Sukses

Bernuansa Alam, Ini Keindahan Masjid Hamidiye Camii di Turki yang Bikin Sejuk

Liputan6.com, Jakarta Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi masjid yang tidak digunakan untuk Sholat Jum'at, dan umumnya berukuran kecil. 

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Salah satu tempat yang identik ketika Ramadan adalah masjid. Kini, banyak masjid yang didesain sedemikian rupa agar memiliki kesan dan ciri khas tersendiri.

Ada yang dilapisi emas, ada pula yang memiliki arsitektur indah, semua tergantung pada desainer dan arsitek masjid. Seperti sebuah masjid indah di Turki yang disebut-sebut memiliki interior bak gambaran surga.

2 dari 3 halaman

Masjid Indah dengan Desain Unik

Desain interior masjid Hamidiye Camii disebut-sebut oleh umat muslim Turki sebagai penggambaran surge, seperti yang Liputan6.com lansir dari Muslin Women Council, Rabu (15/5/2019).

Desain interior masjid Hamidiye Camii mengusung nuansa alam yang didominasi warna hijau dan biru muda. Tepat di bagian kiblatnya, terdapat sebuah lukisan air terjun yang sekilas mirip seperti bentuk aslinya.

Masjid Hamidiye Camii ini dibangun di bawah pengawasan Ke khalifahan Utsmaniyah pada tahun 1910 dan nama masjid diambil dari khalifah islam terbesar pada waktu itu, yakni Sultan Abduhlhamid II Khan. Namun, masjid surga sempat dihancurkan dan dibangun kembali yang kemudian setelah kerajaan Utsmaniyah runtuh, mereka mengubah namanya.

Kemudian, masjid dibangun kembali dan mengkontruksinya sesuai definisi surga yang digambarkan di dalam Al-Quran. Mereka membangun masjid Hamidiye Camii ini sesuai "imajinasi" akan surga dan seorang arsitek dari Azerbaijan kala itu yang dipercaya untuk mendesain ruang masjid surga tersebut.

3 dari 3 halaman

Merasanya Nyaman Layaknya di Surga

Pemandangan di masjid ini semakin terlihat cantik dengan tambahan beberapa lukisan pepohonan dan langit biru yang menghiasi seluruh ruangan. Tidak hanya itu, seluruh sajadah yang ada di dalam masjid ini sengaja dibentuk menyerupai padang rumput hijau yang asri. Tak heran bila para jamaah betah berlama-lama di dalam masjid tersebut, mengingat suasananya yang sangat menenangkan dan indah.

Sebagian besar orang yang telah berdoa di masjid Hamidiye Camii tersebut mengatakan jika mereka serasa berdoa di surga dan merasa lebih tenang dalam sholatnya. Imam besar dari Masjid Hamidiye Camii, Sefa Ekinci mengatakan bahwa mereka telah berupaya keras untuk membuat masjid surga ini terlihat indah.

Akses untuk menuju masjid Hamidiye Camii pun terbilang mudah. Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum dan berjalan beberapa menit untuk mencapai masjid tersebut.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Turki yang Mengesankan Sambil Belajar Sejarah
Artikel Selanjutnya
Peduli Lingkungan, Negara Ini Tetapkan Hari Libur Khusus untuk Tanam Pohon