air dingin yang mengalir dengan lembut selama 20 menit untuk menghilangkan panas di kulit dan menahan proses pembakaran.

Jangan letakkan es , air es, atau zat berminyak di area yang terbakar karena ini dapat merusak kulit lebih jauh. Tepuk kulit dengan lembut setelah pendinginan. Jaga agar orang tersebut hangat selama proses ini untuk menjaga suhu tubuh yang tepat.

3 dari 6 halaman

Evaluasi Luka

Setelah mendinginkan kulit, evaluasi luka bakar. Tutupi luka bakar dengan perban lembab atau kain bersih. Segera dapatkan perawatan medis di ruang gawat darurat terdekat atau pusat perawatan darurat jika mengalami hal berikut:

- Luka bakar lebih besar dari ukuran tangan orang yang terbakar.

- Area yang melepuh melibatkan wajah, tangan, lengan, kaki, kaki atau alat kelamin.

- Rasa sakitnya tetap parah.

- Orang yang terbakar merasa tidak sehat atau menderita diabetes.

4 dari 6 halaman

Lanjutkan Perawatan Rumah

Jika luka bakar tidak memerlukan evaluasi medis, Anda dapat melanjutkan dengan perawatan di rumah. Tutupi luka bakar dengan perban antilengket longgar untuk melindungi kulit yang rusak dan mengurangi kemungkinan infeksi.

Jangan oleskan minyak jenis apa pun, atau krim, salep pada luka bakar. Ganti balutan setidaknya setiap hari atau lebih sering jika basah. Jangan pecahkan lepuh yang mungkin terbentuk. Jaga luka bakar tetap tertutup sampai sembuh.

Pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin) dapat digunakan untuk nyeri terkait luka bakar jika obat tersebut sebelumnya telah disetujui oleh dokter Anda. Ikuti instruksi perawatan di rumah yang diberikan kepada Anda oleh rumah sakit atau pusat perawatan darurat jika Anda mencari evaluasi medis dan perawatan untuk luka bakar.

5 dari 6 halaman

Peringatan dan pencegahan

Terkadang butuh beberapa jam hingga luka bakar terlihat jelas. Oleh karena itu, cari evaluasi medis jika ada kriteria yang dicatat sebelumnya yang menandakan perlunya evaluasi medis segera berkembang pada jam-jam setelah terjadi luka lepuh. Jika Anda mulai melihat gejala atau tanda-tanda infeksi yang mengejutkan, atau jika luka bakar Anda lebih dari tiga inci, segera dapatkan bantuan medis.

Juga, cari perawatan medis yang mendesak jika rasa sakit memburuk, kemerahan di sekitar luka bakar mengembang, Garis-garis merah yang memancar dari luka bakar berkembang, demam atau kedinginan terjadi. Lepuh luka bakar membutuhkan waktu untuk sembuh. Sementara kasus ringan dapat memakan waktu berhari-hari, kasus yang lebih parah dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sepenuhnya pulih.

6 dari 6 halaman

Tingkat luka bakar air mendidih

Dilansir dari Healthline, Luka bakar pada air mendidih bisa menyakitkan dan berbahaya. Tingkat keparahan gejala Anda tergantung pada keseriusan luka bakar. Ada empat kategori luka bakar berdasarkan tingkat kerusakan kulit diantaranya adalah:

Luka epidermis superfisial

Luka bakar ini memengaruhi lapisan luar kulit (epidermis). Anda mungkin mengalami kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit.

Kulit terbakar superfisial

Lepuh ini mencapai lapisan kulit kedua (dermis), memengaruhi ujung saraf, pembuluh darah, dan folikel rambut. Kulit mungkin berwarna merah muda pucat, dan Anda akan mengalami rasa sakit dan lepuh ringan.

Kulit terbakar ketebalan sedang

Mirip dengan luka bakar kulit superfisial, dengan luka bakar ini, dua lapisan kulit pertama rusak. Luka bakar akan sangat menyakitkan atau tidak menyakitkan. Kulit akan memerah, dengan atau tanpa kelembapan. Anda juga mungkin mengalami pembengkakan dan lepuh.

Luka Bakar dengan ketebalan penuh

Luka bakar ini adalah yang paling serius, mempengaruhi ketiga lapisan kulit (epidermis, dermis, dan subkutis). Luka bakar dengan ketebalan penuh dapat dikategorikan sebagai luka bakar tingkat tiga, dan membutuhkan penanganan medis segera. Anda mungkin mengalami perubahan tekstur kulit dari halus menjadi kasar atau berlilin. Kulit Anda akan terbakar, dan luka bakar dapat menghitamkan jaringan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini